Manfaat Buah Mahkota Dewa dan Cara Penggunaannya

Manfaat buah mahkota dewa dapat berpengaruh baik pada banyak aspek dari kehidupan kita. Mahkota dewa merupakan buah yang asli dari kawasan Indonesia yaitu dari daerah Papua. Manfaat kesehatan dari buah mahkota dewa pada awalnya ditemukan oleh peneliti dari IPB pada tahun 2007. Sejak saat itu, khasiat buah mahkota dewa menjadi terkenal di seluruh pelosok negeri. Manfaatnya buah mahkota dewa telah terkenal sebagai obat yang alami dan tradisional namun dapat secara ampuh mengobati segala macam penyakit yang mengancam kesehatan tubuh.

khasiat mahkota dewa, manfaat buah mahkota dewa

Berbagai zat aktif yang ada dalam buah mahkota dewa
Manfaat alami dari buah mahkota dewa tidak terlepas dari kandungan zat aktif yang ada dalam buah ini. Beberapa zat aktif yang terkandung dalam buah mahkota dewa antara lain adalah alkaloid yang mampu berfungsi untuk proses detoksifikasi yang pastinya berguna dalam menetralisir berbagai jenis racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu terdapat saponin yang dapat bermanfaat untuk zat anti bakteri serta anti virus sehingga dapat meningkatkan sistem dari kekebalan tubuh, mengurangi tingkatan kadar gula yang ada dalam darah, dapat membantu menambah vitalitas tubuh dan juga dapat berguna untuk mengurangi adanya penggumpalan darah. Terdapat juga zat flavonoid yang dapat berguna untuk mencegah penyumbatan pada pembuluh darah dan dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh, dapat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan juga dapat membantu untuk mengurangi penumpukan lemak di dinding pembuluh darah. Zat flavonoid juga dapat berfungsi secara efektif untuk mengurangi adanya potensi penyakit jantung koroner. Dalam buah mahkota dewa juga terkandung polifenor yagn mampu berguna untuk zat anti alergi atau anti histamine.

Cara penggunaan buah mahkota dewa
Untuk bisa mendapatkan Ramuan buah mahkota dewa, maka perlu adanya peracikan buah ini menjadi obat alami untuk menyembuhkan penyakit. Berikut ini cara cara pengolahan buah mahkota dewa agar anda bisa memperoleh khasiatnya dari buah mahkota dewa dengan optimal.

Mahkota dewa sebagai obat diabetes mellitus
Untuk membuat obat herbal untuk penyembuhan diabetes mellitus dari mahkota dewa, maka anda akan membutuhkan buah mahkota dewa sebanyak 5 sampai dengan 6 buah. Iris tipis tipis buah mahkota dewa tersebut. Lalu anda rebus buah mahkota dewa yang telah diiris dengan tipis menggunakan air dalam jumlah 5 gelas. Minum ramuan ini 3 kali dalam satu hari dengan takaran 1 gelas setiap minum.

Mahkota dewa sebagai obat tumor dan kanker
Bahan bahan yang diperlukan antara lain adalah daging buah mahkota dewa yang telah kering sebanyak 5 gram, temu putih sebanyak 15 gram, sambiloto yang kering sebanyak 10 gram, cakar ayam yang kering sebanyak 15 gram dan air matang sebanyak 5 gelas. Untuk membuatnya, anda hanya perlu merebus semua bahan menjadi satu hingga rebusan mencapai 3 gelas air saja. Kemudian saring hasil air rebusan tersebut. minumlah ramuan ini 3 kali dalam satu hari dengan takaran 1 gelas setiap minum.

Mahkota dewa untuk obat asam urat dan rematik
Untuk membuat ramuan mahkota dewa sebagai obat asam urat dan juga rematik, maka anda akan memerlukan bahan bahan antara lain adalah daging buah dari mahkota dewa sebanyak 5 gram, sambiloto yang kering sebanyak 10 gram, akar sidaguri sebanyak 15 gram, serta air bersih sebanyak 5 gram. Untuk membuatnya anda perlu merebus semua bahan tersebut menjadi satu dan biarkan hingga air hasil rebusan mencapai 3 gelas saja. Kemudian disaring dan minum 3 kali dalam satu hari.