6 Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan

Manfaat buah sukun bagi kesehatan sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat. Tumbuhan yang memiliki daun besar yang bersusun saling berselang seling  ini merupakan buah yang tidak memiliki biji. Di beberapa daerah kepulauan daerah tropic, khususnya di kawasan Asia Tenggara buah yang satu ini termasuk dalam bahan pangan sangat penting sebagai sumber asupan karbohidrat. Buah sukun juga dapat diolah maupun dipotong-potong untuk kemudian digoreng, disangrai, direbus maupun dibakar.

manfaat buah sukun, khasiat buah sukun

Di beberapa wilayah pulau pasifik ketika mengalami kelebihan penen, maka buah sukun akan difermentasi dengan cara dimasukkan ke dalaam lubang tanah kemudian didiamkan selama beberapa minggu. Hasil fermentasi tersebut berbentuk seperti halnya pasta yang sangat serupa dengan keju yang awet, bergizi tinggi, serta dapat diolah menjadi berbagai makanan semacam kue panggang. Buah ini juga dapat dijadikan sebagai kripik dengan diiris tipis-tipis kemudian digoreng.

Mengandung serat tinggi
Bagi Anda yang mengidap diabetes, buah sukun dapat menjadi buah yang sangat bermanfaat dikarenakan memiliki kandungan serat yang dapat mengurangi proses penyerapan glukosa oleh tubuh. Berdasarkan beberapa penelitian juga juga menunjukkan bahwa jika Anda mengonsumsi buah sukun secara teratur, maka Anda dapat mengurangi resiko diabetes serta kadar gula darah dapat selalu terkontrol dengan baik. Bahkan saat ini juga sudah banyak rekomendasi dari dokter ahli diabetes agar pasiennya dapat merasakan fungsi dari sukun ini.

Mengandung sumber Omega 3 dan Omega 6
Banyak para ahli mengonsumsi buah sukun dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan anak serta membantu pertumbuhan pada otak besar mereka. Hal ini dikarenakan buah sukun juga mengandung asam lemak omega 3. Ditambah lagi terdapat sepasang asam lemak esensial yang sangat baik bagi kesehatan jantung.

Membantu tubuh merasa kenyang lebih lama
Buah sukun juga seringkali dijadikan sebagai pengganti nasi ketika seseorang menjalani program diet, dikarenakan buah yang satu ini dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama tanpa meningkatkan asupan kalori. Sehingga Anda akan merasa lebih aktif serta energik dalam melakukan segala aktivitas setelah Anda mengonsumsinya.

Menjadi sumber antioksidan bagi tubuh
Dengan mengonsumsi buah sukun secara rutin Anda juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, baik dari luar maupun dalam. Menurut beberapa penelitian yang terbaru bahkan ditemukan adanya antioksidan di dalam buah sukun yang sangat baik untuk mencegah resiko terjadinya infeksi pada bagian kulit. Secara rutin mengonsumsi buah sukun juga dapat membuat Anda mendapatkaan kulit yang halus serta bersinar.

Melancarkan pencernaan
Kandungan serat tinggi yang terdapat didalam buah sukun memiliki peran penting dalam melancarkan pencernaan serta buang air besar jika Anda secara rutin mengonsumsinya. Selain itu Anda juga dapat mengeluarkan kadar racun dari dalam usus. Sehingga Anda akan terhindar dari berabagai macam gangguan pada bagian usus maupun kesehatan organ penting lainnya.

Menyehatkan rambut
Lemak omega 6 yang terdapat di dalam buah sukun sangat bermanfaat untuk kesehatan folikel rambut. Hasil yang akan Anda dapatkan diantaranya yaitu rambut tidak akan mudah rontok, akar rambut semakin kuat dan sehat serta mencegah terjadinya kebotakan. Bahkan khasiat buah sukun ini sangat efektif digunakan sebagai penghilang ketombe yang ada pada rambut dan kulit kepala.
Tentunya sangat tidak disangka jika buah dengan kulit hijau ini memiliki banyak khasiat atau manfaat bagi kesehataan maupun kecantikan. Oleh karena itu, mulai saat ini akan lebih baik jika Anda mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi buah sukun setidaknya beberapa kali dalam seminggu, terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet.