Manfaat Zat Besi Untuk Kesehatan

Manfaat zat besi sekiranya menjadi salah satu informasi dasar yang penting untuk diketahui. Pasalnya zat besi menjadi salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuh karena banyaknya manfaat kesehatan yang dimiliki mulai dari membantu produksi hemoglobin agar terhindar dari risiko anemia sampai menjaga kesehatan kulit dan kuku.  Akan tetapi, manfaat kesehatan tersebut hanya akan didapat bila zat besi dikonsumsi dalam jumlah cukup.

Manfaat Zat Besi, fungsi Zat Besi, pengertian Zat Besi, presentasi Zat Besi

Perlu menjadi catatan bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan seseorang mengalami sesak napas, kelemahan, hingga jantung berdebar. Akan tetapi, kelebihan mineral zat besi dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Untuk ibu hamil kebutuhan zat besi pun menjadi satu kebutuhan pokok tersendiri yang mesti dipenuhi. Karenanya disarankan memasukan sumber makanan kaya zat besi ke dalam menu diet ibu hamil. Lantas apa saja manfaat dan fungsi dari salah satu jenis mineral ini untuk kesehatan? Berikut diberikan beberapa diantaranya:

·       Membantu Pembentukan Hemoglobin
Manfaat dari mineral zat besi yang pertama yaitu membantu pembentukan hemoglobin. Manfaat ini didapat karena zat besi dapat memberi warna merah tua pada sel darah merah yang dibutuhkan pada proses produksi hemoglobin. Alhasil jumlah hemoglobin dapat meningkat dan terpenuhi dengan baik. Adapun bila hemoglobin dapat diproduksi dalam jumlah cukup juga bermanfaat meminimalisir risiko sakit anemia atau kurang darah. Karenanya membantu pembentukan hemoglobin menjadi fungsi utama zat besi.

·       Membawa Oksigen ke Seluruh Tubuh
Zat besi sangat berperan penting membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini bermanfaat supaya distribusi oksigen bisa berlangsung optimal, sehingga semua organ tubuh bisa berfungsi sebagai mana mestinya setiap hari. Misalnya zat besi membantu suplai oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh guna memaksimalkan fungsi oksigen. Fungsi dari otot pun dapat ditingkatkan karena oksigen disuplai dengan maksimal oleh zat besi.

·       Mengurangi Gejala Premenstruasi
Zat besi mampu mengurangi beberapa gejala pramenstruasi seperti perubahan suasana hati yang tidak menentu, pusing, hipertensi atau darah tinggi, dan lain sebagainya. Sebaliknya, kekurangan zat besi dapat meningkatkan gejala premenstruasi sehingga tidak jarang seorang wanita bisa mudah menjadi marah dan emosional.

·       Mengoptimalkan Kesehatan Pria
Kaum pria diketahui bisa menyerap zat besi secara lebih efisien dari sumber alami. Sebaliknya, wanita malah lebih mudah kehilangan zat besi dari proses keluarnya darah saat menstruasi. Adapun untuk kaum pria, zat besi dapat mengoptimalkan kesehatan pria. Untuk itu, disarankan mengonsumsi sumber makanan alami dan bukan sekedar suplemen tambahan.

·       Menjaga Kesehatan Kulit dan Kuku
Zat besi termasuk salah satu unsur penting dalam memfungsikan antioksidan tubuh. Selain itu, zat besi juga berperan dalam mengaktifkan vitamin khususnya yang termasuk kelompok B kompleks. Hal ini guna menjaga kesehatan kulit dan kuku. Sehingga wajah tidak terlihat pucat, kelelahan, kulir kering, atau pecah-pecah.

Asupan zat besi mesti dipenuhi dalam porsi cukup. Agar zat besi dapat menjalankan manfaat dan fungsinya seperti yang sudah disebut diatas, dibutuhkan pula kalsium dan tembaga dalam jumlah cukup. Asam askorban atau vitamin C juga dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Sementara untuk sumber makanan kaya kandungan zat besi cukup mudah didapatkan misalnya yaitu telur, bayam, kangkung, daging ayam, daging sapi, ikan, dan jagung. Untuk itu, penuhi asupan zat besi harian Anda karena mineral zat besi kaya akan manfaat baik bagi kesehatan. Sekian dan semoga memberi informasi bermanfaat.