Pengertian asam folat dan manfaatnya

Asam Folat, Sumber Vitamin Semua Usia
Sumber gizi mikro terdiri dari dua yaitu, vitamin dan mineral. Dalam pembahasan kali ini lebih diutamakan ssumber gizi mikro vitamin. Membahas vitamin sendiri cukup luas. Namun akan lebih difokuskan pada vitamin B9 atau yang sering dikenal sebagai asam folat. Tidak ada orang yang tidak memerlukan asam folat. Untuk itu, asam folat merupakan vitamin yang dibutuhkan semua usia, sama seperti sumber vitamin lainnya. Lebih jauh membahas Pengertian asam folat dan manfaatnya, simak berikut ini.

Pengertian asam folat, asam folat itu apa?

Pengertian Asam Folat Sumber Vitamin
Asam folat adalah vitamin B9 yang tentu banyak diperoleh dari sumber buah dan sayur. Sumber vitamin yang sangat berguna bagi semua usia. Terlebih bagi calon ibu bagi buah hati yang akan dibahas dalam artikel ini. Untuk memenuhi sumber gizi vitamin asam folat, Anda dianjurkan untuk memperbanyak beberapa pangan berikut. Konsumsilah jeruk, strawberry, pisang, alpukat, kacang-kacangan, sayur bayam, kentang, tomat, telur, sampai olahan gandum. Asam folat termasuk sebagai vitamin larut dalam air. Sifatnya yang sensitif ketika terpapar cahaya, oksigen, serta suhu tinggi membuat asam folat cepat rusak. Namun ketika Anda hendak mengkonsumsi sumber asam folat dengan cara yang benar, maka kerusakan sifat asam folat dapat diminimalisir.

Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil
Dokter kerap menyarankan bagi ibu yang sedang hamil untuk memenuhi gizi selama periode kehamilan. Salah satunya adalah dengan memenuhi sumber asam folat. Asam folat memiliki manfaat yang tidak hanya untuk si ibu namun juga calon buah hati atau janin yang dikandungan. Asam folat membantu perkembangan pada otak janin, pada sumsum tulang belakang janin, dan mencegah keguguran. Bahkan sangat dianjurkan bagi wanita yang merencanakan kehamilan, dalam kurun waktu empat bulan sebelum rencana hamil diwujudkan, harus sudah memenuhi asam folat di dalam tubuh. Dengan maksud mencegah calon buah hati kelak mengalami cacat syaraf otak ketika lahir.

Manfaat Asam Folat Bagi Sel-sel Tubuh
Asam folat memiliki manfaat baik bagi sel-sel tubuh. Dalam kaitannya dengan DNA, asam folat bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan DNA. Dengan begitu, maka risiko karsinogenik akibat kekurangan asam folat dapat diminimalisir. Kemudian asam folat bermanfaat untuk memproduksi sel eritrosit atau sel darah merah. Sel eritrosit sendiri memiliki peranan untuk pengambilan oksigen di paru-paru kemudian oksigen akan diedarkan di seluruh tubuh.

Manfaat Asam Folat Bagi Jaringan Tubuh
Sebagai sumber vitamin, asam folat memiliki manfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Selain itu, asam folat juga akan membantu dalam pembentukan baru jaringan tubuh yang telah rusak. Jika Anda mengalami gangguan pada syaraf terutama tulang belakang, maka dapat sembuh dengan mencukupi kebutuhan vitamin B9 ini.

Manfaat Asam Folat Bagi Kesehatan Jantung
Jika Anda ingin terhindar dari penyakit jantung, maka sejak dini harus mencukupinya dengan konsumsi asam folat. Manfaat asam folat baik bagi kesehatan jantung. Menjaga jantung agar tetap sehat. Bahkan jumlah asam folat yang cukup di dalam tubuh sedikit demi sedikit dapat mengembalikan masalah jantung koroner.
Pengertian asam folat dan fungsinya sangat penting untuk Anda ketahui. Jangan hanya terpaku untuk mengetahui satu macam sumber gizi seumur hidup. Mengingat jenis sumber gizi yang Anda konsumsi tentu ada sumber gizi makro dan mikro.  Setiap jenis sumber gizi haru diketahui manfaatnya apalagi gizi mikro asam folat yang sering dilupakan keberadaannya secara tidak langsung.