Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil - Siapa yang suka makan buah? Berbicara tentang buah-buahan memang nggak ada habisnya. Banyak fungsi dari buah yang bagus buat kesehatan tubuh, dan seperti yang kita sudah tahu, kesehatan itu mahal harganya. Bayangkan kalau sudah terbaring di rumah sakit, berapa banyak biaya yang harus keluar untuk perawatan? Padahal semua itu gampang dicegah dengan mengonsumsi buah-buahan, terutama bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Sudah rasanya enak, harganya juga tidak membuat kantong bolong.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Membicarakan buah dan fungsinya untuk kesehatan bagi ibu hamil, sudah pernah mendengar tentang buah naga? Sekarang ini, buah yang mempunyai nama sangar tersebut sangatlah terkenal, apalagi sebagai buah yang dikenal mempunyai khasiat bermacam-macam. Tetapi apa sih, sebenarnya buah naga ini? Kenapa banyak sekali orang yang mengincarnya? Apa memang buah ini sehebat itu?

Tentang buah naga Merah
Buah naga, atau yang nama kerennya dragon fruit adalah tanaman yang sebenarnya masih satu keluarga dengan kaktus. Orang Tionghoa biasanya memakannya karena dianggap sebagai pembawa berkah. Buah ini memang mempunyai bentuk sangat unik, bersisik bagai naga, dan mempunyai warna merah mencolok mata. Beberapa orang bilang kalau teksturnya mirip buah kiwi, sementara orang Jawa akan mengatakan daging buahnya mirip selasih.

Cuma karena bentuknya yang unik dan warnanya saja, makanya tanaman ini sering dipakai untuk tanaman hias. Setelah diteliti, ternyata buah yang mempunyai nama latin Hylocereus polyrhizus ini mempunyai khasiat sangat banyak. Begitu orang tahu kalau tanaman ini bisa dimanfaatkan melebihi tanaman hias pemanis di depan rumah, langsung saja orang-orang berbondong-bondong untuk mencarinya.

Oke, sekarang kita tahu bahwa buah nagabanyak diincar oleh orang-orang karena kegunaannya. Tetapi sebenarnya apa manfaat dari buah naga ini? 

Mau tahu khasiat buah naga? 

·         Banyak vitamin
Di dalam buah naga ini, kaya sekali bermacam-macam vitamin yang sangat penting buat tubuh. Misalnya saja kandungan vitamin C, buah naga bahkan punya kandungan vitamin C yang bahkan 10 kali lebih banyak daripada yang diperlukan tubuh. Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin B1, B3, dan B12.

·         Banyak serat
Serat penting sekali supaya sistem pencernaan di perut kita menjadi lancar jaya, tanpa masalah. Kandungan serat yang ada di buah naga akan membantu kita untuk menjaga agar usus tetap sehat, mencegah munculnya diabetes, bahkan bisa mencegah serangan jantung!

·         Menurunkan berat badan
Bagi mereka yang sedang ingin berdiet, maka mengonsumsi buah naga sangat disarankan. Kenapa demikian? Karena banyaknya serat yang ada di buah unik ini akan membantu membuat perut menjadi terasa kenyang lebih lama.

·         Kecantikan
Buat para wanita nih, buah naga ini ternyata sangat berkhasiat untuk dijadikan lulur atau untuk maskeran. Seperti yang sudah disebutkan di atas, buah naga punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi, dan vitamin ini penting untuk menjaga kulit. Coba, luluran dengan buah naga supaya kulit tambah jernih.

Wah, ternyata buah naga memang buah yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Tetapi salah satu fungsi yang paling penting di dalam buah naga adalah khasiatnya bagi ibu-ibu hamil. Ya, bagi para calon ibu, memakan buah naga ternyata bisa membantu menjaga kesehatan mereka sekaligus janin yang ada di perut. Bagaimana caranya? Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita lihat sekilas dulu tentang kehamilan, ya.

Tentang kehamilan
Kehamilan adalah masa-masa di mana sperma dan sel telur yang telah bertemu dan bersatu, lalu terjadilah pembuahan. Dari pembuahan tersebut, akan tumbuhlah janin di perut, yang kemudian terus berkembang menjadi seorang bayi. Seorang ibu biasanya akan mengandung janin tersebut dalam kurun waktu 9 bulan lebih 10 hari. Dan pada masa hamil inilah, maka para ibu tersebut mengalami saat-saat yang rentan. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk bayi yang ada di dalam kandungannya.

Jadi karena itulah, maka sudah mutlak bahwa seorang ibu yang sedang hamil harus sangat menjaga kesehatannya. Kalau tidak, bisa gawat akibatnya, baik untuk si bayi di kandungan, maupun sang ibu sendiri. Karena itu, bagi para wanita hamil harus menjaga kesehatan dengan cara:

 - Periksa kehamilan.
Kunjungilah bidan untuk memonitor kesehatan sang ibu dan juga janin, terutama pada masa trimester pertama. Kenapa? Karena pada masa inilah, awal pembentukan janin yang sangat penting terjadi. Saat seperti ini juga yang sangat rentan bagi para ibu untuk mengalami keguguran.

-  Jaga kebersihan.
Badan harus benar-benar dijaga agar selalu bersih. Mandi, keramas, sikat gigi semua harus dilakukan teratur, demikian juga mencuci baju yang bersih.

-  Gizi cukup.
Inilah salah satu yang terpenting. Seorang ibu yang sedang hamil pada dasarnya mengonsumsi makanan untuk 2 orang sekaligus, jadi tentu saja perlu nutrisi yang lebih banyak. Jika kekurangan zat yang penting, maka akan fatal akibatnya.

Lantas apa saja yang diperlukan oleh para ibu hamil? Buat para ibu, asupan nutrisi yang cukup dan lengkap sangatlah penting, terutama untuk pertumbuhan otak si jabang bayi. Beberapa nutrisi yang biasanya diperlukan untuk ibu-ibu yang sedang hamil adalah:

Protein
Supaya sel-sel di janin tumbuh sempurna, dan rahim serta payudara ibu juga mendapat nutrisi cukup, maka protein sangatlah penting. Daging, kacang-kacangan semua diperlukan.

Kalsium.
Fungsi kalsium untuk membentuk gigi dan tulang pada janin, serta untuk kontraksi otot dan juga pembekuan darah.

Zat besi
Zat bei berfungsi untuk membentuk sel darah merah

 Asam folat
Fungsi Asam folat untuk mencegah terjadinya cacat dan kelainan syaraf pada si bayi.

Di sini, nih, peran buah naga untuk ibu hamil sangat kelihatan. Manfaatnya ada banyak, misalnya:

1.    Memenuhi kebutuhan karbohidrat yang ada di dalam tubuh. Biasanya sih, ibu yang sedang hamil akan susah untuk makan, dan akibatnya kebutuhan nutrisi tidak tercukupi. Di sinilah, kandungan karbohidrat buah naga akan membantu.

2.    Untuk kekebalan tubuh dan pembentukan tulang dan gigi janinnya, karena buah naga mempunyai kandungan kalium, potassium, kalsium, dan tentu saja, zat besi.

3.    Membuat sistem pencernaan bagi ibu hamil lebih lancar, karena serat yang dikandung buah naga sangat banyak.

4.    Membantu pertumbuhan bagi janin, karena vitamin B1 yang dikandung di dalam buah naga.

5.    Mengandung fitokimia yang sangat penting sebagai antioksidan, membuat para ibu lebih tahan penyakit.

Sekarang sudah jelas kan, kenapa buah naga sangat penting untuk para calon mama ini? Masih sangat banyak lagi khasiat buah naga bagi para ibu, namun yang jelas adalah, kandungan berbagai macam vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang ada di dalam buah ini bisa menjadi tambahan asupan yang lebih dari cukup untuk ibu dan sang janin. Cara memakannya? Bisa bervariasi. Dimakan begitu saja oke, dibuat menjadi jus juga sip. Atau mau mencampurnya dengan susu sehingga menjadi milkshake? Silahkan saja ya! . Demikian dan Semoga dengan kita mengetahui Manfaat Buah Naga untuk ibu hamil, dapat bermanfaat untuk kita dan keluarga.