Banyaknya Manfaat Dari Vitamin A

Siapa yang tidak kenal dengan vitamin A? Ya vitamin yang satu ini adalah sah satu bentuk vitamin yang larut dalam minyak, dan juga dikenal sebagai bentuk vitamin A yang mempu menyembuhkan penyakit mata. Kandungan vitamin A ini banyak sekali terdapat dalam jenis sayuran wortel, itu sebabnya sayuran yang satu ini sering dijadikan senjata sebagai bahan alami yang membantu proses pengobatan alami bagi menjaga kesehatan mata. Namun selain kesehatan mata, sayuran ini juga dapat digunakan bagi berbagai macam jenis penyakit lainnya, sehingga ia dikenal sebagai vitamin yang memiliki banyak khasiat. Seperti halnya terdapat beberapa macam khasiat atau manfaat vitamin A lainnya yang akan penulis jelaskan secara lebih singkat, diantaranya adalah sebagai berikut  :

manfaat vitamin a, fungsi vitamin a, pengertian vitamin a, presentasi vitamin a
Antioksidan
Saah satu bentuk dari jenis vitamin A yang cukup terkenal adalah Betakaroten, bentuk senyawa yang satu ini merupakan vitamin yang memiliki aktifitas antioksidan cukup tinggi yang mampu menngkal hadirnya dari radikal bebas ke dalam tubuh seseorang. Baik itu jenis radikal yang berasal dari dalam tubuh itu sendiri, yang biasanya dikenal dengan oksidasi atau bahkan jenis radikal yang bermula dari luar tubuh, seperti halnya polusi udara.

Menjaga Sistem Imun
Selain berfungsi sebagai antioksidan, ternyata jenis vitamin yang satu ini pun memiliki banyak fungsi lainnya, seperti halnya sebagai pelindung tubuh dari bakteri, jamur, patogen, dan bahkan juga virus. Oleh sebab itulah dengan mencukupi konsumsi asupan vitamin A, dapat membantu kita semua untuk menjaga sistem kekebalan tubuh (imun) yang kita miliki sendiri. 

Pencegah Terjadinya Kanker
Fungsi vitamin A lainnya adalah sebagai pencegah dari timbulnya penyakit kanker dalam tubuh seseorang. Hal ini dikarenakan jenis vitamin yang satu ini dapat membantu tubuh dalam menekan sistem pertumbuhan yang terjadi pada DNA dari sel-sel kanker tersebut.

Membantu Penyembuhan Luka
Dengan memiiki tingkan vitamin A yang cukup dalam tubuh Anda, maka proses penyembuhan luka yang terdapat dalam tubuh pun akan berjalan dengan lebih cepat. Hal ini dikarekan vitamin tersebut, mampu membantu jaringan tubuh dalam memperbaiki kesehatannya atas luka yang mulai terjadi.

Pertumbuhan Janin
Peran vitamin A lainnya, yang juga sangat penting, dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh manusia, adalah vitamin ini berperan aktif dalam sistem pertumbuhan dan juga perkembangan dari embrio yang terdapat pada janin seseorang. Vitamin tersebut bahkan dikatakan dapat menentukan gen yang terdapat pada prose terjadinya pembentukan organ-organ tubuh dari perkembangan embrio janin itu sendiri. 

Menjaga Kesehatan Mata
Seperti yang sudah disebutkan pada bagian sebelumnya, bahwa vitamin yang satu ini memiliki manfaat yang cukup banyak dikenal orang, terutama dalam menjaga kesehatan mata seseorang. Seperti yang sudah diketahui secara umum, bahwa kesehatan mata memang layak untuk diperjuangkan mengingat mata termasuk salah satu bagian dari indera penglihatan manusia yang sangat penting dan juga berguna atas keberadaannya. Vitamin ini pada dasarnya membantu menjaga kesehatan mata melalui penyaluran objek yang dilakukannya pada bagian retina mata hingga ke bagian otak, yang kemudian mengolah pesan tersebut menjadi sebuah gambar. Untuk 
senyawa vitamin A yang memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan mata ini adalah senyawa dari retinol.

Demikianlah beberapa jenis manfaat atau bahkan fungsi yang dapat dihadirkan melalui penggunaan vitamin A bagi tubuh seseorang. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin menjaga tubuh yang Anda miliki, maka biasakanlah konsumsi vitamin A, berdasarkan dosis yang ditetapkan oleh tenaga medis, atau dokter bagi menjaga kesehatan tubuh Anda itu sendiri. Baca juga manfaat vitamin B