Ibu Hamil Banyak-Banyaklah Makan Buah Naga Merah

Manfaat buah naga merah tengah menjadi perbincangan di masyarakat yang menyukai tanaman obat herbal. Budidaya naga merah memang sedang menjadi primadona di industri pertanian dan semakin familiar sebagai makanan buah sehari-hari. Buah naga merah memiliki bentuk kulit yang unik seperti sisik naga pada legenda Tiongkok. Tekstur dagingnya mirip dengan buah pir namun lebih lembut, rasanya manis, dan bijinya bisa dimakan begitu saja. Apa saja Khasiat buah naga merah bagi ibu hamil?

manfaat buah naga merah, buah naga merah bagi ibu hamil

Menambah darah
Masalah umum yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah anemia atau kekurangan zat besi dalam darah. Setiap 100 gram buah naga merah mengandung zat besi 0,55 gram sehingga mengkonsumsi buah naga merah secara rutin akan menjauhkan ibu hamil dari anemia. Selain itu sel darah merah juga dibutuhkan untuk mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh bukan hanya ibu hamil, tapi juga si bayi. Bayi dalam kandungan nutrisinya bergantung pada ibu hamil, maka dari itu ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan penambah sel darah merah termasuk naga merah sebagai transportasi nutrisi dan oksigen kepada bayi.

Sumber karbohidrat
Buah naga merah bisa dijadikan salah satu makanan sumber karbohidrat tanpa lemak dan gula berlebih pada ibu hamil. Dalam 100 gram buah naga merah terdapat 9 hingga 14 gram karbohidrat, sementara setiap harinya ibu hamil memerlukan 135 gram per hari. Karbohidrat penting bagi ibu hamil karena sebagai sumber energi utama dan berguna untuk pertumbuhan janin. Maka dari itu tidak disarankan ibu hamil untuk menjalani diet tanpa karbohidrat. Karbohidrat adalah kandungan yang penting dalam buah naga merah.

Mengandung asam folat
Ibu hamil harus banyak makanan yang mengandung asam folat. Asam folat berguna untuk mencegah terjadinya cacat syarat pada janin atau pada saat bayi sudah lahir. Selain mencegah cacat syaraf, manfaatnya buat naga merah pada perkembangan janin adalah merangsang perkembangan sistem syaraf tulang belakang secara optimal. Asam folat juga berfungsi untuk membantu produksi sel darah merah pada ibu hamil.

Sebagai antioksidan
Warna merah pada buah naga merah adalah karena kandungan fitokimia. Fitokimia adalah zat yang terdapat pada buah untuk memberikan warna pada buah. Fitokimia juga merupakan zat antioksidan yang baik untuk membangun dan meningkatkan pertahanan tubuh untuk melawan radikal bebas. Ibu hamil yang mudah terkena penyakit akan membahayakan kesehatan bayi dalam kandungan meskipun penyakitnya relatif ringan.

Sumber vitamin B1
Efek buah naga merah lainnya adalah sebagai sumber vitamin B1 untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Vitamin B1 pada ibu hamil diperlukan untuk  melancarkan pencernaan, membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, membantu penyerapan protein nabati, membantu memecah karbohidrat menjadi energi, dan membantu kerja fungsi saraf. Ibu hamil yang kekurangan vitamin B1 akan mudah lelah dan meningkatkan terkena penyakit beri-beri.

Mengatasi sembelit
Banyak ibu hamil yang mengeluhkan susahnya buang air besar dan sembelit. Hal ini dikarenakan serat yang dikonsumsi ibu hamil belum cukup sehingga pencernaan kurang lancar. Untuk melancarkan pencernaan, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga merah karena buah ini mengandung banyak serat. Kandungan seratnya yang banyak selain untuk melancarkan pencernaan juga baik untuk makanan kecil. Ibu hamil cenderung sering merasa lapar sehingga memakan buah naga merah yang dipotong-potong merupakan makanan kecil yang menyehatkan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.