5 Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Karbohidrat dan Manfaatnya
Manfaat karbohidrat yang utama yaitu sebagai sumber energi tubuh. Beberapa organ tubuh seperti otak, sel syaraf, dan lensa mata bahkan diketahui hanya membutuhkan glukosa sebagai sumber energi yang tidak bisa diganti dengan sumber energi lain. Adapun AKG atau Angka Kebutuhan Gizi harian karbohidrat mencapai 300 gram setiap harinya. Asupan karbohidrat ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi sejumlah makanan pokok seperti beras, gandum, sagu, jagung, kacang-kacangan dan umbi-umbian.

Manfaat Karbohidrat, pengertian Karbohidrat, fungsi Karbohidrat, presentasi Karbohidrat

Dalam ilmu gizi karbohidrat dibedakan menjadi 2 yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Sementara berdasar ukuran molekulnya, karbohidrat dibedakan menjadi 3 yaitu monosakarida, disakarida, dan juga polisakarida. Beberapa jenis karbohidrat diketahui mempunyai fungsi khusus. Misalnya saja ribosa yang menjadi komponen penting di dalam asam nukleat dan juga laktosa yang berperan pada proses penyerapan kalsium. Selain itu, masih ada pula beberapa golongan karbohidrat yang tidak bisa dicerna namun kaya akan kandungan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan sekaligus mengatasi gangguan BAB.

Selama ini karbohidrat diketahui menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Sebenarnya karboidrat juga merupakan pemanis alami khususnya disakarida dan monosakarida, sementara fruktosa termasuk jenis gula yang paling manis. Rasa manis yang dihasilkan berbeda dengan gula pada umumnya. Manfaat dan fungsinya bagi tubuh manusia cukup nyata. Adapun berikut diberikan beberapa manfaat dan fungsi karbohidrat yang mesti diketahui.

1.   Pembentukan Cadangan Energi
Salah satu fungsi utama dari karbohidrat yaitu mengahasilkan energi. Energi dihasilkan dengan mengubah karbohirat menjadi kalori. Sementara kelebihan karbohidrat yang tidak disempat diubah menjadi energi akan disimpan di tubuh dalam bentuk lemak. Lemak tersebut nantinya akan diproses sebagai cadangan energi saat tubuh membutuhkannya.

2.   Membantu Proses Metabolisme Protein dan Lemak
Karbohidrat membantu proses metabolisme protein dan lemak guna meminimalisir terjadinya asidosis dan ketosis. Selain itu, karbohidrat juga mencegah terjadinya pemecahan protein secara berlebihan. Hal ini jelas amat penting. Pasalnya saat asupan energi tubuh tidak cukup, maka protein cenderung akan terbakar dan mengganti peran karbohidrat sebagai sumber energi. Dengan demikian, secara tidak langsung karbohidrat juga berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi untuk menjalankan tugas utamanya sebagai zat pembentuk.

3.   Mencegah Defisiensi Karbohidrat
Kekurangan karbohidrat dapat menimbulkan efek samping merugikan bagi tubuh. Defisiensi karbohidrat yang mesti diwaspadai yaitu gangguan gizi dan marasmus. Namun sebaliknya, kelebihan karbohidrat ternyata juga berdampak negatif bagi tubuh. Kelebihan karbohidrat berisiko menyebabkan obesitas atau kegemukan dan beberapa jenis penyakit lainnya. Karenanya karbohidrat harus dikonsumsi sesuai takaran saji yang pas dan sesuai kebutuhan tubuh.

4.   Penyeimbang Asam dan Basa
Di dalam metabolisme tubuh, karbohidrat berperan sebagai penyeimbang asam dan basa. Secara lebih lanjut, karbohidrat berfungsi pada proses pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh.

5.   Mencegah Oksidasi Lemak
Karbohidrat dapat mencegah oksidasi lemak yang kurang sempurna guna mengatur lemak di dalam tubuh. Dalam hal ini karbohidrat dapat mengoptimalkan proses penyerapan kalsium dan memudahkan pencernaan makanan.

Sumber karbohidrat cukup berlimpah dan mudah didapat. Akan tetapi, tetap ingat untuk mengonsumsi karbohidrat dalam porsi seimbang sesuai kebutuhan karena segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Karbohidrat yang dikonsumsi dalam porsi cukup juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena sumber makanan tinggi karbohidrat kaya serat yang berperan melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi gangguan BAB. Sekian dan semoga memberi informasi bermanfaat.