Pengertian Glucose

Glucose dan Perannya dalam Tubuh Manusia
Pengertian glucose pada dasarnya adalah zat gula yang ada di dalam tubuh. Glucose merupakan komponen sumber energi yang penting bagi tubuh yang dibutuhkan oleh semua sel dan organ yang ada di dalam tubuh. Misalnya saja pada otot dan otak kita. Glucose atau gula didapatkan oleh tubuh kita dari makanan yang kita makan. Karbohidrat seperti buah buahan, roti, pasta dan sereal adalah sumber sumber yang umum dari gula. Makanan makanan tersebut akan dipecah menjadi gula di lambung kita dan kemudian diserap ke aliran darah. Kadar gula dalam darah yang normal adalah biasanya kurang dari 100 miligram per deciliter di pagi hari ketika anda baru bangun tidur dan sebelum anda makan. Biasanya kadar gula ini disebut sebagai kadar glucose puasa atau kadar gula darah. Kadar gula dalam darah pada saat satu hingga dua jam setelah makan biasanya kurang dari 140.

Pengertian glucose, glucose itu apa

Mengapa gula sangat penting?
Untuk menjelaskan mengenai glucose atau gula dalam tubuh kita, maka kita bisa membahas dari sel tubuh yang ada di dalam tubuh manusia. Sel tersebut menyerap energi dari makanan yang anda makan. Tentunya makanan tersebut tidak langsung diubah menjadi energi, tetapi dipecah menjadi zat zat sederhana yang bisa digunakan oleh tubuh anda. Zat utama yang dibutuhkan oleh tubuh adalah glucose, gula sederhana yang sangat dibutuhkan untuk memberikan energi ke sel tubuh anda dan memang kenyataannya zat ini merupakan sumber tenaga utama untuk kebanyakan jenis sel dan merupakan pemasok energi yang dapat digunakan oleh otak dan sel darah merah. Gula diserap tubuh melalui usus yang kemudian masuk ke aliran darah dan disebarkan ke seluruh tubuh.

Akibat gula darah yang tinggi
Namun, glucose tidak dapat disimpan dengan baik yang menyebabkan apabila kita memiliki terlalu banyak kadar gula dalam darah akan berpotensi pada masalah masalah kesehatan seperti misalnya adalah mata rabun hingga pembentukan triglyceride di pembuluh darah dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi masalah penyimpanan yang tidak efektif serta konsentrasi tinggi dari kadar gula dalam darah, maka tubuh memiliki mekanisme untuk mengambil glucose bebas dan mengubahnya menjadi bentuk yang lebih mudah disimpan yaitu glycogen. Kemudian tubuh akan menyimpan glycogen di hati dan di dalam jaringan otot yang ada di seluruh tubuh.

Mekanisme yang mengubah glucose menjadi glycogen adalah insulin. Zat ini diproduksi oleh pankreas dan memiliki fungsi utama untuk mengubah glucose yang baru terbentuk menjadi bentuk yang dapat disimpan yang dapat digunakan di kemudian hari. Zat ini juga berperan untuk membentuk protein, asam lemak dan senyawa berguna yang lain. Setelah anda makan, insulin akan menyimpan glucose sisa dan mencegah glucose dibebaskan kembali setelah diubah menjadi glycogen. Setelah glycogen dibuat dan disimpan dan telah cukup lama dari anda makan tadi sehingga glucose bebas dalam darah telah digunakan hingga habis, zat kimia kedua yang disebut dengan glucagon diproduksi. Zat ini diproduksi di sel alfa dalam pankreas. Glucagon adalah zat kebalikan dari insulin. Zat ini menstimulasi hati dan otot untuk melepaskan glycogen dan mengubah glycogen tersebut menjadi glucose yang dapat dipakai oleh sel sel tubuh. Cara ini memberikan kesempatan bagi tubuh anda untuk bisa meregulasi sumber energinya sepanjang waktu, tidak hanya setelah anda selesai makan.