Ini Dia Manfaat Jeruk, Si Buah Asli Asia Tenggara

Bersyukurlah kita yang hidup di Indonesia karena bisa menikmati manfaat buah jeruk dengan mudah mendapatkannya di pasaran. Pasalnya, buah jeruk memang pertama ditemukan di daerah Asia Tenggara, baru kemudian disebarkan ke seluruh dunia! Beruntungnya lagi, manfaat jeruk bagi kesehatan tersebut bisa dinikmati dengan rasanya yang enak, atau rasa yang dinobatkan terlezat ketiga di dunia setelah cokelat dan vanila!

manfaat buah jeruk

  1. Meningkatkan Imunitas
Mengkonsumsi satu buah jeruk ukuran medium bisa memenuhi 72% dari kebutuhan vitamin C tubuh harian lho! Di sini vitamin C juga sangat berperan sebagai antioksidan yang menjaga tubuh dari dampak-dampak negatif radikal bebas yang bersarang di tubuh. Selain itu, vitamin C juga bisa mengurangi peradangan pada imun serta meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit flu, batuk dan infeks-infeksi lain.

  1. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan vitamin C yang kaya oksidan juga membantu menjaga kulit dari dampak paparan radikal bebas yang bisa membuat kulit lebih cepat mengalami penuaan. Selain itu, vitamin C juga menjadi komponen penting dalam sintesis kolagen yang berperan menjaga penampilan dan tekstur kulit secara keselurahan dari keriput dan dampak negatif lain. Jeruk juga mengandung vitamin A yang bagus untuk menjaga membran kulit tetap sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Mata
Selain menjaga membran kulit, vitamin A pada jeruk juga bagus untuk menjaga membran mucus agar mata selalu sehat. Vitamin A ini juga baik untuk membantu proses penyerapan cahaya pada mata, memperlambat proses degenerasi fungsi mata karena usia dan mencegah kebutaan.

  1. Mencegah Sakit Jantung
Radikal bebas efeknya bisa mengganggu organ dalam, termasuk memicu oksidasi kolesterol yang membuatnya menempel pada dinding arteri hingga darah terblokir dan menyebabkan serangan jantung, jantung koroner dan stroke. Vitamin C pada jeruk bisa mencegah pergerakan liar radikal bebas tersebut sehingga jantung terjaga kesehatannya. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan flavonoid seperti hesperidin yang menurunkan kadar kolesterol dan mencegah pemblokiran arteri.

  1. Membantu Perkembangan Otak
Jeruk juga mpunya kandungan asam folat yang menjaga organ vital seperti otak terbantu perkembangannya dan terjaga kesehatannya. Apabila jeruk dikonsumsi pada wanita hamil, janin pun akan terhindar dari kelainan neurologi. Selain itu, bayi yang dilahirkan pun akan lebih bagus fungsi memori otaknya karena mendapat kandungan phytonutrien bernama polyphenol yang juga terkandung dalam jeruk.

  1. Mencegah Kanker
Kandungan D-limonene pada jeruk, ditambah dengan antioksidan dan vitain C-nya sangat agus untuk mencegah dan melawan perkembangan berbagai jenis sel kanker dalam tubuh.

  1. Mencegah Konstipasi
Jeruk merupakan sumber serat yang sangat bagus sehingga bisa membantu sistem pencernaan beserta organ-organnya tetap sehat. Tentu saja, salah satunya bermanfaat untuk melancarkan Buang Air Besar (BAB).

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma
Buat pria, mengkonsumsi jeruk juga memberi manfaat untuk menjaga kualitas sperma tetap bagus dan memastikannya selalu fertil. Hal ini oleh adanya kandungan asam folic yang juga bagus untuk mencegah adanya kerusakan gen pada spema yang bisa berpengaruh pada kelahiran cacat.

  1. Menjaga Stabilitas Gula Darah
Dengan rasanya yang manis, jeruk punya banyak kandungan serat yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Jadi buah jeruk bermanfaat sebagai salah satu treatmen diabetes.

  1. 10. Mencegah Rambut Rontok
Vitamin C punya fungsi memproduksi kolagen yang menjaga jaringan rambut kita. Dengan demikian, khasiatnya dari buah jeruk yang dapat kita peroleh ialah mencegah rambut rontok serta menghindarkan dari kebotakan seakan bertambahnya usia kita. Lanjut ke artikel berikutnya tentang manfaat buah salak