Inilah Nikmat Segarnya Buah Lontar Dan Manfaat Kesehatannya

Manfaat buah lontar selain sebagai bahan minuman segar ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Buah lontar atau yang lebih akrab dengan sebutan buah siwalan tidak biasa dikonsumsi secara langsung. Biasanya buah ini dijadikan minuman segar seperti kolang kaling. Jika dibuka, buah lontar tampak seperti buah kelapa, dan airnya juga bisa diminum seperti air kelapa. Daging buah lontar berwarna putih mirip seperti kolang kaling. Selain sebagai bahan minuman segar, berikut adalah faedah buah lontar dari segi kesehatan.


manfaat buah lontar, khasiat buah lontar, lontar segar

Penambah cairan tubuh
Anda pasti sudah familiar dengan istilah minuman isotonik. Minuman ini sekarang sudah banyak dijual di pasaran sebagai minuman yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas sehari-hari atau karena habis sakit. Jika kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan sistem metabolisme tidak dapat berjalan dengan baik. Satu pohon lontar dapat menghasilkan 6 liter nira yang merupakan cairan isotonik alami. Sayangnya, khasiat buah lontar dari air nira yang banyak dijual di pinggir jalan pantai utara sudah banyak yang dioplos dengan air biasa.

Sumber karbohidrat
Daging buah lontar yang masih muda yang menyerupai kolang kaling mengandung karbohidrat, sukrosa, glukosa, dan air, namun sedikit lemak. Karbohidrat dan glukosa akan dipecah oleh metabolisme menjadi sumber energi. Karena merupakan sumber karbohidrat rendah lemak, buah lontar boleh dikonsumsi oleh ibu hamil sekali-sekali untuk mendapatkan manfaatnya dari buah lontar ini.

Menjaga kesehatan ginjal
Nira yang telah melalui proses fermentasi dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ginjal dan mencegah gagal ginjal. Selain itu nira juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma pada pria dan pada beberapa jenis pohon lontar niranya dapat mengatasi masalah impotensi. Namun harap berhati-hati karena nira yang sudah disadap dan disimpan lebih dari 2 hari akan mengandung banyak alkohol dan menjadi tuak sehingga justru memabukkan.

Menjaga kesehatan mulut
Khasiat buah lontar selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mulut dan membersihkan mulut dari bakteri yang menyebabkan pembusukan gigi dan bau mulut. Untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang bisa dengan merebus arang kulit batang lalu ditambah garam sedikit dan digunakan sebagai obat kumur. Obat kumur sebaiknya dilakukan dua kali sehari seperti sikat gigi yaitu setelah makan dan sebelum tidur malam.

Mempertajam pendengaran
Daging buah siwalan selain enak untuk campuran es dawet juga baik untuk mempertajam pendengaran sehingga baik untuk dikonsumsi para manula. Untuk merasakan fungsi buah lontar mempertajam pendengaran, bahan yang diperlukan adalah 10 butir buah lontar kemudian iris kecil-kecil lalu masukkan ke dalam panci air dan didihkan. Setelah mendidih tambahkan sedikit garam dan gula aren secukupnya untuk memberikan rasa manis. Setelah didinginkan, rebusan buah lontar diminum 3 kali sehari.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membeli buah lontar maupun nira di pinggir jalan. Nira yang didiamkan selama lebih dari 2 hari akan mengandung banyak alkohol, karena itu pastikan nira yang dikemas adalah nira yang baru saja disadap. Untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya, banyak pedagang tidak bertanggung jawab yang sudah mencampur nira atau legen dengan bahan lain sehingga kandungan nira murninya hanya sedikit. Pastikan kemasan nira yang Anda beli tertutup dan tersegel dengan baik karena nira mudah terkontaminasi. Nira pada buah lontar mengandung protein dan karbohidrat yang merupakan media pertumbuhan bagi bakteri. Baca juga Manfaat buah terong