Waspada Kanker mulut

Peringatan Untuk Perokok, Waspada Bahaya Kanker Mulut
Kanker mulut adalah kanker yang menyerang rongga mulut atau oral yang pada mulanya menyerang lidah atau bagian bawah mulut. Kanker mulut bahkan bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain seperti kelenjar getah bening, paru-paru, dan bagian tubuh lainnya. Kanker mulut disebabkan karena sel-sel mutan yang terus berkembang dan menyerang sel sehat lainnya dan menyebar di sekitar area mulut. Kanker ini bisa disebabkan karena faktor keturunan, namun secara umum faktor penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol, merokok, terlalu sering terpapar sinar matahari pada siang hari, dan kekurangan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan.

Waspada Kanker mulut, awas Kanker mulut, bahaya Kanker mulut

Gejala kanker mulut
Bagi Anda yang mengalami pembengkakan di mulut sebaiknya berhati-hati dan waspada kanker mulut. Selain pembengkakan pada mulut, kanker mulut juga ditandai dengan pendarahan dan rasa nyeri yang tidak biasa pada rongga mulut. Sariawan berkepanjangan dan sulit untuk berbicara juga merupakan gejala dari kanker mulut. Selain gejala yang sudah disebutkan, berikut adalah gejala lain yang bisa Anda cermati:

  1. Luka pada wajah dan leher serta sariawan tidak kunjung sembuh atau reda dalam kurun waktu 2 minggu
  2. Gusi, bibir, maupun bagian mulut yang lain akan mengalami pembengkakan atau muncul benjolan, pada mulut juga terjadi pendarahan atau timbul luka
  3. Di dalam mulut terdapat bercak-bercak putih atau bercak berwarna merah dan gelap
  4. Pada wajah, mulut, dan leher terasa kebal dan mati rasa
  5. Gigi-gigi goyang dan mudah copot tanpa penyebab yang jelas.

Pencegahan kanker mulut
Waspada kanker mulut bisa dilakukan dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan karena kanker mulut adalah kanker yang berbahaya yang bisa menyerang organ lain tidak hanya rongga mulut saja. Beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan, antara lain adalah:

  1. Jaga kesehatan mulut agar sel kanker tidak bisa berkembang dan daya tahan tubuh tetap terjaga karena mulut merupakan pintu masuk bagi kuman, virus, dan bakteri. Menjaga kesehatan mulut bisa dilakukan dengan menggosok gigi setiap hari sebanyak 2 kali, membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus gigi, dan kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.
  2. Hentikan konsumsi tembakau baik untuk merokok atau menyirih. Nikotin pada tembakau dapat menyebabkan mulut menjadi asam dan mudah terserang penyakit. Mengkonsumsi nikotin hanya akan menimbulkan masalah kesehatan pada Anda dengan kenikmatan sesaat yang menipu. Begitu juga dengan alkohol, semakin banyak dan semakin lama Anda mengkonsumsi alkohol maka resiko terkena kanker mulut akan semakin besar.
  3. Lindungi bibir dari paparan sinar matahari. Sinar matahari mengandung sinar UV yang merupakan sumber radikal bebas dan bisa menyebabkan sel kanker berkembang pada bibir Anda. Bagi para wanita, gunakan lipstick atau pelembab bibir dengan SPF yang memadai sebagai tabir surya.
  4. Melakukan pemeriksaan sendiri secara rutin terutama bagi Anda yang beresiko tinggi terkena kanker mulut baik untuk mendeteksi kanker sejak dini. Buka mulut Anda lebar-lebar dan amati kondisinya, jika muncul sesuatu yang tidak normal segera periksakan ke dokter mulut untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

Pencegahan penyakit secara umum seperti rajin berolahraga dan mengubah pola makan menjadi pola yang sehat juga sebaiknya dilakukan untuk mengurangi resiko terkena kanker. Dengan hidup sehat maka metabolisme tubuh juga sehat sehingga tidak memberi kesempatan bagi sel penyakit dan sel kanker untuk berkembang.