Pengertian Kolesterol

Telusuri Seluk Beluk Kolesterol
Kata kolesterol pastinya sudah tidak asing di telinga anda. Produk produk kesehatan juga banyak yang mempromosikan produknya dengan membawa bawa nama kolesterol, misalnya adalah promosi dari produk kesehatan atau suplemen kesehatan yang dapat membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Namun, walaupun kata kolesterol telah sangat familiar di sekeliling anda, tahukah anda mengenai pengertian kolesterol dan bagaimana kolesterol dapat mempengaruhi tingkat kesehatan dalam tubuh anda? Di dalam artikel ini, anda akan mengetahui segala seluk beluk dan pengertian dari kolesterol sehingga anda akan bisa mengerti dan bisa memilih dengan lebih baik ketika terdapat suatu produk kesehatan yang menawarkan perubahan kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Pengertian Kolesterol, presentasi Kolesterol, Kolesterol itu apa?

Pengertian dari kolesterol
Kolesterol merupakan suatu bentuk lemak yang ada pada saluran peredaran darah. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh dalam proses dari pembentukan dinding dari sel sel yang membangun tubuh dan juga digunakan sebagai bahan baku dalam beberapa proses produksi hormon. Walaupun begitu, kadar kolesterol dalam tubuh sebaiknya tidak melebihi batas tertentu karena ketika kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang menjadi berlebih, hal yang terjadi adalah orang tersebut mengalami penyakit yang dapat berpotensi pada kematian seperti penyakit jantung dan juga penyakit stroke. Kadar normal kolesterol dalam tubuh manusia adalah berada di bawah 200 mg/dl. Orang yang memiliki kadar kolesterol melebihi 240 mg/dl akan memiliki potensi mengalami penyakit stroke atau serangan jantung.

Karakteristik kolesterol
Kolesterol diproduksi secara alami oleh tubuh dan juga didapatkan dari makanan yang dikonsumsi oleh tubuh yang berupa makanan dari hewan seperti misalnya daging, ikan, keju, margarin, dan juga susu. Kolesterol merupakan suatu zat yang tidak dapat larut dengan darah, hal ini menjadikan kolesterol harus diikat dengan zat pengangkutnya yaitu lipoprotein. Kolesterol juga dibedakan menjadi dua yaitu low density lipoprotein atau disingkat LDL dan high density lipoprotein atau HDL.

Low Density Lipoprotein (LDL)
LDL merupakan jenis kolesterol atau lemak yang jahat karena sifatnya yang dapat menimbun pada bagian dinding pembuluh darah. Hal ini menjadikan LDL akan sangat berbahaya ketika menimbun di bagian pembuluh darah yang kecil yang bertanggung jawab untuk mensuplai makanan ke daerah otak dan jantung. Penimbunan kolesterol jenis ini apabila tidak diatasi dengan baik maka akan semakin tebal dan semakin keras sehingga menakibatkan penyakit arteriosclerosis yang dapat berpotensi menyumbat peredaran darah. Batas kadar LDL di dalam darah adalah 100 mg/dl. Anda akan tetap dinyatakan sehat apabila kadar LDL dalam darah anda berada di sekitar 100 mg/dl hingga 129 mg/dl. Ketika kadar LDL anda lebih dari 130 mg/dl atau bahkan mencapai 160 mg/dl maka anda memerlukan pengobatan khusus untuk mengatasinya.

High Density Lipoprotein (HDL)
Kolesterol dengan jenis high density lipoprotein atau HDL adalah merupakan jenis kolesterol yang baik. Jenis kolesterol ini akan dapat membersihkan serta mendorong timbunan lemak yang ada di bagian pembuluh darah sehingga mencapai organ hati. Kadar HDL dalam tubuh pria paling tidak adalah 40 mg/dl sedangkan pada wanita kadar HDL minimal dalam tubuh adalah 50 mg/dl. Keadaan HDL yang rendah di dalam tubuh dapat disebabkan karena terlalu gemuk atau obesitas, badan yang kurang berolah raga dan juga kebiasaan buruk merokok. HDL juga dapat turun akibat hormon testosterone pada pria, hormon progesterone dan juga steroid anabolic.