Buah Kersen Yang Mungil Tapi Kaya Manfaat

Manfaat buah kersen ternyata bisa digunakan sebagai tanaman obat kesehatan manusia. Kersen atau talok memiliki nama latin Muntingia calabura L berasal dari daerah tropis benua Amerika seperti Meksiko, Peru, dan Kepulauan Karibia. Pohon kersen banyak ditanam sebagai tanaman peneduh karena cabang pohon yang menyebar dan melindungi siapapun yang berada di bawahnya dari sinar matahari. Cabang pohon kersen juga sering dimanfaatkan untuk kayu bakar karena cepat kering. Buah kersen sendiri banyak disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis dan mudah dipanjat pohonnya. Selain enak, ternyara buah ini menyimpan banyak manfaat terutama obat penyakit asam urat dan diabetes.

manfaat buah kersen, buah kersen yang bermanfaat

Kandungan buah kersen
Buah kersen yang sudah matang berwarna merah dan bulat seperti miniatur buah ceri, oleh karena itu di beberapa daerah di Indonesia, kersen juga disebut dengan ceri. buah kersen ini kandungan gizinya sangat melimpah. 

Setiap 100 gram buah kersen, mengandung:

  1. Air 77,8 gram
  2. Protein 0,334 gram
  3. Lemak 1,56 gram
  4. Karbohidrat 17,9 gram
  5. Serat 4,6 gram
  6. Abu 1,14 gram
  7. Kalsium 124,6 mg
  8. Fosfor 84 mg
  9. Zat besi 1,18 mg
  10. Karoten 0,019 gram
  11. Tianin 0,065 gram
  12. Ribofalin 0,037 gram
  13. Niasin 0,554 gram
  14. Vitamin C 80,5 gram
  15. Kalori 380 kkal

Mengatasi asam urat
Penderita asam urat biasanya mengalami gejala kambuh dengan rasa nyeri pada persendian. Nyeri pada persendian disebabkan karena pengkristalan zat asam urat karena kelebihan zat purin. Mengkonsumsi buah kersen 9 butir sebanyak 3 kali sehari disebut mampu untuk mengurangi rasa nyeri pada persendian. Anti uric acid adalah salah satu manfaatnya mengonsumsi  buah kersen.

Zat antiinflamasi
Fungsi antiinflamasi atau antiperadangan pada buah kersen dapat digunakan untuk menurunkan demam, mencegah peradangan dalam, dan mencegah peradangan persendian pada penderita asam urat. Mencegah peradangan persendian pada penderita asam urat sangat penting karena jika sudah terjadi peradangan maka akau semakin sulit untuk mengatasi penyakit asam urat, dan bisa memicu terjadinya komplikasi penyakit lain seperti kerusakan tulang.

Antiseptik alami
Buah kersen adalah sebagai antiseptik. Beberapa bakteri yang berbahaya bagi tubuh antara lain adalah C. Diptheriea, K. Rizhophil, S. Epidermis, S. Aureus, dan P. Vulgaris. Buah kersen yang dimakan langsung atau dengan meminum rebusan air daun kersen secara teratur dapat membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui berbagai jalan. Sehingga buah kersen adalah antiseptik alami yang dapat meningkatkan pertahanan tubuh melawan bakteri jahat. Selain antibakteri, buah kersen juga bisa sebagai antitumor dan antikanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker merusak jaringan sehat dalam tubuh.

Menstabilkan tekanan darah
Buah kersen mengandung kalium yang berfungsi sebagai pengendali tekanan darah. Baik tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah dapat merasakan manfaat buah kersen dengan mengkonsumsi kersen secara teratur. Mengatasi tekanan darah tidak normal bisa dengan mengkonsumsi buah kersen sampai tekanan darah kembali normal. Dengan tekanan darah yang stabil maka Anda juga bisa terhindar dari serangan stroke akibat tekanan darah tinggi.

Mencegah penuaan dini dan menurunkan berat badan
Khasiat Buah kersen juga bisa dirasakan oleh wanita dewasa yang mulai muncul garis-garis halus pada kulitnya. Kersen kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel rusak sehingga bisa beregenerasi dan menjaga kulit tetap mulus. Selain itu, karbohidrat pada kersen bisa dijadikan sebagai makanan kecil saat diet karena memberi rasa kenyang lebih lama. Lanjut membaca ke artikel tentang manfaat buah pear