Inilah Nutrisi dan Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh

Manfaat buah duku untuk tubuh didapat karena kandungan nutrisi nya yang diketahui cukup lengkap. Selama ini buah duku lebih sering dikonsumsi sebagai pencuci mulit. Akan tetapi, ada pula yang mengolahnya sebagai isian puding, selai, dan lain-lain. Buah duku yang sudah masak dapat dikenali dari warna kulitnya yang berubah menjadi kekuningan. Beberapa orang mungkin menolak makan buah duku karena menganggap rasanya pahit. Namun, rasa pahit tersebut sebenarnya hanya terasa bila tanpa sengaja Anda menggigit bijinya.

manfaat buah duku, khasiat buah duku, buah duku kaya akan manfaat

Buah duku ternyata memiliki banyak manfaat. Di dalam 100 gram buah duku diketahui terdapat karbohidrat 1 gram, protein 1 gram, lemak 0,2 gam, mineral 0,7 gram, kalori 7 kkal, dan masih banyak lainnya. Bahkan mungkin tidak ada yang pernah menduga kandungan kalori, mineral, dan zat besi dalam buah duku setingkat lebih tinggi dibanding buah jeruk dan apel. Selain itu, buah duku juga kaya kandungan vitamin C dan vitamin E. Buah duku juga menjadi sumber antioksidan alami yang baik. Karenanya manfaat buah-buahan anggota suku Meliaceae ini tidak perlu diragukan lagi. Apa saja manfaatnya untuk tubuh? Berikut diberikan beberapa diantaranya:

  • Mencegah Penuaan Dini
Buah duku bermanfaat mencegah penuaan dini karena kaya akan vitamin C. Vitamin C dalam buah duku akan berperan sebagai antioksidan yang menangkal sejumlah serangan radikal bebas penyebab penuaan dini. Selain itu, serangan radikal bebas juga diketahui cukup berpotensi membawa zat-zat racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Beruntungnya buah duku memiliki antioksidan alami.
  • Menguatkan Gigi dan Menjaga Kesehatan Gusi
Buah duku memiliki kandungan fosfor yang bermanfaat menguatkan gigi. Selain itu, adanya kandungan vitamin C dalam buah duku juga baik untuk merawat kesehatan gusi. Karenanya buah duku baik dikonsumsi yang mana manfaatnya akan terasa lebih optimal bila dikonsumsi secara seimbang dengan buah-buah bermanfaat lainnya seperti buah strawberry, jeruk, dan lemon.

  • Menurunkan Berat Badan
Duku dapat menurunkan berat badan. Sangat cocok untuk mendukung program diet sehat yang tengah dilakukan. Buah duku membantu tubuh memenuhi kebutuhan carnitine. Bila selama ini Anda sudah mencoba menjalankan diet tetapi belum berhasil bisa jadi hal tersebut karena kurangnya carnitine dalam tubuh. Padahal carnitine dibutuhkan guna mengarahkan molekul lemak ke jaringan pembakaran lemak.

  • Meningkatkan Sistem Imun
Seperti yang sudah disebut sebelumnya buah duku kaya vitamin C. Vitamin C tersebut dibutuhkan guna meningkatkan sistem imun tubuh dan berperan penting dalam mempercepat pemulihan sehingga tubuh bisa selalu terasa fit. Misalnya saja para olahragawan atau atlet profesional yang banyak melakukan latihan berat menjelang kompetisi.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan
Buah duku kaya serat yang bermanfaat melancarkan sistem pencernaan. Hal ini sama halnya dengan manfaat buah pepaya. Adapun lebih lanjut kandungan serat buah duku juga bermanfaat meminimalisir risiko kanker saluran pencernaan. Tidak hanya itu saja, buah duku juga dapat mengatasi masalah pencernaan lain seperti diare.

Mengingat banyaknya fungsi buah dukuh yang bisa Anda dapatkan, pastinya menjadi kabar bagi terlebih bagi Anda yang memang pecinta buah duku. Harga buah duku boleh jadi murah dan sangat terjangkau, tetapi siapa sangka di dalamnya terkandung sejuta manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Sekian dan jangan lupa baca pula artikel lain yang tidak kalah menarik. Artikel selanjutnya tentang manfaat buah bengkoang