Manfaat Buah Apel

Apel memang buah yang tidak asing bagi penduduk di Indonesia, buah ini memiliki rasa manis yang sangat menggoda, serta banyak sekali kandungan air yang terdapat di dalamnya. Buah apel memang tidak hanya memiliki 1 buah warna, namun beberapa warna yaitu merah, hijau, atau kuning, warna yang dimiliki buah apel bergantung pada jenis apel tersebut. Menurut berbagai sumber buah apel adalah buah yang pertama kali muncul sebagai tanaman pertanian. Namun jangan salah, manfaat buah apel tidak perlu diragukan lagi.

Manfaat Buah Apel, khasiat apel

Apel digunakan untuk diet

Apel yang di gunakan untuk diet memang bukan menjadi rahasia lagi. Bagi para pelaku diet, buah ini adalah buah yang sangat wajib di masukkan kedalam jajaran menu yang di konsumsi ketika diet. Apel sendiri mempunyai cara kerja tersendiri. Buah ini memang membuat kita lebih kenyang terlalu lama di bandingkan dengan makanan yang lain. Tentu saja hal ini lebih membantu kita dalam mengontrol asupan makanan yang masuk kedalam perut. Setelah kita memakan apel, dengan sendirinya perut kita akan merasa kenyang pada waktu lama. Apel juga tidak mempunyai kandungan lemak yang sangat banyak, melainkan apel kaya dengan kandungan seratnya. Oleh sebab itu buah ini menjadi pelopor diet bagi kaum hawa.

Pencegah wasir

Wasir ialah sebuah penyakit dimana urat mengalami pembengkakan di daerah anal, meskipun tidak sampai menimbulkan kematian, penyakit ini tidak boleh disepelehkan, karena penyakit ini berhubungan erat dengan pembuluh darah dan mengakibatkan rasa perih yang sangat menyakitkan. Itulah sebabnya penyakit ini tidak boleh disepelehkan. Wasir disebabkan karena banyaknya tekanan yang berada di daerah panggul serta dubur. Dengan mengonsumsi buah apel yang kaya serat dapat membantu dalam tindakan mengejan. Tidak akan lagi ada peristiwa mengejan yang terlalu ekstrim, tentu saja cara ini akan membantu dalam meringankan wasir.

Menurunkan kolesterol

Apel yang kaya dengan serat yang berfungsi untuk menghancurkan lemak-lemak jahat yang berada di usus. Nutrisi yang saling bertarung ini karna membantu menurunkan kadar penyerapan LDL atau yang lebih sering di sebut kadar kolesterol jahat. Bila kolesterol jahat berkurang tentu saja dengan sendirinya kolesterol bak akan bertambah. Kemudian penyerapannya pun juga bertambah. Hal inilah yang berperan aktif dalam menurunkan kolesterol. Bertambahnya kolesterol baik tentu saja akan menormalkan kadar kolesterol yang berada di tubuh anda.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di musim pancaroba seperti ini, kekebalan tubuh sangatlah terganggu. Namun anda bisa meningkatkannya dengan menggunakan bahan alami seperti apel. Apel ini memang di kenal sebagai peningkat system kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C. Selain itu apel juga mengandung antioksidan yang sering disebut dengan flavonoid. Kandungan ini sangat banyak terdapat di apel yang mempunyai kulit merah. Flavonoid tersebut akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada diri anda, dengan cara meningkatkan system imun. System imun akan membangun tameng yang berguna untuk menghindari berbagai virus penyakit.

Mencegah penyakit asthma

Penyakit asthma memang penyakit yang sangat mendunia. Penyakit ini tidak memandang usia, entah muda atau tua, laki-laki ataupun perempuan. Penyakit ini disebabkan oleh rusaknya paru-paru, walaupun penyakit ini adalah salah satu penyakit umum, namun penyakit ini tidak bisa begitu saja di sepelekan. Mengobati asthma dapat dilakukan dengan menggunakan apel. Walaupun mengobatinya harus dengan sabar, namun akan dapat sembuh nantinya. Buah apel mengandung fitokimia serta polifenol. Kandungan inilah yang membantu untuk memulihkan penyakit asthma. Banyak sekali penelitian beredar, anak-anak yang rajin dalam mengonsumsi buah apel lebih kecil kemungkinannya mengidap penyakit ini.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Buah apel akan sangat membantu dalam menolak radikal bebas yang berpotensi menjadi penyakit diabetes. Mengingat diabetes sendiri merupakan penyakit yang sangat mematikan maka apel sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan serat serta pektin yang mempunyai peranan mengendalikan kadar gula kedalam tubuh, dan hal ini dapat dengan mudah di temukan pada buah apel. Penelitian membuktikan bahwa wanita yang setiap harinya mengonsumsi 1 buah apel, akan kecil sekali kemungkinan ia mengidap penyakit diabetes hingga 25%, jika di bandingkan dengan wanita yang tidak pernah mengonsumsi buah apel.

Mencegah timbulnya batu empedu

Sebenarnya, batu empedu sendiri terbentuk dikarenakan empedu mempunyai terlalu banyak kolesterol yang terkandung di sana. Kolesterol ini akan mengeras dan akhirnya menjadi batu. Untuk mengurangi kolesterol yang terkandung dalam tubuh tentu saja para ahli medis menyarankan pasiennya untuk menjalankan diet ketat. Tentunya diet ketat ini di bantu oleh buah apel sebagai peran utamanya. Dengan berkurangnya kadar kolesterol tentu saja pengerasan batu empedu bisa dengan mudah di kurangi, dan akhirnya anda akan terbebas dari penyakit ini.

Mencegah katarak secara alami

Buah apel memang banyak mengandung vitamin A, tentu saja hal ini akan membantu menguatkan organ mata, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang sering mengonsumsi apel akan lebih kecil kemungkinan menderita katarak di masa tuanya daripada orang yang jarang sekali mengonsumsi apel. Mengonsumsi apel akan mengurangi resiko terkena katarak sebesar 10 hingga 15%. Sangat berpengaruh sekali bukan? Maka dari itu konsumsi buah memang sangat di perlukan.

Memutihkan gigi

Bila anda ingin membuat gigi anda menjadi lebih putih, tidak perlu membutuhkan waktu lama. Dengan hanya mengonsumsi apel, akan dapat membuat gigi anda menjadi lebih putih. Caranya dengan menggigit buah apel pada saat memakannya hal ini seperti kita menggosok gigi pada umumnya. Hal ini juga bisa membantu anda dalam mengurangi kerusakan pada gigi. Buah apel sendiri ialah sikat serta pasta gigi yang sangat alami. Tidak heran, para dokter memang sering menganjurkan pasiennya untuk memperbanyak mengonsumsi buah apel. Hal ini sangat membantu anda dalam memutihkan gigi serta mengurangi kerusakan pada gigi.

Pencegah kanker kulit

Salah satu vitamin alami yang berguna untuk mencegah kanker kulit adalah buah apel. Buah ini mengandung vitamin A yang sangat berperan dalam mengurangi resiko terkena kanker kulit. Pada wanita resiko kanker kulit akan di kurangi hingga 4% sedangkan untuk kaum pria hingga 5%. Pencegahan kanker kulit ini dengan cara mengonsumsi apel secara teratur pagi dan sore. Lebih baik mengonsumsi apel sesudah makan siang dan makan malam.

Khasiat buah apel memang tidak bisa kita rasakan dalam waktu singkat. Namun membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk dapat merasakannya, karena apel merupakan vitamin yang alami. Namun jangan khawatir, karena buah ini banyak sekali mengandung vitamin, tentu saja tidak akan ada efek samping nantinya bila anda rajin mengonsumsinya, malah berbagai manfaat akan dapat anda rasakan nantinya, kulit lebih putih dan cerah yang menjadi dambaan anda pun bisa juga anda dapatkan dengan cara rajin mengonsumsi buah apel ini. Baca juga manfaat buah alpukat.