Manfaat buah merah, ajaib dari papua

Manfaat buah merah yang berasal dari Indonesia paling timur ini ternyata menyimpan segudang khasiat untuk kesehatan tubuh.  Tahukah Anda apa itu buah merah? Yang dimaksud buah merah bukanlah buah yang berwarna merah, namun buah yang berasal dari Papua dan Papua Nugini dengan nama latin Pandanus conoideus Lamk. Oleh masyarakat asli Papua, buah merah banyak digunakan minyaknya sebagai minyak nabati untuk mengolah makanan pokok seperti sagu dan ubi. Ada banyak sekali khasiat buah merah untuk kesehatan, berikut adalah uraiannya.


manfaat buah merah, khasiat buah merah dari papua

Mencegah kebutaan
Buah merah mengandung betakaroten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Betakaroten juga berguna untuk mencegah terjadinya kebutaan dan mata minus pada anak-anak dan remaja. Selain menjaga kesehatan mata, betakaroten pada buah merah ternyata juga bisa mengatasi penyakit gondok.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Meskipun belum dibuktikan secara lanjut, namun buah merah disebut dapat menyembuhkan penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV. AIDS adalah penyakit menular yang merontokkan sistem kekebalan tubuh. Secara umum, buah merah merupakan sumber antioksidan yang tinggi berupa tokoferol dan betakaroten yang membantu tubuh untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan mengurangi gejala penyakit AIDS.

Melancarkan sirkulasi darah
Sirkulasi darah yang terhambat bisa disebabkan oleh adanya penggumpalan darah di pembuluh darah. Buah merah bermanfaat untuk mengencerkan darah dan mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga sirkulasi darah bisa lancar. Jika sirkulasi darah, maka resiko terkena penyakit seperti stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan lain-lain akan menurun.

Mengatasi asam urat
Kandungan pada buah merah dapat memperbaiki kerja liver sehingga tidak memproduksi asam urat berlebihan. Asam urat merupakan zat turunan purin yang berasal dari makanan, lalu diproses menjadi asam urat oleh liver yang berguna bagi tubuh. Namun jika asam urat yang diproduksi berlebihan, maka kelebihannya bisa menjadi batu dan menghambat saluran kandung kemih, dan mengumpul di persendian tulang terutama di bagian kaki. fungsi buah merah untuk mengatasi asam urat terdapat pada kandungan lemaknya.

Mengatasi herpes
Minyak buah merah dipercaya bisa mengatasi bintil-bintil merah karena penyakit herpes. Penyakit herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui hubungan seksual, pakaian, keringat, dan lingkungan yang tidak bersih. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut, namun masyarakat lokal Papua biasa mengoleskan mintak buah merah ke kulit yang terkena herpes.

Mengatasi diabetes
Buah merah untuk mengatasi diabetes adalah memperbaiki fungsi kerja pankreas sehingga pankreas dapat memproduksi insulin dengan baik. Penyakit diabetes adalah penyakit di mana insulin yang diproduksi oleh pankreas tidak dapat bekerja dengan maksimal yaitu mengontrol kadar glukosa yang diserap oleh darah. Pada penderita diabetes tipe 1, insulin haus disuntikkan secara manual setiap hari. Sedangkan pada diabetes tipe 2, tidak perlu disuntikkan insulin melainkan harus menjaga kadar glukosa pada tingkat normal. Pada buah merah terdapat tokoferol dan vitamin E yang dapat memperbaiki pankreas untuk memproduksi insulin dan menghilangkan resistensi insulin oleh tubuh.

Mencegah osteoporosis
khasiat buah merah mengandung kalsium yang tinggi yang baik untuk menyuplai tubuh dengan kalsium yang dibutuhkan. Tubuh memerlukan kalsium selain untuk kesehatan tulang, jika tubuh kekurangan kalisum, maka secara otomatis tubuh akan mengambil kalsium dari tulang yang kemudian akan menyebabkan tulang keropos dan rapuh. Osteoporosis lebih banyak terjadi pada wanita berusia di atas 60 tahun.
Baca juga manfaat buah lontar