6 Khasiat Buah Mahoni Yang Mesti Anda Tahu

Manfaat buah mahoni untuk kesehatan mungkin belum dikenal banyak oleh masyarakat. Pada umumnya mahoni dikenal sebagai tanaman pohon yang kayunya banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan meubel. furnitur, ukiran, dan kerajinan tangan lainnya. Pohon mahoni juga banyak ditanam di pinggir jalan sejam jaman penjajahan Belanda sebagai tanaman pelindung karena pohon mahoni mampu mengurangi polusi sekitar 47% hingga 69%. Ternyata bukan hanya kayunya saja yang dimanfaatkan tetapi termasuk kulit, biji, dan buahnya. Buah mahoni mengandung flavonoid dan saponin yang baik untuk sirkulasi darah dan mencegah pembekuan darah. Berikut adalah manfaat dan khasiat buah mahoni bagi kesehatan.

manfaat buah mahoni, khasiat buah mahoni

Menyehatkan jantung dan mencegah stroke
Karena kandungannya yang dapat melancarkan sirkulasi darah, maka buah mahoni bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat kerja jantung tetap stabil sehingga mengurangi resiko terkena serangan jantung. Flavonoid dan saponin pada buah mahoni juga melancarkan sirkulasi darah ke otak. Serangan stroke dipicu oleh terhambatnya atau bahkan terhentinya aliran darah ke otak karena penggumpalan di pembuluh darah sehingga otak tidak mendapatkan suplai oksigen. khasiat buah mahoni bisa didapatkan dengan cara menyeduh buahnya langsung, namun karena rasanya terlalu pahit, biasanya buah mahoni dikonsumsi dalam bentuk serbuk untuk dilarutkan dalam air panas. Sirkulasi darah yang lancar juga mencegah penyakit hipertensi, kolesterol tinggi, dan obesitas.

Mencegah malaria
Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di iklim tropis, malaria menjadi salah satu penyakit menular yang resikonya cukup tinggi. Kandungan saponin pada buah mahoni mampu untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit yang dibawa oleh serangga termasuk nyamuk. Selain malaria, demam berdarah yang disebarkan oleh nyamuk juga bisa diatasi dengan memanfaatkan buah mahoni ini.

Mengontrol penyakit diabetes
Penyakit diabetes belum ada obatnya, yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes adalah untuk mengontrol kadar gula darah. Zat yang bertanggung jawab untuk membuang glukosa yang berlebih adalah saponin pada buah mahoni. Untuk penderita diabetes, 30 menit sebelum makan minumlah campuran 1/2 sendok teh serbuk buah mahoni dengan 1/3 gelas air panas sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Jika Anda mengkonsumsi buah mahoni untuk mengatasi diabetes, sebaiknya jangan mengkonsumsi obat lain termasuk obat herbal.

Meningkatkan kesuburan
Buah mahoni dapat meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita. Bagi pasangan suami istri yang sulit mendapatkan anak karena masalah kesehatan, mengkonsumsi buah mahoni baik serbuk atau utuh dengan rutin bisa meningkatkan kualitas sperma dan sel telur sehingga dapat terjadi pembuahan.

Mengatasi sakit perut
Bagi Anda yang susah buang air besar alias sembelit, serbuk buah mahoni dapat mengatasi rasa mulas pada perut dan melancarkan buang air besar. Serbuk buah mahoni juga bisa mengatasi sakit perut akibat nyeri haid pada wanita. Caranya hanya dengan menyeduh serbuk buah mahoni secukupnya dengan air panas lalu diminum pada saat sembelit atau hari pertama menstruasi.

Menambah nafsu makan
Buah mahoi dapat bermanfaat untuk menambah nafsu makan bagi anak Anda yang sulit makan atau bagi Anda yang ingin menambah berat badan secara alami dan sehat. Caranya adalah dengan mencampur setengah sendok makan serbuk mahoni dengan sepertiga gelas air panas, lalu ditambah madu secukupnya agar rasa pahitnya tidak terlalu terasa. Air ini diminum selagi masih hangat sebanyak 2 hingga 3 kali sehari sebelum waktu makan. Baca juga Manfaat buah kelengkeng