Ibu Hamil Yang Sering Mual, Makanlah Buah Melon

Manfaat buah melon tidak hanya bisa dirasakan bagi orang yang sedang berdiet menurunkan berat badan. Melon yang segar dan mengandung banyak air juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Wanita yang sedang hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi sendiri dan janin yang dikandung, maka dari itu wanita hamil harus baik-baik menjaga makanan dan hanya mengkonsumsi makanan yang bermanfaat bagi dirinya dan janinnya. Buah melon memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak air sehingga cocok dikonsumsi sebagai pengganti makanan kecil bagi diet ibu hamil. Makanan kecil bagi ibu hamil tentu harus yang bernutrisi dan tidak mengandung banyak garam, gula, dan lemak.

manfaat buah melon, khasiat buah melon untuk ibu hamil


Kandungan utama pada buah melon
Berikut adalah kandungan utama yang terdapat pada buah melon di antara kandungan mineral bermanfaat lainnya:

  1. Vitamin A
Buah melon sebagai sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, kulit, gigi, dan tulang. Vitamin A berpengaruh terhadap sistem daya tahan tubuh di mana jika seseorang mengalami kekurangan vitamin A, maka daya tahan tubuhnya juga berkurang. Ibu hamil dengan daya tahan tubuh rendah rentan terkena penyakit yang dapat membahayakan janin.
  1. Potassium
Potassium pada buah melon berguna untuk menjaga kesehatan jantung bila dikonsumsi secara rutin. Ibu hamil rentan akan tekanan darah tinggi karena aliran darah yang terhambat. Tekanan darah tinggi berpengaruh terhadap kerja jantung sehingga jika tidak dilindungi maka resiko terkena hipertensi dan serangan jantung dapat meningkat.
  1. Likopen
Kebanyakan buah mengandung likopen yang berguna untuk menurunkan resiko sakit jantung sebesar 15%. Buah melon kaya akan likopen dengan khasiat buah melon yang dapat memperbaiki kerusakan sel. Sel yang rusak bila tidak segera diperbaiki bisa menimbulkan beberapa penyakit dan membuat stretch mark yang umum pada ibu hamil sulit hilang.

Manfaat melon untuk ibu hamil
Dikarenakan melon mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B1, kalsium, fosfor, zat besi, anti koagulan, dan karotenoid. 
Berikut adalah beberapa manfaatnya dari melon untuk ibu hamil:

  1. Buah melon yang segar dapat mengurangi rasa panas pada area perut
  2. Mengurangi mual-mual dan morning sickness pada masa kehamilan 3 bulan pertama
  3. Sumber air agar tidak dehidrasi karena melon mengandung 90% air
  4. Membantu janin agar otaknya berkembang, meningkatkan penglihatan, kekuatan otot, dan meningkatkat sistem daya tahan pada janin.

Buah melon mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Setiap 100 gram buah melon terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 14,8 gram, protein nabati sebanyak 1, 55 gram, potassium sebanyak 546 mg, dan vitamin C 75 gram. Selain untuk kesehatan ibu hamil yang telah disebutkan, manfaat buat melon juga untuk mengobati panas dalam, melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit, sebagai antikanker karena kandungan karotenoidnya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah kencing manis atau diabetes dan melancarkan metabolisme tubuh, sebagai antistroke dan mencegah penyakit jantung, mencegah gagal ginjal, dan menyembuhkan eksim atau gatal-gatal. 

Dengan banyaknya khasiat melon untuk kesehatan maka ibu hamil yang memerlukan proteksi lebih, juga baik untuk mengkonsumsi buah melon. Konsumsi buah melon sebaiknya juga dilengkapi dengan makanan sumber nutris lainnya yang memiliki warna-warna yang berbeda, karena setiap warna pada buah atau sayur menunjukkan kandungan yang ada pada masing-masing buah. Lanjut baca mengenai manfaat buah anggur untuk kesehatan