Manfaat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil

Siapa yang tidak tahu buah kurma? Buah kecil berwarna coklat yang biasanya dijadikan manisan dan dikonsumsi oleh orang ketika sahur dan buka puasa ini? Ternyata kurma tak hanya sebagai buah yang enak dimakan saja, namun juga bagus untuk kesehatan. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai sumber energi dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu ketika persalinan.

Manfaat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil

Penjelasan singkat tentang kurma
Kurma merupakan sebuah tanaman yang termasuk dalam genus Phoenix dan memiliki nama latin Phoenix dactylifera. Pohon ini memiliki tinggi sekitar 15-25 meter dengan jenis akar tunggal. Panjang daun yang dimiliki dapat mencapai 3 hingga 5 meter dan daun muda memiliki panjang hingga 30 cm dengan lebar 2 cm. Pohon ini memiliki duri yang terdapat pada tangkai daun. Menurut Alvarez-Mon (2006), terdapat bukti arkeologi tentang budidaya kurma di terjadi bagian Arab timur di tahun 6000 SM.

Buah kurma yang dihasilkan biasanya memiliki panjang sekitar 3-7 cm dengan bentuk lonjong silinder yang berdiameter 2-3 cm. Buah ini memiliki jenis biji tunggal dengan ukuran 2 hingga 2,5 cm dan tebal 6 hingga 8 mm. Buah ini secara umum digolongkan menjadi 3 macam yaitu lunak atau basah, semi kering dan kering. Sedangkan kurma matang digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu:

Kimri atau muda.
Khalal yang berarti memiliki ukuran yang penuh.
Rutab merupakan buah yang sudah matang dan tekstur lembut.
Tamr merupakan buah yang sudah matang kemudian dikeringkan dengan
        menggunakan bantuan dari sinar matahari.

Kandungan buah kurma
Buah kurma merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan yang sangat tinggi baik vitamin maupun mineral. Berikut adalah kandungan yang terdapat dalam buah yang berasal dari Timur Tengah ini:

Memiliki kandungan air sebanyak 18,27%.
Energi sebanyak 251 kkal.
Serat sebesar 7,1 g.
Gula alami sejumlah 56.38 g.
Protein dan karbohidrat masing-masing sebesar 2.81 g dan 66.78 g.
Total lemak dan lemak jenuh sejumlah 0.35 g dan 0,0028 gr.
Mineral yang terkandung yaitu kalsium (35 mg), zat besi (0,91 mg), magnesium (38 mg), fosfor         (55 mg), kalium (484 mg), sodium (2 mg), Seng (0.26 mg).
Vitamin dalam buah ini antara lain Vitamin A (9 IU), vitamin B1 (0,046 mg), vitamin B2 (0,059         mg), vitamin B3 (1,134 mg), vitamin B5 (0.525 mg), vitamin B6 (0.147 mg), vitamin B9 (17               mcg), vitamin C (0.4), vitamin E (0.04 mg), vitamin K (2.4 mcg).
Fitonutrisi yang terkandung yaitu beta karoten
        sebanyak 5 mcg, lutein dan zeaxantin sebesar 67 mcg.

Manfaat umum kurma
Menurut seorang pakar penyakit darah tinggi yang berasal dari Minnesota University AS, Dr. Louis Tobian, Jr. Menyatakan jika kurma dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah, memberi energi tambahan untuk dapat mencegah stroke secara langsung. Hal ini bukan hanya teori semata, namun dapat diuraikan, yaitu apabila kita mengkonsumsi 5 buah kurma yang sudah dikeringkan atau 65 gr buah ini, dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit stroke hingga 40% untuk memenuhi kebutuhan akan kalium sebesar 400 mg.

Buah dengan nama latin Phoenix dactylifera ini terkenal sebagai salah satu sumber energi alami. Dalam buah ini kaya akan fruktosan dan glukosa dapat dicerna dan diserap oleh tubuh dengan waktu sekitar 40 hingga 45 menit. Tidak hanya itu juga, buah yang berwarna coklat ini, juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil.

Kurma menurut islam
Negeri Timur Tengah memang sudah tak asing dengan buah kurma, karena selain buah kurma merupakan jenis buah yang berasal dari sana, buah kurma juga sudah merupakan sebagai menu wajib ketika berbuka puasa. Namun, selain itu ternyata buah kurma juga banyak sekali memiliki khasiat-khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan.

Kurma merupakan salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil terutama untuk yang memiliki usia kandungan diatas 7 bulan dan untuk pasca melahirkan. Bahkan hal tersebut sampai tertuang di dalam Al quran pada surat maryam ayat 25-26. Ditambah lagi melalui perkataan Nabi Muhammad yang menyuruh memberikan kurma untuk wanita yang sedang hamil. Beliau mengatakan bahwa dengan memakan kurma, maka anak yang nanti dilahirkan akan menjadi orang yang penyabar, cerdas, serta memiliki sopan santun.

Khasiat buah kurma untuk ibu hamil dan pasca melahirkan
Bagi anda atau isteri anda yang saat ini sedang hamil maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah kurma. Karena ibu hamil dan ibu yang memasuki masa penyembuhan, baik sekali untuk mengkonsumsi buah kurma baik yang kering maupun basah. Karena kandungan gula yang terdapat pada kurma serta kandungan vitamin B1 nya dapat membantu untuk mengontrol pergerakan rahim. Oleh karena itu disarankan agar wanita hamil banyak memakan makanan yang mengandung gula, salah satunya adalah kurma.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil, diantarnya yaitu:

Menambah energi karena mengandung glukosa alami yang tinggi.
Bagus untuk merangsang syaraf karena kandungan kaliumnya sehingga dapat 
        meningkatkan kecerdasan otak dan meningkatkan daya ingat terutama untuk janin.
Menguatkan tulang
Mengatasi anemia karena kandungan gula dan zat besi yang dapat membantu 
        terbentuknya hemoglobin yang tidak hanya baik untuk ibu namun juga 
        memberikan perkembangan positif pada janin.
Dapat membantu pembentukan gigi yang berada di bawah gusi pada janin yang 
        berada di dalam kandungan.
Membantu merangsang kontraksi ketika melahirkan dan mengurangi sakit saat 
        kontraksi karena hormon oktitosin yang dihasilkan oleh buah ini.

Tidak hanya itu, namun buah kurma juga dapat berguna ketika pasca melahirkan, tidak hanya untuk ibu, namun untuk bayi. Diantaranya adalah:

Dapat membantu menstabilkan atau menormalkan keadaan nutrisi dan darah dalam tubuh.
Memberikan energi dalam waktu yang singkat.
Membantu untuk melancarkan buang air besar karena kandungan vitamin A,
        riboflavin, kalium, niasin dan serat.
Membantu untuk memperlancar produksi ASI dengan bantuan kalsium
        dan zat besi dalam buah serta dapat membantu memproduksi
        ASI yang kaya akan vitamin dan nutrisi dalam jumlah yang banyak.
Mengecilkan rahim karena kandungan hormon potuchsin.
Menguatkan tulang untuk bayi dengan cara menghaluskan buah sehingga dapat
       dimakan. Namun untuk melakukan hal ini, harus sesuai waktunya dan sebaiknya bertanya
       kepada dokter terlebih dahulu.

Bagaimana? Banyak bukan manfaatnya buah kurma untuk kesehatan yang bisa kita ambil? Oleh karena itu biasakan mengkonsumsi buah kurma.