Mengenal Kalsium Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Sewaktu kita kecil banyak sekali kita mendengar bahwa anak kecil harus banyak-banyak makan makanan yang mengandung kalsium. Kalsium baik untuk pertumbuhan tulang sehingga anak yang masih tumbuh tidak boleh kekurangan kalsium. Bahkan ketika sudah menginjak usia lanjut pun banyak produk kesehatan yang menekankan pentingnya kalsium agar mengurangi resiko pengeroposan tulang. Sebenarnya apa itu kalsium dan apa manfaatnya bagi tubuh manusia?


manfaat kalsium, fungsi kalsium, pengertian kalsium presentasi kalsium, khasiat kalsium

Unsur mikro yang penting bagi tubuh
Untuk berfungsi dengan baik dan normal, tubuh memerlukan nutrisi-nutrisi yang secara garis besar terdiri dari unsur yaitu makro dan mikro. Yang termasuk nutrisi makro adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Jika tubuh kekurangan unsur makro maka tubuh akan langsung memberi reaksi misalnya jika kekurangan karbohidrat maka kita akan merasa lapar. Sedangkan yang termask dalam unsur mikro adalah vitamin, mineral, serat, dan enzim. Kalsium termasuk dalam nutrisi unsur mikro ini. Kebalikan dengan makro, jika tubuh kekurangan unsur mikro maka akibatnya baru akan terasa  setelah waktu yang lama. Hal ini justu berbahaya karena jika sudah  menjadi penyakit akan sulit untuk memperbaikinya.

Kalsium memiliki reputasi yang berhubungan dengan kesehatan tulang, hal ini memang benar karena 99% kalsium dalam tubuh berada pada struktur keras pada tubuh seperti tulang dan gigi. Sisanya yaitu sebanyak 1% kalsium beredar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Secara biologis manusia akan kehilangan kandungan kalsium dalam tubuh sebanyak 1% setiap tahunnya sejak usia 20%. Hal ini berarti pada usia 70 tahun sebanyak 50% kalsium sudah hilang. Maka dari itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium sejak dini untuk mencegah resiko kekurangan kalsium di usia lanjut nanti.

Kebutuhan akan kalsium pada setiap manusia akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya umur. Pada orang dewasa kebutuhan kalsium per harinya adalah 1000-1200 mg untuk memenuhi kebutuhan 1% kalsium dalam pembuluh darah. Apabila 1% itu tidak terpenuhi, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang yang kemudian dapat menyebabkan pengeroposan tulang.

Manfaat kalsium bagi tubuh
Kalsium dikenal sebagai penjamin kekokohan tulang dan gigi, namun apa saja manfaat kalsium yang lain bagi tubuh? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Melancarkan metabolisme
  2. Melancarkan peredaran darah
  3. Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)
  4. Menormalkan tekanan darah baik tekanan darah rendah maupun tinggi
  5. Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan rematik
  6. Mencegah pendarahan pada gusi gigi
  7. Mengatasi kulit kaki dan tangan yang kering dan pecah-pecah
  8. Melenturkan otot
  9. Menjaga kesehatan jantung
  10. Menurunkan resiko kanker pada usus
  11. Membantu pertumbuhan pada tulang dan gigi

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk tubuh, banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan berikut :
  1. Susu dan olahannya
  2. Sayuran berdaun hijau
  3. Kacang-kacangan
  4. Tepung terigu dan olahannya
  5. Daging
  6. Seafood (ikan salmon dan ikan sardine)

Kekurangan kalsium bisa berakibat fatal bagi manusia mulai dari penyakit kelainan tulang hingga beberapa jenis kanker dan penyakit yang disebabkan karena sirkulasi darah yang terhambat. Orang yang mengalami kekurangan kalsium biasanya ditandai dengan lesu, mengeluarkan banyak keringat, sering gelisah, sesak napas, insomnia, nafsu makan turun, sembelit, dan sebagainya. yuk selalu penuhi kebutuhan kalsium Anda setiap hari dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi agar terhindar dari penyakit di masa depan.