Kiwi: Buah Unik Yang Menyimpan Manfaat Lebih Besar Dari Ukurannya

Manfaat buah kiwi sudah tidak diragukan lagi karena buah ini berasal dari Cina, negara dengan resep obat tradisional yang kemanjurannya telah mendunia. Pada awalnya buah yang berbentuk seperti telur dengan daging berwarna hijau ini bernama Grosberi Cina. Baru pada tahun 1950-an untuk nama yang lebih komersil demi kepentingan ekspor, Grosberi Cina berubah nama menjadi kiwi. Buah kiwi mempunyai rasa yang unik dengan tekstur yang halus dan meskipun enak dimakan langsung, buah ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.

manfaat buah kiwi, buah kiwi kaya manfaat, fungsi buah kiwi

Sebagai antioksidan dan mencegah hipertensi
kiwi sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori sehingga pas untuk menu diet. Dalam 100 gram buah kiwi hanya terdapat 61 kalori, karbohidrat 14 gram, gula 8,9 gram, serat pangan 3 gram, lemak 0,52 gram, dan protein 1, 14 gram. Selain itu buah kiwi mengandung thiamin, riboflavin, niasin, vitamin C, E, K, folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

Menurut hasil penelitian, kandungan antioksidan pada kulit buah kiwi lebih banyak 3 kali lipat dibandingkan dengan dagingnya. Antioksidan yang banyak dapat membantu tubuh untuk mencegah kanker, baik kanker serviks maupun jenis kanker lainnya, mencegah peradangan dan iritasi, mencegah alergi, dan menghindarkan manusia dari keracunan makanan akibat bakteri. Selain itu pada kulit kiwi juga mengandung vitamin E dan flavonoid yang tinggi. Vitamin E berguna untuk kesehatan kulit. Anda bisa membuat smoothies buah kiwi utuh bersama dengan kulitnya dicampur dengan stroberi, jus jeruk, dan yoghurt tanpa rasa untuk merasakan dari kiwi ini
Kandungan flavonoid pada buah kiwi juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 3 buah kiwi setiap hari selama 8 minggu akan menurunkan tekanan darah yang tinggi. Mengkonsumsi buah kiwi 3 kali sehari bahkan menurunkan tekanan darah tinggi lebih banyak dibandingkan mengkonsumsi buah apel sekali sehari.

Buah kiwi mengatasi masalah kardiovaskular
Khasiat buah kiwi yang lain adalah mencegah pembekuan darah, melancarkan sirkulasi darah, dan mengurangi kadar lemak pada darah. Mengkonsumsi buah kiwi setiap hari sebanyak 2 sampai 3 kali dapat mengurangi trigliserida atau lemak dalam darah sebanyak 15%. kiwi dapat melancarkan sirkulasi darah berpengaruh terhadap kesehatan jantung dan organ lainnya yang bergantung pada zat nutrisi yang dibawa oleh darah. Selain untuk kesehatan jantung, sirkulasi darah yang lancar akan mengurangi resiko terkena stroke. Stroke diakibatkan karena kurangnya aliran oksigen ke otak karena aliran darah terhambat.

Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin
Kiwi dapat memenuhi kebutuhan asam folat pada ibu hamil yang membutuhkan 400 hingga 800 mg asam folat setiap harinya. Asam folat sangat diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin agar dapat lahir menjadi bayi yang sehat dengan nutrisi yang tercukupi. Buah kiwi juga membantu mengurangi resiko cacat saraf pada bayi dan membantu perkembangan otak pada bayi.
  
Ibu hamil juga harus menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik. Buah kiwi kaya akan vitamin C dan sumber antioksidan yang baik sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan. Apabila ibu hamil mudah terserang penyakit meskipun termasuk jenis penyakit yang sepele seperti influenza biasa, hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan janin dan bisa menyebabkan daya tahan janin rendah. Maka dari itu ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi buah kiwi 2 sampai 3 buah sehari untuk mendapatkan manfaatnya dari buah kiwi ini. Yuk simak artikel selanjutnya tentang manfaat buah manggis