Manfaat Buah Kurma Muda

Sebagian besar orang bahkan hampir keseluruhan mengetahui khasiat yang ada dalam buah kurma. Baik untuk kesehatan, sebagai sumber energi yang alami ataupun untuk ibu melahirkan dan pasca melahirkan yang baik untuk sang ibu dan janin atau bayi. Namun, tidak begitu banyak orang yang mengetahui akan manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi kurma muda. Untuk orang yang tidak tahu akan hal ini pasti akan berpikiran bahwa itu tidak mungkin.

Manfaat Buah Kurma Muda

Sekilas tentang kurma
Kurma mempunyai nama latin Phoenix dactylifera termasuk dalam tanaman Arecaceae atau palma dengan genus Phoenix dan ordo Arecales. Pohon yang diperkirakan berasal dari Teluk Persia ini memiliki ukuran setinggi 15-25 meter yang tumbuh secara tunggal atau berkelompok yang berasal dari sistem akar tunggal. Panjang daun muda sekitar 30 cm dengan lebar 2 cm dan panjang daun pada umumnya sekitar 3 hingga 5 meter. Pohon yang memiliki duri di tangkai daunnya ini memiliki kurang lebih 150 pucuk daun muda dan lebar penuh mahkota sekitar 6 hingga 10 meter.

Penyebaran kurma secara meluas terjadi setelah tahun 6000 SM. Penyebaran di sekitar Barat Daya dan Selatan Asia, Utara Afrika, Italia dan Spanyol dilakukan oleh orang Arab. Pada tahun 1765, pohon yang berasal dari Timur Tengah ini dikenal di Mexico, California, dan daerah sekitar Mission San Ignacio yang dilakukan oleh bangsa Spanyol.

Pohon kurma merupakan salah satu tanaman yang sangat penting di Iraq, Arab, Turki, Afrika Utara hingga Maroko terutama di negara Islam. Hal ini disebabkan karena buah yang dihasilkan dari pohon tersebut digunakan untuk makanan berbuka puasa. Masa berbuah dari pohon ini dapat terjadi setelah pohon berumur sekitar 4 hingga 7 tahun. Pohon yang dapat dipanen berusia 7-10 tahun.

Di setiap musim panen, pohon yang telah dewasa dapat menghasilkan sekitar 176 sampai 264 lb atau sekitar 80 hingga 120 kg. Buah yang dihasilkan ketika masih muda mempunyai warna yang merah cerah ke kuning cerah tergantung pada jenis buah tersebut. Panjang dan diameter kurma yang telah masak sekitar 3-7 cm dan 2-3 cm. Biji tunggalnya memiliki panjang dan lebar sekitar 2-2,5 cm dan 6-8 mm. Untuk mendapatkan buah yang maksimal dan berkualitas, tanda harus ditipiskan dan ditutup sehingga terlindung dari hama dan cuaca dan buah menjadi lebih besar.

Jenis kurma
Buah kurma dibagi menjadi 4 yaitu kurma muda (kimri), kurma yang berukuran penuh (khalal), kura yang matang dan memiliki tekstur yang lembut (rutab), kurma yang sudah matang dan kemudian dikeringkan dengan menggunakan bantuan dari sinar matahari (tamr). Beberapa jenis dari buah kurma yang ada diantaranya yaitu:

Ajwah (kurma nabi) dari Madinnah.
Amer Hajj atau Amir Hajj berasal dari Irak dengan terktur lembut, kulit tipis, daging tebal. Karena kelezatannya, kurma ini terkenal dengan nama lain The Visitor’s Date.
Barhee (barhi) dengan warna kuning sawo matang hingga kecoklat tuaan memiliki daging tebal dan merupakan salah satu jenis kurma khalal.
Deglet Noor terkenal di Aljazair, Libya, Amerika Serikat, Tunisia yang memiliki rasa tidak terlalu manis dan buahnya semi kering.
Zaghloul memiliki warna merah tua, tekstur garing dan bentuknya panjang. Kandungan gula yang terdapat di jenis ini sangat tinggi.

Pandangan islam tentang kurma muda
Tidak hanya kurma yang sudah matang yang memiliki manfaat yang banyak, namun juga kurma muda ternyata sangat bagus untuk kesehatan. Dalam hal ini Islam sendiri memandang bahwa dengan mengkonsumsi kurma muda dan kurma masak akan dapat bertahan dalam kebaikan. Hal ini dibuktikan dengan perkataan Nabi Muhammad yang menyampaikan dalam salah satu hadist. Bahwa beliau menganjurkan untuk memakan buah kurma baik yang muda maupun yang masak karena seseorang akan bertahan dalam kebaikan.

Perkataan beliau Nabi Muhammad memang tidak bisa dianggap enteng begitu saja, bahkan teknologi baru dapat membuktikan perkataan beliau ketika ratusan tahun baru terbukti. Oleh karena itu termasuk buah kurma ini setelah diteliti para ahli ternyata memang banyak mengandung vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Kelompok kurma muda dan kandungan
Kurma muda yang biasa disebut dengan Ruhtob memiliki tesktur agak keras dan memiliki warna putih di bagian dalamnya seperti pada warna kelapa. Sama seperti buah muda pada umumnya, buah yang masih muda ini memiliki rasa yang agak sepat tergantung dari jenis buah dan memiliki rasa yang manis jika dibiarkan berlama-lama. Buah kurma yang usianya masih muda ini, dapat digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan pada warna yang dimiliki. Jenis-jenis tersebut antara lain yaitu:

Kurma Muda Merah.
Kurma Muda Hijau.
Kurma Muda Kuning.

Buah kurma muda memiliki kandungan mineral (gula, minyak, oritein, asam nicotenic, kalsium, tembaga, sulfur, zat besi, klorida) dan vitamin (vitamin A, C, K) yang baik untuk tubuh. Buah ini juga kaya akan kandungan hormon biostin yang dapat membantu terjadinya pendarahan yang terjadi di dalam rahim. Dalam buah ini terdapat pula neurohipofisa yang dapat menghasilkan semacam hormon yang mirip dengan hormon Oksitosin.

Manfaat buah kurma Yang Masih muda
Buah kurma muda memiliki manfaat yang tidak kalah dengan buah kurma yang telah masak. Salah satu manfaat yang terkenal adalah untuk menambah kesuburun bagi pria maupun wanita. Kurma muda yang berwarna merah, dapat bermanfaat untuk menjaga atau meningkatkan kesuburan sperma dan vitalitas kaum pria. Kurma muda dengan warna hijau atau kuning dapat dikonsumsi oleh wanita nifas. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium dan zat besi yang ada di dalam buah ini.

Manfaat lain dari buah kurma muda diantaranya yaitu:

Menjaga, meningkatkan dan memicu kesuburan untuk kaum wanita karena terdapat hormon botosin yang dapat berguna untuk meningkatkan gerak peristaltik dalam rahim dan aliran darah.
Mengurangi pendarahan yang terjadi dalam rahim ataupun saat melahirkan.
Membantu merangsang kontraksi pada otot polos yang berada di dinding rahim ketika berhubungan intim dan saat melahirkan.
Membantu memproduksi ASI karena kandungan hormon oksitosin.
Menurunkan tekanan darah.
Meningkatkan kesehatan mata karena mengandung vitamin A yang memiliki sifat anti oksidan dan menjaga kulit agar tetap sehat.
Mengurangi resiko kanker mulut.
Meningkatkan fungsi kerja jantung.
Mencegah terjadinya stroke.
Meningkatkan daya ingat.

Dari khasiat buah kurma muda yang dapat meningkatkan kesuburan untuk pria dan wanita, sebaiknya diimbangi dengan gaya hidup sehat. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menambah kesuburan. Cara mengkonsumsi buah ini dapat dimakan secara langsung, didiamkan terlebih dahulu atau diminum. Caranya yaitu mengeringkan buah muda ini lalu menumbuknya hingga berbentuk bubuk. Campurkan 1sdt dengan air madu dan diminum setengah jam sebelum melakukan hubungan(Pasutri).