Mengenal Fosfor dan Gunanya Bagi Tubuh Manusia

Pengertian fosfor adalah suatu zat kimia non logam dan merupakan zat yang termasuk dalam unsur nitrogen. Fosfor banyak ditemukan pada mineral batuan di bumi dan juga bisa ditemukan di makanan makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Konsumsi fosfor yang baik dalam tubuh manusia adalah sekitar 0.7 gram setiap hari. Fosfor bisa ditemukan dengan mudah di makanan makanan seperti misalnya adalah daging hewan ternak seperti sapi, kambing dan sebagainya, daging unggas, ikan dan telur. Anda juga bisa mengkonsumsi fosfor melalui makanan biji bijian tertentu. Mengkonsumsi fosfor dalam jumlah yang cukup setiap hari penting dilakukan untuk mendukung fungsi fungsi tubuh. Fosfor merupakan mineral yang cukup banyak ada di dalam tubuh.Fosfor seperti juga mineral yang lain, memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Mengetahui fungsi dari fosfor secara lebih dalam akan memberikan anda pengetahuan pentingnya mengkonsumsi makanan yang mengandung fosfor. Beberapa fungsi dari zat fosfor antara lain adalah:

Pengertian fosfor, apa itu fosfor, manfaat fosfor, presentasi fosfor

Membantu dalam menjaga kesehatan gigi dan juga tulang
Kadar fosfor dalam tubuh akan mempengaruhi jumlah produksi dari enzim fosfatase. Enzim fosfatase merupakan enzim yang dapat memproduksi fosfor dari jaringan jaringan dalam tubuh ke peredaran darah dalam tubuh sehingga dapat memberikan pengaruh yang negatif pada pertumbuhan gigi dan juga tulang. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa wanita yang sedang dalam masa hamil sebaiknya mengkonsumsi banyak zat fosfor dibandingkan dengan orang orang lain yang dalam keadaan biasa atau tidak hamil. Karena wanita yang sedang hamil dalam tubuhnya sedang berlangsung proses pembentukan bagian bagian tulang pada tubuh janin.

Membantu untuk mengatur peredaran energi dalam tubuh
Fosfor juga berperan dalam pengaktifan enzim di dalam tubuh dan juga vitamin B yang memiliki peran erat dalam peredaran energi di dalam tubuh serta dalam proses metabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Proses ini juga disebut sebagai fosforilasi. Rangkaian dari proses ini antara lain adalah ketika gugus fosfat yang ditambahkan pada Adenin Difosfat, maka kemudian akan menjadi Adenin Trifosfat yang pada ikatan tersebut akan terbentuk energi, setelah itu dari zat Adenin Trifosfat akan diubah menjadi zat Adenin Difosfat. Produksi energi dari Adenin Difosfat tersebut dilepaskan ke tubuh sehingga akan membantu proses reaksi reaksi lain yang terjadi di dalam tubuh.

Sarana untuk transportasi di dalam tubuh
Dalam tubuh manusia juga terjadi transportasi zat dari satu organ ke organ lainnya. Fosfor sebagai sarana transportasi berperan penting untuk mengangkut zat zat yang bergizi yang dihasilkan dari proses metabolisme baik di membrane sel maupun di aliran peredaran darah. Untuk dapat menjadi sarana transportasi yang efektif, fosfor akan berubah bentuknya menjadi fosfat.

Penyaringan limbah dalam tubuh
Limbah tidak hanya muncul akibat proses industri. Di dalam tubuh manusia pun terdapat limbah yang harus disaring dan dibuang. Fosfor dapat membantu manusia dalam menyaring limbah yang ada di dalam ginjal. Sehingga akan membantu kinerja ginjal dalam menyaring zat zat limbah dari dalam tubuh dan membuangnya dalam bentuk cairan urin.

Membantu memperbaiki jaringan tubuh
Fosfor juga memiliki peran yang penting dalam memperbaiki jaringan jaringan di dalam tubuh. Selain juga dapat membantu untuk memproduksi komponen dari gen manusia yaitu DNA dan juga RNA. Pemeliharaan sel sel dan jaringan di dalam tubuh juga dibantu oleh peran penting dari zat fosfor.