MENGKUDU – YANG SEHAT DAN BERMANFAAT

Manfaat buah mengkudu ditengarai bisa menghambat penumpukan purin di dalam jaringan tubuh manusia. Buang mengkudu yang biasa juga disebut dengan buah pace, merupakan buah yang kaya akan zat antioksidan yang aktif.

A To Z Tentang Buah Mengkudu
Buah mengkudu memiliki nama latin Tahitian noni pace. Buah mengkudu berasal dari daratan di Tahiti, namun banyak ditemukan tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Mengkudu merupakan tanaman dari golongan famili rubiaceae.

manfaat buah mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak khasiat dan kegunaan. Maka tidak heran apabila dunia kedokteran serta kesehatan banyak menyarankan buah mengkudu sebagai obat alternative yang mampu mengantisipasi hadirnya berbagai penyakit. Baik mengkudu segar yang bisa Anda jus secara langsung, maupun mengkudu cap yang bisa Anda beli secara kemasan.
Fungsi dari mengkudu disinyalir mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti asam urat, kelebihan kolesterol, menyehatkan jantung, gagal ginjal dan penyakit lainnya.
Bentuk fisik buah mengkudu atau buah pace, secara fisik hampir mirip dengan buah sirsak. Hanya agak lebih kecil serta terang kehijauan. Buah mengkudu memiliki banyak varian. Yang lebih banyak tumbuh dan terdapat di Indonesia adalah jenis Javanony. Meskipun yang paling banyak dikenal adalah jenis pace/mengkudu Tahitian noni pace. Buah mengkudu jenis tahitian ini banyak berkembang di Asia Tenggara yang bibit awalnya pertama kali ditemukan di Tahiti.

Kandungan Mengkudu
Kandungan yang terdapat pada buah mengkudu adalah :
a.  Zat terpenoid. Berfungsi untuk membantu proses sintesa organic. Di mana kegunaanya adalah untuk memulihkan sel-sel tubuh.
b.  Zat anti kanker. Menhancurkan sel-sel kanker stadium awal.
c. Zat anti infeksi. Terdapat kandungan zat aktif yang mematikan bakteri pembawa infeksi. Serta mengontrol fungsi bakteri mematikan. Contohnya adalah bakteri phatogen.
d. Zat antioksidan. Terdiri atas : protein, vitamin, mineral penting dan selenium. Semua kandungan zat tersebut adalah nutrisi penting yang terdapat pada buah mengkudu.

Fungsi buah mengkudu
a. Melancarkan pencernaan. Menyejukan alat pencernaan. Misalnya yang mengakibatkan gangguan asam lambung, luka usus halus, perut yang sebah serta mual kembung. Dan penyakit maagh.
b. Mengobati kanker dan tumor. Buah mengkudu memiliki fungsi sebagai zat yang menghambat perkembangan sel kanker oleh zat aktif. Semua itu karena adanya senyawa yang mampu mencegah adanya kerusakan DNA tubuh. Yaitu senyawa 2-methoxy serta 1-3-6-trihydroxyanthraquinone.
c.   Meningkatkan stamina tubuh. Kandungan buang mengkudu dikenal sangat lengkap. Yaitu terdiri dari : vitamin E, mineral, peptide, enzim, , asam amino, serta koenzi, Q10. Seluruh kandungan tersebut merupakan zat antioksidan.
d.  Menyembuhkan berbagai penyakit THT. Seperti  : batuk, pilek, alergi, influenza, demam, meningitis dan sinusitis. Kemampuan menyembuhkan ini akibat kandungan senyawanya mampu menampik datangnya serangan berbagai virus, bakteri, serta kuman penyakit dalam tubuh.
e. Melawan segala jenis kuman. Kuman selalu menempel pada benda di sekitar Anda. Kandungan senyawa yang terdapat di buah mengkudu, yang berfungsi melawan kuman adalah : terpana, skopoletin, serta antrakuinon.
f.  Menghilangkan sisik dan busik kaki. Cara penggunaan dengan menggosok kaki dengan menggunakan kulit bagian dalam dari buah mengkudu yang matang, selama 5 hingga 10 menit, kemudian cuci dengan bersih. Maka hasilnya sisik pada kulit kaki segera menghilang.

Karena itu bagi Anda yang memang kebetulan sedang mencari pengobatan alternatif bagi segala jenis penyakit yang Anda derita, maka presentasi buah mengkudu ini, mudah-mudahan bisa menjadi jawabannya amiin.