Manfaat Nutrisi Untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena dengan kesehatan terjaga tentu saja nantinya semua aktivitas akan dapat diselesaikan dengan baik dan maksimal. Untuk bisa menjaga kesehatan tentu saja membutuhkan beberapa hal yang perlu dilakukan, salah satunya adalah dengan memenuhi semua kebutuhan asupan nutrisi. Nutrisi sendiri bisa didapatkan dari makanan yang bergizi. 
Nutrisi sendiri memiliki banyak sekali manfaat, adapun beberapa manfaat nutrisi sendiri adalah untuk bertahan hidup, semua organ tubuh baik dalam maupun luar tentu saja membutuhkan nutrisi untuk bisa bekerja secara maksimal dan pertumbuhan tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi. Beberapa jenis nutrisi sendiri terdiri dari lemak, karbohidrat, serat, protein, vitamin, mineral dan juga air. 

Manfaat Nutrisi Untuk Kesehatan Tubuh, Pengertian Nutrisi

Semua jenis tersebut sangat penting dan memiliki fungsi masing – masing. Nutrisi sendiri diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu nutrisi makan dan juga nutrisi dasar. Untuk nutrisi makanan sendiri bisa didapatkan dari makanan yang menjadi asupan sehari – hari, sedangkan nutrisi dasar merupakan nutrisi yang mana diproduksi oleh tubuh dan tidak perlu didapatkan dari asupan makanan.

Beberapa jenis nutrisi tersebut tentu saja memiliki fungsi sendiri – sendiri, 
adapun beberapa fungsi dan juga 
khasiat nutrisi yang berasal dari asupan makanan adalah sebagai berikut:

1.     Lemak.
Di setiap gram lemak menghasilkan 9 kalori energy yang mana menjadi nutrisi penghasil energy yang bisa dibilang paling kuat sehingga tubuh hanya membutuhkan asupan lemak sedikit. Lemak juga menjadi peranan yang cukup penting di dalam membentu membrane yang mengelilingi sel di dalam tubuh sehingga dapat membantu untuk pembekuan darah. Saat dicerna dan juga diserap oleh tubuh, lemak sendiri membantu untuk penyerapan vitamin tertentu dan lemak sendiri disimpan di dalam bantalan organ penting yang ada di dalam tubuh sehingga membantu untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin yang berlebihan.

2.     Karbohidrat.
Asupan nutrisi ini menjadi sumber utama untuk memperoleh energy, karbohidrat sendiri tersusun dari hydrogen, atom carbon dan oksigen. Dan pada saat glukosa diproses serta diolah, nantinya akan menghasilkan energy yang mana digunakan untuk melakukan aktivitas sehari – hari.

3.     Serat.
Serat sendiri berfungsi untuk melancarkan pencernaan yang mana bisa didapatkan dari asupan makanan seperti sayuran dan buah – buahan.

4.     Vitamin.
Manfaat dari vitamin ini sangat penting yaitu untuk membantu pembentukan sel, hormone dan reaksi kimia yang lainnya. Selain itu juga sangat bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

5.     Mineral.
Mineral sendiri merupakan unsure ligam yang jumlahnya sedikit namun sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan juga tulang, selain itu juga kontraksi otot, enzim dan masih banyak lagi yang lainnya.

6.     Air.
Air juga menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk dipenuhi karena sebagian besar bagian dari tubuh adalah air. Untuk mendapatkan asupan air tentu saja dengan menkonsumsi banyak air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

Selain itu masih banyak lagi kebutuhan nutrisi yang perlu dipenuhi agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. Jadi pada intinya adalah jika memang tubuh ingin sehat, tentu saja memenuhi nutrisi sangat perlu untuk dilakukan, namun selain dengan memenuhi asupan nutrisi, ada baiknya jika menunjangnya dengan menjalankan pola hidup yang sehat dan juga rutin berolahraga karena dengan olahraga nantinya juga akan membantu tubuh untuk tetap sehat. yuk membaca juga pengertian vitamin E