Manfaat Buah Srikaya Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat buah srikaya menjadi suatu hal yaang sangat wajib untuk diketahui. Pasalnya buah dengan rasa manis dan segar ini menyimpan cukup banyak khasiat rahasia, mulai dari buah, daun, biji hingga ke batang dan akarnya. Tentunya sangat rugi sekali bukan jika sampai Anda tidak mengetahui beragam manfaat tersebut.
Srikaya sendiri termasuk dalam golongan pohon buah-buahan kecil yang umumnya tumbuh di tanah kering, berbatu, serta terkena matahari secara langsung. Tumbuhan yang berasal dari Hindia Barat ini juga baru dapat berbuah ketika berumur tiga hingga lima tahun. Srikaya seringkali ditanam di pekarangan rumah, dibudidayakan secara khusus, maupun tumbuh liar. Bahkan pohon buah yang satu ini dapat ditemukan hingga mencapai ketinggian 800 meter dpi. Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk mengetahui khasiat dari buah srikaya, silahkan simak pembahasan dibawah ini.

Manfaat Buah Srikaya, Khasiat Manfaat Buah Srikaya, sarikaya banyak manfaat

Membantu untuk mencegah asma
Apakah Anda atau salah seorang anggota keluarga Anda adalah seorang pengidap asma? Buah sarikaya akan membantu Anda untuk menemukan solusi penanganan penyakit asma, cara ini juga sangat direkomendasikan. Srikaya dipercaya memiliki kandungan vitamin C sebesar 151% yang merupakan antioksidan serta berfungsi penting dalam mencegah pertumbuhan penyakit asma. Tentunya akan jauh lebih aman jika melakukan penanganan asma dengan bahan alami dari khasiat buah srikaya.

Membantu menjaga kesehatan jantung
Buah srikaya memiiki kandungan vitamin B6 dengan jumlah mencapai 25% yang dipercaya mampu mencegah perkembangan homocystein. Dimana zat homocytein dengan jumlah yang besar dapat menyebabkan atau mengakibatkan terjadinya jantung koroner serta stroke. Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam buah srikaya memiliki fungsi penting yang bertugas untuk mencegah terjadinya jantung koroner dan stroke akibat dari zat tersebut.

Membantu pengontrolan kadar gula darah
Hanya cukup dengan mengonsumsi dua buah srikaya saja Anda sudah dapat memenuhi sekitar setengah kebutuhan serat dalam tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi buah srikaya secara rutin Anda juga dapat terhindar dari resiko diabetes tipe 2 karena kandungan serat sebesar 44% dalam buah manis ini sangat berguna untuk menstabilkan kadar gula darah.

Membantu tubuh untuk menghasilkan energi
Jika Anda merupakan seseorang yang memiliki begitu banyak aktivitas hingga membuat Anda seringkali merasa lelah, maka Anda dapat memanfaatkan buah sarikaya. Di dalam buah srikaya mengandung thiamin yang sangat berfungsi untuk mengubah gula di dalam darah menjadi sumber energi.

Menurunkan tekanan darah
Tahukah Anda jika buah srikaya juga mengandung potassium? Kandungan potassium di dalam buah srikaya ini memiliki fungsi penting bagi kesehatan tubuh Anda, yaitu untuk menurunkan tekanan darah. Caranya adalah dengan mengontrol efek yang diakibatkan sodium di dalam tubuh Anda.

Membantu menangani anemia
Bagi Anda yang menderita masalah anemia atau kekurangan sel darah merah, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah srikaya. Hal ini dikarenakan buah srikaya selain memiliki kandungan zat besi juga sangat berfungsi sebagai ekspektoran, stimulan serta haematnic. Semua manfaatnya buah srikaya tersebut sangat berguna untuk mengobati atau menangani penyakit anemia.

Sekian beberapa khasiat atau manfaat dari buah sarikaya yang baik bagi kesehatan. Semoga setelah membaca ulasan pada artikel ini serta mengetahui berbagai manfaat yang terdapat pada buah srikaya, Anda yang pada awalnya tidak mengukai buah dengan rasa manis ini dapat mulai tertarik untuk mengonsumsinya. Setidaknya sebagai pelengkap kebutuhan makanan sehat bagi tubuh.