7 Manfaat Buah Rambutan yang Dahsyat Bagi Tubuh

Dahsyatnya Manfaat Buah Rambutan

Manfaatnya dari rambutan ini mungkin belum banyak diketahui orang. Namun, siapa sangka ternyata si kecil dengan kulit buah berambut dan berwarna merah kekuningan ini memiliki banyak manfaat yang dahsyat bagi tubuh. Saat musimnya, buah rambutan mudah ditemui sejumlah pasar tradisional ataupun di penjual buah pinggir jalan. Harganya terbilang relatif murah, tidak heran buah rambutan menjadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia.

manfaat buah rambutan, rambutan banyak manfaat, rambutan enak

Di samping rasa buahnya yang manis dan asam, ternyata buah rambutan memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Pasalnya dalam buah rambutan yang kecil terdapat banyak gizi penting seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral lengkap. Penasaran dengan dahsyatnya manfaat rambutan? Berikut ulasan lebih lengkapnya:

  1. Mendongkrak Energi
Manfaat yang pertama yaitu untuk mendongkrak energi. Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas mungkin mudah merasa capek dan lelah. Adapun mengonsumsi buah rambutan bisa membantu meningkatkan energi secara cepat. Manfaat ini didapat karena di dalam buah rambutan terdapat kandungan karbohidrat sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan protein di dalamnya pun berperan penting untuk mengganti sel-sel yang rusak dan mati dengan sel-sel baru. 
  1. Menurunkan Berat Badan Secara Efektif
Buah rambutan kaya serat dan air. Kandungan serat pangan buah rambutan dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan BAB. Selain itu, serat juga mampu mengenyangkan perut sehingga Anda tidak mudah lapar. Tentu hal ini berarti baik khususnya bagi Anda yang tengah menjalankan program diet dan ingin menurunkan berat badan secara efektif. Meski cukup tinggi kalori, tetapi kalori dalam buah rambutan tidak setinggi kalori buah alpukat.

  1. Menangkal Serangan Radikal Bebas
Terlalu sering beraktivitas di luar ruangan berisiko besar pada bahaya radikal bebas. Misalnya saja udara yang dihirup bisa jadi membawa zat-zat berbahaya bagi tubuh. Untungnya buah rambutan diketahui kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C tersebut akan berperan sebagai antioksidan bagi tubuh guna melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

  1. Meminimalisir Risiko Anemia
Adanya kandungan zat besi dalam kadar cukup di dalam buah rambutan dapat meminimalisir rasa pusing. Lebih lanjutnya kandungan zat besi dalam buah rambutan mampu mengurangi risiko anemia dan mudah lelah akibat aktivitas kerja yang terlalu padat.

  1. Pencegah Kanker
Buah rambutan berfungsi sebagai pencegah kanker, seperti kanker otak maupun jenis kanker laninya. Hal ini berkat adanya kandungan asam gallic. Kandungan asam gallic akan menghancurkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh yang berpotensi pada beragam jenis penyakit kanker.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Kandungan tembaga diketahui berperan penting dalam produksi sel darah putih. Sel darah putih sendiri memiliki tugas melawan serangan kuman, bakteri, dan virus yang mengancam tubuh. Ternyata di dalam buah rambutan didapati kandungan tembaga yang bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal
Organ ginjal berfungsi sebagai detoksifikasi. Inilah mengapa di dalam ginjal terdapat racun karena fungsinya memang sebagai tempat memilah racun yang masuk tubuh. Karenanya tidak menutup kemungkinan ada banyak racun yang tertinggal di dalam ginjal. Adapun mineral fosfor yang terkandung dalam buah rambutan mampu menetralisir racun dan mengoptimalkan kembali fungsi ginjal.

Mengetahui ada sekian banyak khasiat buah rambutan tentu tidak ada alasan untuk tidak memilihnya sebagai buah favorit. Sebenarnya masih ada lagi manfaat rambutan untuk kesehatan misalnya mengatasi gangguan saat hamil, menyembuhkan diare, dan masih banyak lagi.