Manfaat Manisnya Buah Sawo Untuk Kesehatan Manusia

Manfaat buah sawo sudah tidak diragukan lagi sebagai makanan diet atau sebagai makanan untuk menjaga kecantikan pada wanita. Sawo yang pada umumnya memiliki kulit dan daging berwarna coklat ini memiliki rasa yang manis dan tekstur agak sedikit kasar. Biji sawo terutama jenis sawo kecik pada jaman dulu digunakan sebagai biji permainan tradisional dakon. Sekilas buah ini mirip dengan kiwi karena bentuknya yang seperti telur, namun kulit sawo tidak berbulu seperti buah kiwi. Beberapa Khasiat buah sawo untuk kesehatan dan kecantikan adalah sebagai berikut.


manfaat buah sawo, khasiat buah sawo, buah sawo matang

Menjaga kesehatan mata
Selain wortel dan kiwi, sawo ternyata juga banyak mengandung vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang diperlukan oleh kesehatan mata terutama untuk menjaga jarak pandang penglihatan mata. Sebelum mata mengalami masalah terutama dalam jarak pandang, sebaiknya sejak awal Anda sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A termasuk buah sawo.

Mencegah kanker
Sawo adalah sumber antioksidan yang tinggi sehingga bisa melawan masalah kesehatan akibat radikal bebas. Radikal bebas bisa bersumber dari internal tubuh bisa juga dari eksternal seperti polusi udara dan sinar UV matahari. Jika radikal bebas bersarang dalam tubuh dan berkembang dalam jangka waktu lama maka bisa menyebabkan penyakit kanker. Kandungan antioksidan pada buah sawo bisa mengurangi resiko terkena kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Mencegah kanker dan menangkal radikal bebas.

Menjaga kecantikan kulit
Buah sawo mengandung banyak vitamin E yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Setiap wanita pasti ingin terlihat awet muda. Salah satu masalah pada wanita dewasa di atas 40 tahun adalah kulit yang sudah mengendur dan menggelambir. Dengan mengkonsumsi buah sawo secara rutin maka efek buah sawo bisa dirasakan dengan kulit yang lebih kencang dan elastis karena kandungan vitaminnya sebagai kolagen alami. Vitamin E pada buah sawo juga bermanfaat untuk menyegarkan kembali kulit yang kusam dan membuatnya lebih berseri dan bercahaya secara alami.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kalsium dan fosfor banyak terdapat pada buah sawo. Kalsium dan fosfor berfungsi sebagai bahan penguat bagi tulang dan gigi sehingga tidak mudah keropos dan tanggal.  Bila tubuh kekurangan kalsium maka tulang akan lunak dan tidak mampu untuk menopang berat badan tubuh sehingga menyebabkan kelumpuhan. Gigi yang mudah keropos juga akan merusak sistem syaraf yang langsung terhubung ke otak.

Sebagai nutrisi ibu hamil
Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah sawo sebagai salah satu menu makanan sehatnya. Buah sawo mengandung asam folat yang berguna untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Asam folat juga berfungsi untuk merangsang pembentukan sel darah merah sehingga ibu hamil terhindar dari anemia. Vitamin C yang banyak terdapat pada buah sawo juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada ibu hamil. Ibu hamil rentan terkena penyakit karena daya tahan tubuh yang cenderung melemah selama masa kehamilan. Asupan vitamin C yang cukup juga berguna untuk membangun sistem imun pada janin.

Membantu pertumbuhan anak kecil
Buah sawo kaya akan zat antioksidan yaitu tannin yang berguna sebagai antiradang, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Kandungan sawo juga membantu tubuh untuk memproduksi senyawa enzim yang berguna untuk pertumbuhan sistem metabolisme dan perkembangan jaringan tubuh pada anak kecil. Maka buah sawo dapat bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang anak, bisa anda berikan sejak anak berusia 6 tahun.
Baca juga manfaat buah kersen