Segudang Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Manfaat buah tin untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya buah tin kaya gizi seperti protein, vitamin, mineral, dan molekul gula. Tidak heran bila buah tin kerap dijadikan komposisi dasar membuat olahan susu. Orang Arab pun sering merebus daun buah tin sebagai herbal alami mengatasi rasa nyeri saat menstruasi. Lebih hebatnya lagi ternyata di dalam buah tin tidak didapati kandungan lemak, kolesterol, dan garam. Buah tin malah memiliki kandungan kalsium tinggi, zat besi, dan serat.

manfaat buah tin

Terdapat 2 jenis buah tin yaitu buah tin kering dan basah. Beda keduanya berada pada kandungan kalorinya. Buah tin kering memiliki kandungan kalori lebih banyak dibanding buah tin basah. Berdasar hasil penelitian diketahui dalam setiap 100 gram buah tin terkandung 20% lebih serat dibanding jumlah total serat harian yang dibutuhkan tubuh. Serat tersebut 28% diantaranya berjenis serat larut yang mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi kadar kolesterol berlebih. Oleh karena itu, buah tin sangat bermanfaat untuk kesehatan. Adapun berikut diberikan beberapa khasiat buah tin yang penting untuk Anda ketahui:

  • Mengoptimalkan Produksi Sel Darah Merah
Buah tin dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga sangat dianjurkan bagi penderita anemia. Peningkatan sel darah merah ini dapat mengingkatkan daya ingat dan mengurangi kelelahan 
  • Mencegah Osteoporosis
Buah tin bermanfaat untuk mencegah osteoporosis karena kaya akan kandungan kalsium. Kandungan kalsium tersebut akan meningkatkan kepadatan tulang secara optimal. Inilah mengapa buah tin sering diproduksi menjadi olahan susu dan bisa dikonsumsi sebagai asupan gizi alternatif bagi Anda yang mungkin memiliki alergi pada susu sapi.
  • Mengurangi Risiko Kanker
Buah tin diyakini memiliki kandungan yang ampuh melawan kanker, kandungan tersebut disebut polyphenols. Di dalam tubuh polyphenols akan berperan sebagai antioksidan guna menangkal serangan radikal bebas yang berisiko menyebabkan kanker. Selain itu, di dalam buah tin juga terdapat kandungan anti kanker lainnya yang disebut benzaldehyde dan coumarins. Benzaldehyde sudah terbukti ampuh sebagai anti tumor, sementara coumarins ampuh sebagai anti kanker prostat.
  • Mengurangi Berat Badan
Buah tin dapat mengurangi berat badan berlebih. Hal ini tentu cocok bagi Anda yang mengidamkan bentuk tubuh ramping ideal. Buah tin kaya kandungan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan dan BAB, sehingga dapat mengatasi masalah berat badan. Lebih lanjutnya buah tin ampuh pula untuk mengatasi wasir karena sistem pencernaan kembali lancar.
  • Mengobati Encok
Encok bisa dialami siapa saja. Encok sendiri disebabkan karena pengonsumsian daging merah dalam prosi berlebih sehingga memicu kerusakan asam amino yang disebut asam sel somatic. Dalam hal ini buah tin mempunyai kaitan dengan enzim yang secara khusus akan mengubah trimethyl jadi asamfolat. Enzim yang umumnya hanya bekerja di 1 sisi akan bekerja pada 2 sisi agar seimbang. Pasalnya kandungan dalam buah mampu menormalkan kinerja dari enzim.
  • Menjaga Kesuburan
Buah tin bila dikonsumsi secara rutin dapat menjaga kesuburan dan meningkatkan produksi sperma. Hal ini karena buah tin kaya akan antioksidan yang berperan penting melindungi asam lemak sperma dan mencegahnya agar tidak mudah rusak.

Cukup menarik bukan. Siapa sangka buah tin fungsinya baik untuk kesehatan tubuh. Baik buah tin kering atau basah keduanya sama-sama memiliki manfaat luar biasa. Sekian ulasan kali ini. Jangan lupa pula untuk membaca ulasan lainnya yang tentu tidak kalah menarik. Mari lanjut membaca ke artikel tentang manfaat buah rambutan