Jenis Vitamin B1,2,3,4,5,6 Dan Manfaatnya

Vitamin B adalah salah satu bentuk vitamin yang dapat larut dalam air. Pada mulanya, viatamin yang satu ini hanya diketahui sebagai bentuk vitamin B saja, akan tetapi seiring berjalannya penelitian, maka diketahuilah behwa vitamin yang satu ini memiliki varian lainnya yang berbeda. Varian vitamin B tersebut terlihat melalui karakteristik dari struktur kimianya yang berbeda antara satu dengan yang lain, namun tetap dapat disandingkan dengan sesamanya. Meskipun terbentuk dalam karakter yang berbeda, viatamin ini juga memiliki manfaat yang cukup menarik antara satu sama lainnya, seperti halnya yang akan dijelaskn pada bagian di bawah ini :

manfaat vitamin b, pengertian vitamin b, fungsi vitamin b, presentasi vitamin b

Vitamin B1
Jenis vitamin B yang satu ini banyak sekali ditemukan dalam berbagai jenis makanan yang berbeda, seperti halnya pada gandum, daging, ragi, kacang-kacangan, dan juga berbagai macam jenis biji-bijian lainnya. Dalam makanan tersebut vitamin B1 ini, sangat penting dalam tubuh yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan apabila Anda kekurangan akan vitamin tersebut, maka Anda  bisa terkena oleh penyakit yang bernama beri-beri. Selain itu, apabila seseorang kekurangan vitamin B tersebut, ia juga dapat menderita penyakit lainnya, seperti terganggunya saluran pencernaan, fungsi jantung yang tidak dapat bekerja secara maksimal, dan juga sistem saraf manusia yang mulai melemah. Hal ini dikarenakan vitamin tersebut juga memiliki peran penting dalam memecahkan karbohidrat menjadi gula dalam tubuh manusia itu sendiri.

Vitamin B2
Manfaat vitamin B yang satu ini dapat dikatakan lebih banyak dari pada vitamin yang sudah dijelaskan tadi di atas. Hal ini terbukti melalui fungsinya yang beraneka ragam, bahkan selain fungsi yang sama dengan jenis vitamin di atas tadi. Vitamin B2 ini lebih dikenal denga istilah Riboflavibn, sementara untuk manfaat yang dimilikinya selain yang sudah dijelaskan diantaranya seperti baik untuk menjaga kulit. Kemudian dapat menyehatkan lapisan usus, dan juga menjaga sel-sel darah agar tetap dalam keadaan yang sehat. Bahkan vitamin yang satu ini juga dapat meningkatkan energi, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta mengobati penyakit lainnya, baik itu jerawat membandel, keram otot, atau bahkan carpal tunnel.

Vitamin B3
Niasin adalah istilah vitamin B yang satu ini, apabila seseorang mengalami kekurangan atas vitamin tersebut maka orang itu bisa menderita salah satu bentuk penyakit yang bernama pellagra. Penyakit ini adalah jenis penyakit yang ditimbulkan dari kekurangan atas vitamin itu sendiri. Gejala yang biasanya terjadi dari penyakit ini diantaranya adalah radang selaput lendir, diare, dan juga demensia. Oleh sebab itulah orang-orang dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin B yang satu ini, diantara makanan tersebut adalah jenis dari kacang-kacangan, susu, ikan dan juga berbagai macam daging yang tidak mengandung lemak. Vitamin ini biasanya sangat bermanfaat untuk memabntu menjaga kolesterol tinggi yang dimilkiki oleh seseorang.

Vitamin B5
Vitamin B5 atau lebih dikenal dengan istilah asam pantotenat merupakan bagian vitamin B yang sangat baik bagi sistem pertumbuhan dan juga hormon yang dimiliki seseorang. Vitamin yang satu ini biasanya cukup banyak terkandung dalam jenis makanan seperti brokoli, kubis, alpukat, kentang, dan juga susu.  Vitamin ini juga seringkali dibutuhkan oleh tubuh untuk memecahkan karbohidrat dari lemak agar berubah menjadi bentuk energi.

Vitamin B6
Vitamin B yang satu ini memiliki bentuk fungsi vitamin B yang berbeda, diantaranya untuk menurunkan terjadinya resiko penyakit jantung, dan juga stroke. Oleh sebab itulah apabila Anda mengalami kekurangan dari jenis vitamin yang satu ini, maka Anda dapat mengalami anemia, ruam, depresi atau bahkan perasaan merasa seperti kebingungan. Kandungan vitamin B ini cukup banyak ditemukan pada berbagai macam jenis buah-buahan, kecuali buah jeruk, dan juga pada daging, baik itu unggas, atau bahkan ikan. 
Baca juga manfaat vitamin C