Peran Penting Buah Belimbing dalam Tubuh Manusia

Manfaat buah belimbing ternyata bukan hanya untuk memberikan rasa kenyang dalam tubuh dan melancarkan pencernaan. Masih ada banyak fungsi belimbing yang akan membantu anda mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Buah belimbing sendiri merupakan buah yang khas dari wilayah negara yang memiliki iklim tropis seperti negara Indonesia. 

manfaat buah belimbing, khasiat buah belimbing, buah belimbing untuk kesehatan

Buah belimbing banyak digemari oleh orang orang karena rasanya yang menyegarkan dan juga bentuk dan warna dari buah belimbing yang unik. Banyak juga resep masakan yang menggunakan buah belimbing sebagai bagian dari masakan untuk membuat makanan tersebut menjadi lebih lezat. Berikut ini adalah khasiat buah belimbing yang sangat baik bagi kesehatan anda.

Membantu menyehatkan organ pencernaan
Buah belimbing dapat membantu memberikan suplai serat dalam tubuh manusia. Serat ini akan membantu untuk mencegah adanya penyerapan kolesterol jenis LDL yang ada pada makanan ke bagian usus. Serat tersebut juga akan membantu untuk melindungi bagian selaput lendir yang ada pada organ usus dari potensi ancaman dari racun racun yang mungkin masuk ke tubuh. Serat ini akan mengikat bahan racun yang dapat berpotensi dalam menyebabkan kanker yang mungkin terjadi di usus besar. Serat dari buah belimbing juga dapat berguna untuk membantu menjadikan organ pencernaan menjadi lebih sehat dan terhindar dari potensi adanya kanker usus besar.

Mencegah terjadinya kanker
Vitamin C yang ada dalam kandungan buah belimbing dapat berguna secara efektif dalam mencegah potensi kanker yang mungkin muncul pada tubuh. Belimbing memiliki banyak kandungan vitamin C yang akan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Vitamin C merupakan bahan nutrisi yang dapat berperan sebagai zat anti oksidan alami yang efektif bekerja di dalam tubuh. Sebanyak 100 gram dari buah belimbing akan dapat mensuplai 34,7 mili gram atau sama dengan 57 persen dari kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Mengkonsumsi buah buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi akan memberikan anda kemampuan untuk terhindar dari segala potensi infeksi, radikal bebas dan juga sebagai anti inflamasi dalam tubuh.

Membantu dalam meningkatkan kerja dari enzim di tubuh
Belimbing memiliki banyak kandungan vitamin B kompleks, riboflavin, folat, dan juga piridoksin atau vitamin B6 yang akan berguna dengan efektif untuk membantu tubuh manusia dalam mendukung kerja dari enzim yang berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh.

Membantu mengatasi penyakit tekanan darah tinggi
Belimbing dapat dalam mengatasi tekanan darah tinggi dalam tubuh. Kandungan mineral dalam belimbing dan elektrolit seperti misalnya fosfor, kalium, seng dan juga zat besi akan membantu tubuh dalam mengendalikan denyut jantung dan juga tekanan darah. Kandungan ini juga dapat membantu untuk mengurangi pengaruh buruk yang dapat timbul karena adanya sodium dalam tubuh. Beberapa cara penyembuhan tekanan darah tinggi juga dilakukan dengan terapi belimbing.

Membantu mengatasi gangguan ginjal
Belimbing memiliki banyak konsentrasi dari asam oksalat yaitu senyawa yang dapat mengatasi apabila terjadi gangguan pada penyerapan dan juga metabolisme dalam cairan tubuh yang terjadi di organ ginjal.

Belimbing untuk kecantikan
Buah belimbing juga berguna untuk membantu dalam menjaga kecantikan. Buah belimbing dapat menjadi solusi yang tepat bagi anda untuk mengatasi kerontokan rambut dan juga membantu untuk menunda proses penuaan.
Baca juga artikel manfaat buah strawberry