Waspada Kanker Paru-paru Mengancam Kehidupan Anda

Waspada kanker paru-paru sangat perlu bagi seluruh kalangan masyarakat. Mengingat penyakit yang satu ini begitu berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Tentunya hal semacam ini sebenarnya dapat dicegah jika Anda terbiasa untuk menjalankan gaya hidup sehat setiap harinya.
Kanker paru-paru sendiri merupakan salah satu dari jenis kanker yang sebenarnya dapat dicegah. 80% hingga 90% persen dari kasus kanker paru-paru yang ada berhubungan erat dengan kebiasaan merokok. Padahal penyakit ini tidak menunjukkan adanya gejala yang cukup jelas ketika berada pada stadium atau tahap-tahap awal. Namun, gejala-gejala seperti halnya batuk darah yang berkelanjutan, merasa kehabisan napas hingga sesak, penurunan berat badan secara drastis serta kelelahan tanpa alasan yang jelas akan terus menerus muncul.

Waspada Kanker Paru-paru, hati hati Kanker Paru-paru, gejala kanker paru paru

Jenis-jenis kanker paru-paru
Kanker paru-paru primer terbagi menjadi dua jenis, penemuan ini berdasarkan jenis dari sel kanker itu sendiri. Jenis yang pertama yaitu kanker paru-paru sel kecil atau SCLC (small-cell lung cancer) sementara jenis kedua yaitu kanker paru-paru non-sel kecil atau NSCLC (non-small-cell lung cancer).
SCLC memiliki peluang empat kali jauh lebih sering untuk terjadi jika dibandingkan dengan jenis NSCLC. Bahkan SCLC umumnya hanya menimpa para perokok akut serta penyebarannya berjalan dengan sangat cepat jika dibandingkan penyebaran NSCLC.

Faktor resiko
Dapat dikatakan bahwa merokok merupakan penyebab utama dari terjadinya kanker paru-paru. Sementara orang yang memiliki resiko terbesar untuk terserang merupakan perokok aktif. Terdapat sekitar 80% hingga 90% kanker paru-paru yang berkaitan erat dengan kebiasaan merokok seseorang secara aktif. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa setiap perokok pasti akan terkena penyakit ini. Hal ini dikarenakan orang-orang yang tidak merokok juga memiliki kemungkinan untuk terserang penyakit ini, meskipun memang dengan jumlah yang lebih rendah.
Selain rokok, faktor lain yang dapat menjadi penyebab dari terjadinya kanker paru-paru yaitu menghirup arsenik, polusi udara serta radiasi. Umumnya penyakit ini juga menyerang orang-orang dengan usia lanjut.

Gejala-gejala
1.     Mengalami rasa nyeri di bagian dada serta sesak nafas secara tiba-tiba.
2.     Batuk berkelanjutan yang semakin bertambah parah hingga menjadi batuk berdarah.
3.     Mengalami pembekakan pada bagian wajah dan leher.
4.     Kelelahan yang terjadi tanpa alasan.
5.     Mengalami sakit kepala.
6.     Berat badan menurun secara drastis.
7.     Mengalami sakit pada bahu, tulang, tangan maupun lengan.
8.     Kehilangan nafsu atau selera makan.
9.     Kesulitan ketika menelan makanan atau minuman.
10.  Suara lambat laun berubah menjadi serak.
11.  Terjadi perubahan pada bentuk ujung jari yang cenderung cembung.

Metode pengobatan
Pengobatan untuk kanker paru-paru dapat dikatakan sangat bergantung dengan jenis kanker yang diderita. Sementara tingkat penyebaran dari kanker ini serta kondisi dari kesehatan para penderita juga sangat berpengaruh terhadap metode pengobatan maupun penanganan yang harus dilakukan.

Operasi untuk mengangkat sel kanker dapat dilakukan apabila sel-sel kanker tersebut belum meluas ke beberapa bagian tubuh lainnya. Namun, jika ternyata kondisi kesehatan yang ada tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya operasi pengangkatan, maka cara penanganan lain juga dapat diterapkan. Seperti penghancuran sel kanker menggunakan metode radioterapi yang juga dapat dijalankan.

Untuk tingkat kesembuhan dari pengobatan yang dilakukan tergantung dengan penyebaran sel kanker serta kapan diagnosis dari kanker tersebut diketahui. Pasalnya semakin awal diagnosis tersebut dilakukan, maka kemungkinan tindakan pengobatan untuk mencapai angka keberhasilan juga akan menjadi jauh lebih tinggi.
Artikel terkait tentang pencegahan kanker paru-paru menggunakan buah sawo.