Jangan Anggap Remeh Buah Salak, Ini Khasiatnya

Manfaat buah salak – Siapa yang tidak mengenal buah salak? Buah yang dalam Bahasa Inggris disebut snake fruit ini adalah salah satu buah meja yang paling populer. Salak memiliki kulit yang bersisik, karena itu disebut dengan snake fruit dengan rasa buah yang sedikit asam namun manis. Selain dimakan langsung, buah salak bisa dimanfaatkan untuk dijadikan makanan lain seperti manisan dan asinan salak, keripik salak, bahkan rujak salak. Salak juga bisa dikalengkan sehingga bisa langsung diolah menjad tambahan bahan makanan lainnya. Selain enak, buah salak ternyata banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

manfaat buah salak, salak kaya manfaat, khasiat salak

Kandungan gizi pada salak
Salak bagi kesehatan tentu dikarenakan kandungan gizinya yang berguna untuk memperbaiki kerusakan pada tubuh dan menangkal bibit penyakit dari luar. Beberapa kandungan nutrisi pada 100 gram salak antara lain adalah:

368 kalori
0,8 protein nabati
90,3 gram karbohidrat
0,4 gram lemak
38 mg kalsium
31 mg fosfor
3,9 mg zat besi
8,4 mg vitamin C

Meningkatkan kecerdasan otak
Kandungan buah salak yang berperan untuk meningkatkan fungsi kecerdasan otak adalah potassium. Potassium dimanfaatkan oleh saraf selain untuk meningkatkan kecerdasan otak, juga digunakan untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi fisiologi tubuh lainnya. Potassium tidak hanya meningkatkan kecerdasan otak namun juga fungsi otak lainnya terutama untuk mengelola informasi dan output yang diterima oleh rangsangan panca indera. Oleh karena itu anak kecil disarankan mengkonsumsi buah salak.

Menjaga kesehatan mata
Salak dapat menjaga kesehatan mata terutama yang berhubungan dengan jarak pandang. Kandungan betakaroten pada buah salak sebanding dengan wortel, sehingga bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan mata selain wortel. Jika dibandingkan dengan buah lain, betakaroten pada salak lebih banyak 5,5 kali dibanding buah mangga, dan 5 kali lebih banyak dibanding buah semangka.

Mencegah sembelit dan menurunkan berat badan
Mitos yang beredar tentang mengkonsumsi buah salak dapat menyebabkan susah buang air besar dipatahkan dengan penelitian yang menyebutkan bahwa kulit ari pada buah salak mengandung banyak serat yang justru bisa melancarkan buang air besar dan menghilangkan sembelit. Banyak orang saat mengkonsumsi salak justru mengupas kulit tipis atau kulit ari yang ada pada daging buah, padahal justru di situlah kandungan serat terbanyak untuk mendapatkan khasiat buah salak yang maksimal. Selain sembelit, buah salak juga mampu mengatasi diare karena mengandung zat tannin.
Karena mengandung serat yang banyak, Anda yang sedang berdiet cocok untuk mengkonsumsi buah salak untuk melancarkan pencernaan dan membuang kelebihan lemak keluar tubuh.

Meningkatkan sistem imun tubuh
Buah salak sebagai antioksidan karena buah salak kaya akan vitamin C. Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang harus dipenuhi dari sumber makanan untuk melindungi tubuh dari berbagai pertumbuhan penyakit, vitamin C juga berfungsi untuk membakar lemak. Bila sistem imun atau daya tuhun kuat, maka akan sulit bagi sel berpenyakit untuk berkembang dan menyerang sel sehat lainnya. Untuk mendapatkan manfaatnya dari buah salak secara optimal, konsumsi buah salak sebanyak 2 sampai 3 buah dalam sehari di sela-sela waktu makan dilengkapi dengan sumber makanan bernutrisi tinggi lainnya.
Lanjut membaca ya tentang manfaat buah Kiwi