Pengertian Lemak

Pengetahuan Dasar Lemak dan Fungsi Pentingnya Bagi Manusia
Sebelum anda membahas lebih jauh mengenai lemak, maka anda perlu mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian lemak. Lemak adalah suatu zat yang terdiri dari molekul molekul antara lain adalah karbon, oksigen, dan hidrogen yang memiliki karakter tidak dapat larut di air. Melarutkan lemak akan membutuhkan zat khusus yaitu chloroform atau benzol dan juga eter. Menurut komposisi kimianya, lemak dapat dibagi menjadi tiga yaitu:

Pengertian Lemak, lemak itu apa?

1. Lemak asli
Lemak asli merupakan lemak yang dapat timbul karena proses dari hidrolisis lipid. Lemak asli ini terdiri dari asam lemak serta kolesterol. Kolesterol juga terdiri dari low density lipoprotein atau LDL dan juga disebut sebagai kolesterol jahat. Serta kolesterol baik atau high density lipoprotein atau HDL dan juga trigliserida. HDL memiliki fungsi untuk menghancurkan dari LDL dan dapat melancarkan peredaran darah. Kadar kolesterol dalam darah harus dijaga agar selalu normal. Ketika kadar kolesterol tinggi, maka anda akan berpotensi untuk terkena penyakit penyakti yang berat seperti misalnya stroke atau penyakit jantung. Asam lemak juga dibagi menjadi asam lemak jenuh dan juga asam lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh banyak didapatkan dari konsumsi tumbuh tumbuhan misalnya saja minyak goreng. Berbeda dengan lemak jenuh yang banyak berasal dari makanan hewani antara lain adalah mentega.

2. Lemak sederhana
Lemak sederhana dapat dilihat dengan mudah yaitu pada minyak kelapa. Ketika minyak tersebut membeku di suhu yang cukup dingin dan padat. Lemak jenis ini komposisinya terdiri dari trigliserida.

3. Lemak campuran
Lemak jenis campuran merupakan jenis lemak yang menjadi hasil dari campuran senyawa lemak dengan senyawa bukan lemak.

Sumber lemak
Lemak bisa didapatkan dari sumber hewan maupun sumber tumbuhan. Dari hewan anda akan bisa mendapatkan lemak hewani, sedangkan dari tumbuhan anda akan mendapatkan lemak nabati. Lemak dari hewan antara lain dapat diperoleh dari bahan makanan seperti telur, susu, daging, mentega, ikan, keju dan jenis olahannya. Kebanyakan lemak hewani merupakan asam lemak tak jenuh. Lemak nabati banyak ditemukan di bahan makanan seperti kelapa dan kacang kacangan.

Fungsi lemak
Tubuh manusia yang terlalu banyak lemak dapat berpotensi untuk memberikan masalah pada tubuh seperti potensi penyakit berat dan obesitas. Namun, lemak dalam jumlah yang tepat dan cukup akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh antara lain adalah.

Sebagai sumber energi
Lemak dapat menjadi sumber energi yang efektif bagi tubuh. Lemak disimpan sebagai cadangan energi di beberapa bagian bagian tubuh tertentu. Energi dari lemak pada dasarnya lebih besar dibandingkan dengan energi yang didapatkan dari karbohidrat. Setiap hari, tubuh manusia membutuhkan paling tidak lima belas persen dari total kebutuhan energi tubuh setiap hari.

Menghambat rasa lapar
Konsumsi lemak dalam porsi yang tepat akan membantu anda agar merasa cepat kenyang serta mencegah cepat merasa lapar kembali. Oleh karena itu, mengkonsumsi lemak pada pagi hari akan sangt bermanfaat untuk sebagai makanan yang dapat mendukung anda memulai aktifitas di hari tersebut. Lemak dapat menunda lapar karena lemak dapat berfungsi untuk menghambat dari produksi asam lambung di dalam organ lambung.

Membantu sistem pencernaan tubuh
Lemak memiliki fungsi yang sangat penting untuk membantu melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Hal ini karena lemak dapat berfungsi secara efektif untuk melumasi organ-organ dalam pencernaan dan membantu mempercepat proses pencernaan.

Giman sudah faham pengertian lemak-nya? semoga bermanfaat yaa.