TOMAT, SI BULAT CANTIK NAN MERAH KAYA MANFAAT

Buah/sayur tomat sepertinya sudah semua orang tahu. Baik kanak-kanak sampai dengan orang lanjut usia, mengerti bahwa tomat itu kaya akan vitamin C yang baik untuk pertahanan tubuh. Dan mengandung serum yang menjadi anti bodi alami bagi tubuh.


Manfaat Buah Tomat

Sekilas Tentang Tomat
Tomat adalah tanaman sepanjang musim, artinya dia bisa tumbuh tanpa mengenal waktu. Selain itu tomat juga dapat tumbuh subur di manapun, tanpa syarat tertentu akan kondisi tanah dan lahannya. Dalam sejarah panjang perkembangan tomat ini, pada awalnya hanya merupakan benih yang ditemukan di wilayah Peru, Ekuador serta Negara Bolivia. Selanjutnya menyebar cepat ke seluruh negeri.

Tomat memiliki nama latin Lycopercisum esculentum. Sedangkan orang Inggris dan sebagian daratan Eropa dan Amerika menyebutnya sebagai tomatoes. Lalu orang Perancis menamai buah ini dengan sebutan Pomme D’amour yang bermakna ‘apel cinta’. Karena kebetulan bentuknya mirip apel kecil dalam jenis tertentu. Di kalangan kaum bangsawan kuno, tomat juga dipercaya mampu meningkatkan kekuatan pria, memperbanyak jumlah sperma serta pulihkan gangguan lemah syahwat. Begitu banyak manfaat buah tomat, sehingga membuat buah mungil ini cukup mudah diterima oleh masyarakat.

Meski bentuknya yang mungil, namun buat tomat memiliki beberapa varian jenis. Yakni :
a. Tomat buah. Tomat buah bisa memiliki ukuran sedang, dan juga besar. Tomat buah sangat enak rasanya untuk dibuat jus tomat. Tinggal ditambah sedikit gula dan sedikit sirup. Karena aroma dan rasa dasar dari buah tomat, memang sudah cukup enak.
b. Tomat sayur. Tomat sayur, biasanya ukurannya agak lebih kecil daripada tomat buah. Orang senang menjadikan tomat sayur sebagai bahan sambal. Karena menambah citarasa sambal yang sedang dibuat.
c. Tomat ceri. Tomat jenis ini sangat kecil bentuk fisiknya. Ada yang sebesari biji kelereng. Tomat ceri dapat diolah menjadi berbagai jenis panganan olahan lainnya. Misalnya : manisan tomat ceri, acar tomat ceri yang dikemas, tomat ceri kaleng, tomat ceri yang bisa dimakan langsung sebagai cemilan sehat, atau dijadikan asinan buah tomat ceri.

Kandungan Nutrisi Tomat
Segala jenis tomat semuanya mengandung vitamin C, vitamin A, zat fitonutrien dan mineral. Tomat juga mengandung banyak zat anti-oksidan yang aktif, serum, dan zat lycopene.
Selain itu kandungan gizi pada setiap 100 gram buah tomat yang dalam Daftar Komposisi Bahan Makanan yang ditetapkan oleh Departemen Kesehaan RI tahun 2000, mengandung :  5 mg calcium, 20 ccal kalori, 1,0 gram protein, 0,3 gram lemak, 4,2 gram karbohidrat, 40 mg vitamin C, serta 1.500 SI (satuan Indonesia) vitamin A.

Khasiat Buah Tomat
Manfaat dari buah tomat menurut kandungan yang diketahui, bisa banyak menangkal berbagai penyakit. Di antaranya adalah sebagian dari serangan radikal bebas. Secara lengkap, 

berikut informasi mengenai manfaatnya dari buah tomat ini berdasarkan kandungan-kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram buah tomat.

a. Penghancur radikal bebas, seperti polusi udara, radiasi sinar ultraviolet, dan kerasnya asap rokok. Semua ini berkat kandungan zat antioksidan di dalam tomat bernama lycopene. Lycopene adalah pigmen atau zat warna merah dalam tomat.
b. Pencegah kerusakan sel, yang bisa menjadi penyebab cancer prostat, cancer leher rahim serta cancer perut serta cancer pancreas. Semua kerusakan sel tersebut dapat dicegah berkat adanya lycopene juga. Atau pigmen tomat.
c. Penahan rasa nyeri seperti demam, sakit kepala, sakit gigi berkat kandungan antipiretik yang juga terdapat pada tomat.
d. Pencegah wasir, sembelit serta gangguan sistem pencernaan lainnya, berkat serat yang terkandung pula pada tomat.
e. Pengangkat sel kulit mati serta penghalus kulit wajah, berkat kandungan vitamin A dan vitamin C.
f. Pemelihara gigi, pertumbuhan rambut dan tulang, karena kandungan calcium pada tomat.
g. Penjaga kestabilan stamina tubuh, berkat kandungan karbohidrat dan protein dalam tomat tersebut.
h. Penghangat tubuh yang baik dan alami akibat adanya kandungan lemak dan kalori.
i. Penyerap kelebihan lemak yang menimbun di bawah folikel rambut serta di bawah jaringan kulit.
j. Berperan penting untuk penyusunan dan pembentukan collagen dalam tubuh.
k. Membuat orang terlihat awet muda, berkat kandungan collagen serta stamina yang baik.