Manfaat Buah Sirsak untuk Kolestrol

Buah merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak vitamin dan juga kandung gizi lainnya. Mengkonsumsi buah merupakan sebuah hal yang sangat baik bagi kesehatan. Buah yang anda konsumsi ada berbagai macam dan jenis. Tetapi tidak semua buah dapat dikonsumsi. Terdapat beberapa buah yang bukan untuk konsumsi. Buah yang bukan untuk konsumsi ini biasanya mengandung beberapa hal yang memang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia. Buah ini memang salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan manusia. Bahkan manusia bisa mendapatkan penghasilan dari penjualan sebuah buah ini. Maka anda jangan pernah menyia-nyiakan sebuah buah.

Manfaat Buah Sirsak untuk Kolestrol

Sirsak merupakan salah satu macam buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Buah ini merupakan buah yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri buah ini memiliki banyak penggemarnya. Terdapat beberapa nama panggilan untuk jenis buah ini seperti Nangka Sebrang, Srikaya Jawa dan Durian Betawi. Buah sirsak ini banyak ditemukan pohonnya di wilayah Indonesia khususnya di kawasan 1000 m permukaan laut. Sirsak ini merupakan pohon yang boleh di tanam secara komersil dan buahnya boleh diperjualbelikan di masyarakat luas.

Kandungan dalam buah sirsak
Kandungan merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah buah, karena dari kandungan ini buah akan menunjukkan berbagai efek yang baik. Buah ini pasti memiliki kandungan berguna bagi tubuh kita. Buah sirsak pun memiliki kandungan sendiri yang memang berguna bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam sirsak antara lain:

·      4% inti buah,
·      8,5% biji buah,
·      20% kulit buah,
·      67,5% daging buah.

Buah sirsak juga memiliki beberapa kandungan gizi yang berguna bagi tubuh manusia. Buah ini akan memberikan anda kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi dalam buah sirsak antara lain:

·      Karbohidrat, merupakan salah satu kandungan gizi yang ada di buah sirsak terdapat 92%.
·      Vitamin C, ini merupakan vitamin yang dominan dalam buah sirsak sekitar 20 mg.
·      Kadar sodium yang tidak terlalu tinggi sebesar 14 mg.
·      Kadar kalium sebesar 278 mg.
·      Kandungan mineral sebesar 28 mg.
·      Mengandung banyak serat pangan sekitar 3,3 mg.

Kandungan yang terdapat pada buah sirsak ini sangat bermanfaat bagi manusia. Terutama karbohidrat yang dapat membuat kita semakin merasa kenyang walaupun tidak makan. Kandungan mineral ini juga baik bagi manusia karena dapat membantu kita agar tidak kekurangan mineral. Yang paling terpenting adalah vitamin. Vitamin C yang terdapat pada sirsak ini cukup besar. Vitamin C ini bisa sangat bermanfaat bagi kita, karena selain dapat memberikan nutrisi bagi tubuh kita vitamin ini dapat menjadi sumber tenaga bagi kita. Saat kita sedang kekurangan nutrisi, vitamin ini dapat membuat kita semakin terasa bertenaga walaupun kita tidak makan. Kadar sodium yang rendah membuat buah sirsak ini tidak akan membuat kita terinfeksi pada sebuah penyakit.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kolestrol
Setelah mengetahui kandungan yang ada pada buah sirsak, tentunya kita ingin mengetahui apa saja manfaat yang ada pada buah sirsak. Jika melihat dari kandungan gizi yang terdapat pada buah sirsak ini, sudah pasti dapat dipastikan buah sirsak memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa Khasiat buah sirsak bagi tubuh kita antara lain:

· Mencegah penyakit anemia, hal ini dikarenakan terdapat kandungan zat besi pada buah sirsak.
· Mencegah resiko penyakit kanker, terdapat 2 jenis kandungan yang bisa melawan kanker.
·  Mengatasi kolesterol, karena di dalam sirsak terdapat banyak serat.
· Mengatasi asam urat, penyakit ini akan dapat dicegah dengan sering mengkonsumsi sirsak.
· Mengatasi hipertensi, sirsak mengandung zat yang mampu menangkal penyakit hipertensi.

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang saat ini banyak menyerang manusia. Penyakit ini terjadi karena banyaknya konsumsi lemak yang ada pada tubuh. Penyakit ini biasa disebabkan pula karena adanya banyak kandungan minyak dalam tubuh. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang usia lanjut. Bagi anda yang berusia muda juga masih dapat terserang penyakit ini, anda yang masih muda pun harus berhati-hati dengan penyakit kolesterol ini karena penyakit ini juga dapat menyerang anda.

Ciri-ciri penyakit kolestrol
Penyakit kolesterol memiliki beberapa ciri-ciri yang patut untuk anda kenali. Dengan mengenali ciri-ciri penyakit ini, anda akan semakin dapat berjaga-jaga. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penyakit kolesterol antara lain:

·          Anda akan merasa cepat mengantuk karena penyempitan pembuluh darah yang terjadi. 
·         Kesemutan, ini terjadi karena adanya penyumbatan darah pada tubuh anda.
·         Mudah sakit kepala, karena adanya aliran darah yang terhambat menuju ke kepala.
·         Rasa pegal pada tengkuk, hal ini karena penumpukan pembuluh darah.

Jika sudah mengetahui beberapa ciri penyakit tersebut, ada baiknya jika anda mengetahui bagaimana perawatan yang tepat bagi penyakit anda. Perawatan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara alami. Cara alami yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan buah sirsak. Buah sirsak dipercaya dapat membantu meringankan penyakit kolesterol anda. Buah ini memiliki beberapa kandungan yang berguna bagi penyakit kolesterol ini. Terdapat serat yang dapat membantu meringankan penyakit anda, serat tersebut akan menyerap kolesterol jahat yang ada pada tubuh anda. Sementara kolesterol yang baik pada tubuh anda akan tetap tersimpan pada tubuh anda.

Pohon sirsak selain memiliki manfaat dari daging buahnya yang dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Bagian buah lain yang dapat berguna bagi kesehatan anda adalah daun dari pohon sirsak yang sangat berguna bagi kesehatan anda. Daun buah sirsak dipercaya juga mampu mengobati sejumlah penyakit seperti penyakit bisul, mengobati asam urat, menghilangkan kutu dan mampu mengatasi penyakit rematik. Penyakit ini dapat anda redakan dengan menggunakan daun buah sirsak ini.

Mengolah daun buah sirsak
Jika anda ingin mengobati penyakit anda dengan menggunakan daun buah sirsak ini. Anda dapat mengolah daun buah sirsak ini dengan cara merebus daun sirsak tersebut. Anda harus memilih daun sirsak yang baik tentunya. Bersihkan terlebih dahulu daun sirsak tersebut. Setelah dicuci bersih anda dapat merebusnya. Rebusan daun sirsak inilah yang dapat anda konsumsi. Rebusan air daun sirsak dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit.

Satu lagi bagian dari buah sirsak yang dapat mengatasi beberapa penyakit. Bagian ini memang bagian yang sering di remehkan banyak orang karena bagian ini tidak penting. Biji buah sirsak dipercaya juga mampu mengobati beberapa penyakit pada tubuh kita. Biji ini memang tidak terlalu penting bagi orang, tapi biji buah sirsak ini berbeda. Biji buah sirsak ini dapat digunakan pada saat anda sedang merasa mual dan ingin muntah. Cukup merebus biji sirsak ini lalu minum air rebusan tersebut.