Diet Sukses Dengan Satu Buah Pear Sehari

Manfaat buah pear bukan saja hanya sebagai buah meja atau makanan penutup. Pear ternyata mengandung banyak nutrisi khususnya bagi Anda yang sedang menjalani diet. Diet yang baik adalah diet yang menjaga asupan kalori dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan berlemak atau mengandung gula tinggi, namun makanan ini harus dibatasi. Dengan begitu, diet Anda bisa sukses menurunkan berat badan dan menambah kesehatan bagi tubuh. Berikut adalah manfaat pear untuk kesehatan.

manfaat buah pear, cara diet dengan konsumsi buah pear

Mencegah dehidrasi
Untuk melarutkan lemak keluar dari tubuh diperlukan air yang banyak. Kebutuhan air oleh manusia sebagian besar dipenuhi oleh konsumsi air minum minimal 8 gelas per hari. Bila Anda yang sedang diet bosan dengan minum air putih, buah pear bisa menjadi sebagai tambahan suplai air bagi tubuh. Buah pear mengandung banyak air namun sedikit lemak sehingga aman jika dikonsumsi banyak-banyak, terutama untuk yang sedang diet.

Melancarkan pencernaan
Buah pear mengandung serat dua kali lebih banyak dibandingkan buah apel. Satu buah pear mengandung serat kurang lebih sebanyak 6 gram dan memenuhi 20% kebutuhan tubuh akan serat. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan pencernaan. Pencernaan yang lancar akan menyerap zat makanan yang berguna untuk tubuh lalu membuang kelebihan zat yang tidak dibutuhkan bersama dengan feses. Buah pear bila dikonsumsi akan memperpanjang rasa kenyang karena mengandung banyak air dan dicerna perlahan oleh tubuh karena mengandung serat tinggi. Membuang lemak bersama dengan zat beracun lainnya.

Mengurangi kadar kolesterol
Selain mengurangi lemak dalam proses pencernaan, buah pear juga mampu mengurangi kolesterol dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Pektin adalah kandungan buah pear yang bertanggung jawab untuk mengurangi kolesterol dalam darah sehingga tubuh terhindar dari penyakit komplikasi akibat kolesterol tinggi. Manfaat lainnya adalah untuk melancarkan buang air besar sehingga pear bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Pada masa periode diet terutama ketika baru mulai, metabolisme tubuh akan mengalami penyesuaian, di mana daya tahan tubuh cenderung menurun. Daya tahan tubuh yang lemah akan meningkatkan resiko tubuh terkena penyakit. Buah pear kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatan daya tahan tubuh terutama pada saat sedang berdiet. Selain vitamin C, buah pear juga kaya akan vitamin K dan kromium sehingga buah pear adalah sumber antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Kandungan serat dan vitamin pada pear paling banyak terdapat pada kulitnya, sehingga akan lebih baik jika dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya.

Mencegah kanker
Antioksidan pada buah pear juga bisa sebagai pencegah kanker. Kanker terbentuk karena sel-sel yang rusak berkembang biak dengan cepat dan mulai merusak jaringan yang masih sehat. Maka dari itu dibutuhkan zat antioksidan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Mengkonsumsi satu buah pear setiap hari dapat mengurangi resiko kanker usus besar. Selain itu pear juga mengurangi resiko kanker payudara sebanyak 34% pada wanita yang sudah menopause. Kanker payudara pada wanita resikonya memang meningkat setelah mengalami menopause karena produksi hormon kewanitaan yang sudah sangat sedikit.

Demikian beberapa khasiat buah pear baik untuk menu makanan diet atau untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pada intinya buah pear mengandung banyak serat dan mengandung banyak air dan zat antioksidan sehingga bisa memperbaiki sistem tubuh yang rusak akibat radikal bebas atau gaya hidup yang sembaranan.