Mengupas Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat buah bengkoang untuk kesehatan ibu hamil ternyata sangat luar biasa. Buah bengkoang mungkin tidak begitu populer dan lebih kerap disantap setelah dibuat menjadi rujak atau olahan makanan lainnya. Umumnya buah bengkoang digunakan untuk perawatan kulit karena memang bermanfaat memutihkan kulit secara alami. Karenanya buah mengkoang sering hadir sebagai produk kecantikan baik masker wajah, masker tubuh, atau body lotion.

manfaat buah bengkoang, bengkoang untuk ibu hamil, bengkoang banyak manfaat

Sebenarnya selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, buah bengkoang juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Tidak dipungkiri ibu hamil membutuhkan asupan gizi lengkap guna menunjang pertumbuhan janin dan menjaga kesehatan ibu hamil itu sendiri. Lalu apa saja manfaat dari buah bengkoang? Anda penasaran? Berikut ulasan lebih lengkapnya:

  • Memperkuat Tulang dan Gigi
Ibu hamil tidak jarang bermasalah dengan kesehatan tulang dan gigi. Pasalnya saat hamil asupan kalsium juga digunakan untuk proses pertumbuhan janin dalam kandungan. Adapun kesehatan gigi ibu hamil bisa pula terganggu bila tidak diimbangi dengan menjaga kebersihan gigi dan ibu cenderung gemar mengonsumsi cokelat, permen, atau makanan manis lainnya. Dalam hal ini buah bengkoang baik dikonsumsi karena memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi. Kandungan fosfor dan kalsium dalam buah bengkoang pun dapat memperkuat tulang dan gigi. Adapun juga diketahui dapat meminimalisir risiko osteoporosis.

  • Aman Untuk Penderita Diabetes
Bagi ibu hamil yang menderita diabetes memang cukup berisiko pada kesehatan bayi. Dari beberapa kasus ibu penderita diabetes yang hamil biasanya akan melahirkan bayi dengan ukuran tubuh yang cenderung lebih besar dibanding ukuran normal. Adapun untuk kesehatan ibu penderita diabetes dan bayi buah bengkoang baik dikonsumsi. Hal ini karena buah bengkoang kaya akan kandungan gula alami oligosakarida yang sering pula disebut inulin. Sejumlah negara memilih inulin sebagai pengganti gula yang mana efektif dalam rangka menurunkan kalori berlebih dalam tubuh. Pasalnya inulin bersifat sukar dicerna sehingga cocok dana aman untuk ibu hamil penderita diabetes.

  • Melembabkan Kulit
Hamil tidak berarti menjadi alasan untuk tidak memperhatikan kesehatan kulit. Dalam hal ini ibu hamil dapat memanfaatkan sari pati buah bengkoang sebagai masker wajah dan masker tubuh. Masker buah bengkoang bermanfaat dalam proses regenerasi sel kulit. Sel-sel kulit yang rusak dan mati akan digantikan dengan sel-sel kulit baru. Lebih lanjutnya buah bengkoang bisa pula dimanfaatkan untuk menurunkan demam karena tingginya kadungan mineral dalam buah bengkoang. Dari hasil study diketahui dalam buah bengkoang terdapat kandungan mineral sebesar 86%-90%.

  • Melancarkan ASI
fungsi bengkoang tidak hanya baik untuk ibu selama masa kehamilan saja, tetapi secara lebih lanjut baik pula untuk masa-masa pasca melahirkan. Mengonsumsi buah bengkoang akan memberi nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin yang dikandung. Mengonsumsi buah bengkoang setelah melahirkan pun bermanfaat baik salah satunya melancarkan ASI. Dengan demikian, bila ibu memiliki masalah dengan ASI yang tidak keluar tidak perlu khawatir. Mengonsumsi buah bengkoang dapat melancarkan ASI sehingga bayi tetap medapatkan asupan gizi secara optimal.

Demikian beberapa Khasiat buah bengkoang untuk kesehatan ibu hamil. Jadi mulai dari sekarang tidak ada salahnya membiasakan mengonsumsi buah bengkoang untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Buah bengkoang bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah sebagai jus yang menyegarkan. Sekian dan semoga memberi ulasan menarik yang bermanfaat. Baca juga artikel tentang Manfaat Buah Tin