Mengenal Manfaat Buah Naga Penting Untuk Kesehatan

manfaat buah naga, khasiat buah naga, manfaat buah naga untuk kesehatan

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan, Kita semua pasti sudah tahu dengan istilah yang menyebutkan bahwa “kesehatan itu mahal harganya”. Dan ternyata hal tersebut memang betul! Banyak sekali orang yang kemudian sudah terbaring di rumah sakit lantaran gagal untuk menjaga kesehatan dirinya, dan kemudian harus keluar uang yang sangat banyak untuk penyembuhan. Kalau sudah begitu, baru benar-benar terasa kalau kesehatan itu memang sangat penting, apalagi bagi mereka yang bekerja dan mempunyai keluarga. untuk itu' Mengenal Manfaat Buah Naga Penting Untuk Kesehatan agar tubuh selalu sehat.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Tentang kesehatan dan cara menjaganya
Tanpa adanya kesehatan, maka kita tidak bisa beraktivitas dengan normal. Mau bekerja, badan menolak karena sakit. Selain itu, bayangkan kalau ternyata penyakit tersebut akibatnya fatal, tambah beban yang semakin berat tentunya. Kalaupun penyakit tersebut tidak fatal, maka akibatnya pun akan berkepanjangan, dan membuat diri tidak mampu menikmati kehidupan semaksimal mungkin, gara-gara tidak bisa menjaga kesehatan.

Nah, daripada menyesal, maka lebih baik menjaga kesehatan semenjak dini, menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati. Selama kita tahu badan masih sehat, maka teruslah menjaganya. Caranya? Ada banyak cara/macam-macam, contohnya:

Olahraga
Siapa yang malas bergerak? Ayo, mulailah aktif! Tidak perlu olahraga yang berat ala binaragawan, jalan kaki atau jogging setiap hari sudah cukup, kok. Kalau dilakukan rutin selama setengah jam sehari, sudah bisa terlihat perbedaannya.

Istirahat cukup
Buat yang sering begadang malam, ini perlu diwaspadai. Sering tidur tidak teratur dan juga kurang istirahat akan membuat daya tahan tubuh menurun, dan kerja otak tidak maksimal.

Minum air putih
Stop minum minuman bersoda, dan mulai mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap harinya. Air putih ini sangat berguna supaya racun di tubuh bisa cepat larut.

Makan buah dan sayur
Buah dan sayur penuh dengan berbagai vitamin dan mineral yang sangat diperlukan bagi tubuh, apalagi dengan rasanya yang cukup lezat.
Berbicara tentang makanan sehat yang berguna bagi tubuh, kita semua tentu tahu kalau ada banyak sekali makanan yang diklaim sebagai makanan sehat. Apakah benar atau tidak masih bisa diperdebatkan, namun beberapa memang sudah terbukti mempunyai kandungan nutrisi yang penting untuk menjaga supaya tubuh tetap oke. Salah satunya adalah buah yang sekarang sedang naik daun, yaitu buah naga alias dragon fruit.

Buah naga, simbol, nutrisi dan manfaatnya:

Manfaat buah naga, buah ini mempunyai nama yang sangat keren. Tetapi apakah kegunaannya sesangar namanya? Buah naga adalah buah yang masih dalam satu keluarga dengan tanaman kaktus. Di permulaannya, buah ini lebih sering digunakan sebagai tanaman hias. Ya karena bentuknya yang memang unik, tidak heran jika banyak yang menggunakannya sebagai pemanis di halaman. Buah bernama latin Hylocereus polyrhizus ini punya warna merah menyala dan juga bersisik, yang membuatnya mendapat sebutan buah naga.

Pada umunya, buah naga ini digunakan untuk kesehatan serta kecantikan. Kenapa demikian? Karena kandungan vitamin di dalamnya sangatlah tinggi. Digunakan sebagai masker dan juga lulur, buah naga ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin mempunyai kulit yang segar. Orang-orang Tionghoa biasanya menggunakan buah naga ini sebagai simbol berkah. Di setiap perayaan, buah ini pasti tidak akan pernah absen. Sebabnya tentu saja, karena sisik yang mirip naga tersebut, buah naga yang satu ini juga bagus di konsumsi untuk ibu hamil karna manfaatnya yg luar biasa.

Terlepas dari simbolnya sebagai pembawa berkah, memang pada kenyataannya buah naga mempunyai fungsi yang sangat banyak. Jadi jika dibilang buah naga adalah pembawa berkah, ya dia memang membawa berkah kesehatan bagi yang memakannya. Untuk menghilangkan haus pun, buah naga sangat berguna karena kandungan airnya tinggi, 90% dari berat totalnya. Selain itu, rasa buah naga juga manis, namun bukan manis yang berasal dari karbohidrat sederhana, sehingga penderita diabetes tidak perlu khawatir saat meminumnya.

Jadi, apa yang membuat buah ini digandrungi masyarakat sebagai makanan kesehatan? Apakah kegunaannya benar-benar sebagus itu?

Berikut adalah beberapa nutrisi yang ada di dalam buah naga:

- Kalori Buah naga punya kandungan kalori, namun jangan khawatir, karena kalorinya sangat rendah. Jadi untuk tiap 100 gram buah naga, hanya ada 60 kalori.- Asam lemak Buah naga, lebih tepatnya bijinya, mempunyai kandungan omega-3 dan omega-6, yang bisa membantu dalam mencegah penyakit jantung.

- Serat Ada banyak serat yang terkandung di dalam buah ini, dan bisa membantu untuk mencegah sembelit serta membuat pencernaan lancar.

- Vitamin dan mineral Sebagai buah, tentu saja buah naga mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Vitamin C, B1, B3, B12, dan vitamin lain akan membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

Sekarang setelah kita tahu tentang nutrisi yang ada di dalamnya, jadi apa saja sebenarnya yang bisa membuat buah naga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan secara spesifik? Mari kita lihat yang manfaat buah naga berikut ini:

1. Kesehatan tulang dan gigi


Manfaat buah naga untuk Kesehatan tulang dan gigi, manfaat buah naga

Buah naga mempunyai kandungan fosfor dan juga kalsium yang cukup tinggi, dan merupakan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan gigi serta tulang. Terutama untuk para manula, buah ini bisa mencegah pengeroposan tulang.

2. Mencegah diabetes


Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Diabetes, manfaat buah naga

Meski mempunyai rasa yang manis, gula di dalam buah naga tidak akan membuat seseorang terkena diabetes, bahkan buah ini bisa digunakan sebagai nutrisi yang melawan sel jahat penyebab diabetes.

3. Mencegah penuaan dini


Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah penuaan dini

Antioksidan di dalam buah naga sangat tinggi, sehingga bisa membantu tubuh untuk menghalangi radikal bebas yang ada di sekitar, membuat proses penuaan dini lebih lambat.

4. Mencegah kanker


manfaat buah naga untuk mencegah kanker

Hebatnya dari buah naga ini adalah khasiatnya yang mampu mencegah terjadinya penyakit kanker, dan bisa membantu mengatasi bagi yang mempunyai penyakit ini.

5. Menurunkan kolesterol


manfaat buah naga untuk Menurunkan kolesterol

Di dalam buah ini terdapat vitamin B3, yang berguna untuk membantu menurunkan kolesterol. Jika dikonsumsi teratur, maka kadar kolesterol dalam darah akan berkurang cukup banyak.

6. Imunitas

manfaat buah naga untuk Imunitas, vitamin yang terkandung pada buah naga

Buah naga mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi, bahkan hingga 10 kali lipat dari kebutuhan vitamin C sehari-hari. Vitamin ini sangat berguna dalam pembentukan antibody dan daya tahan tubuh.

Selain fungsi di atas, manfaat buah naga juga bisa berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Terutama bagi anak-anak, apalagi yang berumur balita. Maka jika kita mempunyai anak yang sedang susah makan, maka berikan saja jus buah naga ini pada mereka. Kandungan vitamin B1 dan B2 yang ada di buah naga akan merangsang nafsu makan anak. Selain buahnya, kulit dari buah naga juga ternyata mempunyai khasiat dapat mencegah sel tumor untuk muncul. Ekstrak buah naga juga dapat membuat pembuluh darah yang kaku menjadi lentur kembali.

Bagi yang tertarik untuk menanam buah naga di halaman rumah mereka, maka buah yang penuh dengan khasiat ini sebenarnya tidak sulit untuk ditanam. Bentuknya yang unik juga berguna untuk hiasan halaman. Cukup dengan menanamnya di dalam pot, menyiapkan suatu pancak agar bisa menyangga tanaman ini, memilih bibit, dan memberikan pupuk yang teratur, maka tanaman ini akan tumbuh dengan subur. itulah manfaat buah naga ternyata sangat baik untuk kesehatan.