Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Serat Setiap Hari

Ketika membicarakan tentang perihal kesehatan, tentu serat tidak pernah ketinggalan disebutkan. Serat memang penting sekali bagi tubuh karena serat dapat melancarkan pencernaan. Pencernaan yang lancar akan memudahkan tubuh untuk menyerap zat makanan yang berguna dan membuang zat yang berbahaya bagi tubuh. Serat juga melancarkan buang air besar sehingga racun-racun dan sisa makanan dalam tubuh bisa dibuang bersama dengan feses secara teratur. Simak pengertian serat di bawah ini.

manfaat serat bagi tubuh, pengertian serat, pentingnya srat setiap hari

Peranan penting serat bagi tubuh
Serat adalah mineral yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sama seperti karbohidrat. Namun serat tidak mengandung kalori sebanyak karbohidrat sehingga baik dikonsumsi banyak-banyak terutama bagi yang sedang diet. Karena membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, maka serat dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengurangi frekuensi makan Anda untuk menurunkan berat badan.

Manfaat serat lainnya adalah untuk mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Gula yang penyerapannya terbatasi akan menghindarkan tubuh terkena penyakit seperti kencing manis atau diabetes melitus tipe 2. Kandungan lemak jenuh pada makanan berserat tinggi juga rendah sehingga bisa untuk menjaga kesehatan jantung. Bila lemak jenuh terlalu banyak maka dapat menghalangi jalan pembuluh darah sehingga kerja jantung menjadi lebih berat dan dapat menyebabkan serangan dan gagal jantung.

Selain yang telah disebutkan di atas, berikut adalah fungsi serat lainnya bagi kesehatan:

  1. Mengeluarkan racun
  2. Menurunkan kolesterol
  3. Mengurangi resiko kanker usus dan kanker payudara
  4. Mencegah obesitas
  5. Membantu memperbaiki gigi rusak dan mengurangi kadar asam pada gigi
  6. Mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit

Terdapat dua jenis serat yang baik untuk tubuh yaitu serat larut dalam air dan serat tidak larut dalam air. Serat larut dalam air akan membentuk tekstur seperti gel ketika melewati saluran pencernaan. Jenis serat ini banyak terdapat pada oatmeal, kacang almond, brokoli, wortel, apel, pisang, pir, dan buah berry. Sedangkan serat yang tidak larut dalam air berguna untuk melancarkan buang air besar. Serat tidak larut dalam air banyak terdapat di sayuran hijau, gandum utuh, biji-bijian, buah tomat, kiwi, dan alpukat. Kedua jenis serat ini sama pentingnya bagi tubuh yaitu menyerap zat-zat yang tidak berguna di saluran pencernaan lalu dikeluarkan dari tubuh melalui sistem pembuangan. Meskipun terdengar sepele, namun jika terjadi buang air besar tidak lancar maka kotoran sisa hasil makanan akan tersimpan dalam tubuh dan bisa berubah menjadi racun yang berbahaya bagi kesehatan.

Makanan sumber serat
Pada umumnya pada orang dewasa membutuhkan serat 20-35 gram/hari, sedangkan berdasarkan penelitian rata-rata orang Indonesia hanya memenuhi 1/3 dari kebutuhan serat setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan serat sebenarnya banyak sumbernya. Semua makanan yang bernutrisi mengandung serat sehingga tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan serat sehari-hari. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung serat tertinggi (2 hingga 5 gram serat per 100 gram):

  1. Kacang kedelai
  2. Kacang hijau
  3. Jambu biji
  4. Kacang tanah
  5. Jagung
  6. Daun pepaya
  7. Kacang panjang

Untuk mendapatkan khasiat serat yang optimal, sebaiknya bahan makanan diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Mengolah makanan dengan cara digoreng menggunakan minyak kelapa akan meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol memang bisa diturunkan dengan mengkonsumsi banyak serat, namun jika semua makanan digoreng maka dibutuhkan cara yang lebih keras untuk mengurangi kadar kolesterol.