Pengertian Anti Oksidan Dan Manfaatnya

Antioksidan, Senyawa Penting Bagi Tubuh
Antioksidan, kerap mendengar nama senyawa satu ini. Senyawa yang kerap dikaitkan dengan buah dan sayur. Di antara banyak senyawa penting bagi tubuh, salah satunya adalah antioksidan. Secara alami, antioksidan memang terdapat paling banyak dalam buah dan sayur sebagai antioksidan alami. Antioksidan dalam jumlah yang cukup, memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Apa itu antioksidan, senyawa seperti apakah antioksidan, dan apa saja manfaat yang dapat dilakukan senyawa antioksidan? Simak penjelasan di bawah ini mengenai Pengertian anti oksidan dan manfaatnya.

manfaat anti oksidan, anti oksidan itu apa? penjelasan anti oksidan, presentasi anti oksidan

Memahami Pengertian Senyawa Antioksidan
Setelah Anda mengetahui apa pengertian dari antioksidan, Anda juga harus memahami. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat mencegah reaksi oksidasi serta melawan senyawa radikal bebas. Ketika Anda mengkonsumsi jenis makanan tertentu, ada kandungan lemak atau minyak yang terikut bahkan juga logam seperti Cn dan Fe. Keberadaan lemak/minyak, logam Cn dan Fe mengakibatkan reaksi oksidasi ketika bertemu dengan senyawa yang dapat mempercepat reaksi oksidasi yaitu, senyawa Prooksidan. 
Saat Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa antioksidan, maka senyawa prooksidan di dalam tubuh akan dilawan oleh senyawa antioksidan. Terdapat dua macam antioksidan. Pertama, antioksidan alami yang terdapat dalam sumber gizi mikro vitamin. Seperti beta karoten, flavonoid, asam askorbat, tokoferol, dan masih banyak lagi. Kedua, antioksidan sintetik yang dikenal dengan nama TBHQ (tertiary butylhydroquinone), BHT (butylated hydroxy toluene), BHA (butylated hydroxy anisole), PG (propyl gallate). Namun tentunya jauh lebih bermanfaat ketika senyawa antioksidan yang Anda konsumsi berasal dari antioksidan alami.

Manfaat Senyawa Antioksidan Bagi Kulit Wajah
Dari pengertian antioksidan, Anda akan dibawa menuju manfaat. Asalkan kebutuhan senyawa antioksidan di dalam tubuh tercukupi. Senyawa antioksidan memiliki manfaat bagi kesehatan kulit wajah. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas penyebab jerawat, membuat kulit wajah bersinar, serta mencegah pertumbuhan bakteri. Kulit wajah memiliki pelindung alami untuk mencegah pertumbuhan jerawat. Bahkan membantu menutrisi kulit wajah secara alami. Wajah yang berjerawat ataupun bermasalah tentu juga karena Anda kurang memberikan nutrisi.

Manfaat Senyawa Antioksidan Dalam Melawan Radikal Bebas
Senyawa antioksidan erat dikaitkan dengan melawan senyawa radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang bersifat tidak stabil dapat hidup di dalam tubuh dan menyebabkan DNA mengalami mutasi. Jika di dalam tubuh terlalu banyak antioksidan, maka yang terjadi adalah penyakit kanker. Perlu Anda ketahui bahwa radikal bebas tidak hanya dibawa oleh makanan, minuman, namun juga terlalu banyak menghirup asap rokok, polusi udara, sampai radiasi sinar matahari. Namun dengan jumlah senyawa antioksidan yang cukup di dalam tubuh, maka radikal bebas dapat ditumpas keberadaannya.

Manfaat Senyawa Antioksidan Bagi Kulit Tubuh
Jika Anda termasuk orang yang memiliki kulit tubuh kusam, itu karena belum memahami sepenuhnya tentang hal ini. Sehingga kemungkinan makanan dan minuman yang Anda konsumsi jauh lebih sedikit mengandung sumber antioksidan. Kulit tubuh yang kusam, bersisik, iritasi, karena kurangnya perlindungan dari senyawa antioksidan. Untuk itu, perlu memelihara kesehatan kulit tubuh agar cerah, lembut, halus, dan tidak iritasi dengan konsumsi antioksidan dalam jumlah yang cukup dan wajar.
Tidak banyak ketika membahas mengenai Pengertian anti oksidan dan fungsinya. Namun dengan manfaat yang lebih kompleks, maka jauh lebih efektif bagi perlindungan tubuh. Antioksidan memang senyawa yang tidak boleh dilupakan sampai kapanpun. Tubuh pun tidak boleh kekurangan senyawa antioksidan jika Anda ingin selalu merasakan manfaatnya.