Manfaat Vitamin K Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat vitamin K bagi kesehatan tubuh cukup lengkap. Vitamin K termasuk jenis vitamin yang mudah larut di dalam lemak, seperti halnya vitamin E. Vitamin K dibedakan menjadi 3 jenis dasar yaitu phylloquinones (dibuat oleh tanaman), menaquinones (dibuat oleh bakteri), dan menadione (sintetik buatan). Adapun secara awan ketiganya lebih dikenal sebagai vitamin K1, K2, dan K3.

Manfaat Vitamin K Bagi Kesehatan Tubuh, khasiat vitamin k, fungsi vitamin k, presentasi vitamin k

Agar fungsi sistem tubuh terjaga, orang dewasa dianjurkan memenuhi asupan vitamin K harian dengan dosis 2 mcg untuk setiap 1 kg berat badan. Bila seseorang mengalami kekurangan vitamin K, maka orang tersebut akan mengalami gejala pembekuan darah yang tidak normal. Kekurangan vitamin K ini pun sering lebih terjadi pada bayi yang baru lahir. Sebaliknya mengonsumsi vitamin K dalam dosis berlebih juga tidak baik. Pasalnya kelebihan vitamin K menyebabkan rasa mual, ingin muntah, ruam kulit, diare, dan anemia. Lalu apa saja khasiat dari vitamin K bagi kesehatan tubuh? Berikut diberikan beberapa diantaranya:
.
·       Pembekuan Darah
Vitamin K juga dikenal sebagai koagulasi. Seseorang yang kekurangan vitamin K bisa bermasalah dengan proses pembekuan darah. Bila sebuah luka gores umumnya dapat sembuh dalam waktu 1-2 hari untuk sembuh total, lain halnya dengan seseorang yang kekurangan vitamin K. Penderita kekurangan vitamin K membutuhkan waktu lebih lama sampai luka sembuh total. Hal ini karena tidak adanya vitamin K dalam jumlah cukup untuk mempercepat pembekuan darah. Padahal pembekuan darah merupakan dasar fungsi vitamin K.

·       Pertumbuhan Tulang dan Menekan Risiko Osteoporosis
Dari hasil penelitian diketahui vitamin K dapat mengoptimalkan kepadatan tulang agar terbentuk struktur kerangka tubuh kuat. Terutama bagi para wanita, vitamin K mampu menekan risiko osteoporosis. Di dalam tulang vitamin K bekerja membantu senyawa osteokalsin dalam proses pembentukan struktur tulang kuat. Senyawa osteokalsin sendiri berfungsi di dalam penyerapan mineral dan diproduksi oleh kumpulan sel pembentuk tulang yang disebut osteoblas.

·       Mencegah Diabetes Mellitus
Dari hasil penelitian yang dilakukan di Tufts dan diterbitkan dalam Diabetes Care didapati bahwa vitamin K, terutama K1, mampu meminimalisir risiko resistansi insulin. Dengan demikian vitamin K dapat mencegah diabetes mellitus. Lebih lanjutnya vitamin K juga berperan dalam metabolisme tubuh berhubungan dengan resistensi insulin.

·       Meminimalisir Risiko Pendarahan Hati
Pendarahan di organ hati bisa terjadi salah satunya karena penggunaan antibiotik atau aspirin dalam dosis berlebih. Beruntungnya vitamin K mampu meminimalisir risiko pendarahan di hati dengan fungsi utamanya pembekuan darah. Selain itu, vitamin K akan meningkatkan fungsi hati dengan cara membantu proses perombakan glukosa menjadi karbohidrat.

·       Mencegah Penyakit Hemoragik
Bayi yang baru lahir dengan riwayat kesehatan menderita sakit hemoragik cukup berisiko pada terjadinya pendarahan. Adapun upaya pengobatan bisa dilakukan dengan pemberian asupan vitamin K cukup melalui ASI. Sehingga sang ibu dari bayi yang menderita sakit hemoragik mesti banyak mengonsumsi sumber makanan kaya vitamin K.

·       Mencegah Kanker
Manfaat selanjutnya yaitu vitamin K mampu mencegah kanker. Mekanisme kerjanya vitamin K akan memperlambat pembentukan sel-sel kanker yang berkembang misal di organ paru-paru atau hati.

Kebutuhan vitamin K tubuh bisa diperoleh dengan mengonsumsi sumber makanan seperti sayuran hijau, bayam, kangkung, kol, brokoli, asparagus, hati, kedelai, dan susu. Siapa sangka ternyata vitamin K kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Sekian dan baca juga artikel menarik lainnya.