Yuk Konsumsi Mangga, Rajanya Semua Buah

Manfaat buah mangga yang begitu banyaknya membuat buah yang satu ini layak disebut sebagai rajanya buah-buahan. Kalau tidak percaya, berikut merupakan manfaat-manfaat yang dapat diperoleh ketika mengkonsumsi buah mangga, terlepas dari rasanya yang memang enak dengan paduan manis-asam.

manfaat buah mangga, khasiat mangga

Mencegah dan Melawan Kanker
Mangga memiliki kandungan antioksidan seperti quercetin, isoquercitrin, fisetin, astragalin, asam galat dan metil gallat. Oleh karena itu mengkonsumsi mangga setiap hari sangat baik untuk mencegah tubuh terkena kanker usus, kanker payudara, kanker getah bening, kanker prostat dan leukemia atau kanker darah.

Menjaga Kolesterol
Vitamin C, pektin dan serat juga merupakan kandungan utama pada mangga yang sangat membantu untuk menurunkan kadar serum kolesterol. Selain itu, mangga yang segar juga kaya akan kandungan kalium yang merupakan kandungan esensial dari sel dan cairan tubuh, yang berfungsi untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Merawat Kulit
Khasiat buah mangga untuk kecantikan bisa untuk menjaga kesegaran, membuka pori-pori yang menyebabkan jerawat dan menjaga kulit lembut dan halus. Caranya ialah dengan memotong tipis mangga dan tempelkan pada wajah selama 10-15 menit. Selain itu, bisa juga dengan membuatnya sebagai scrub untuk kulit. Perawatan dengan mangga ini cocok untuk semua jenis kulit.

Menjaga Alkali
Kandungan alkali pada tubuh perlu dijaga. Dalam hal ini, mangga yang kaya akan asam tartarat, asam malat dan sedikit asam sitrat dapat sangat berkontribusi untuk menjalankan fungsi tersebut.

Menurunkan Berat Badan
Mangga punya kandungan nutrisi dan vitamin yang banyak dan dapat membantu tubuh merasa lebih cepat kenyang. Selain itu, kandungan seratnya juga sangat bagus untuk membakar kelebihan kalori dalam tubuh. Dengan demikian, rajin mengkonsumsi mangga sangat membantu dalam proses penurunan berat badan.

Mengontrol Diabetes
Mangga memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni hanya 41-60. Oleh karena itu, mengkonsumsinya tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Sebaliknya, merebus 5-6 daun mangga untuk diminum secara rutin juga baik untuk mengatur kadar insulin dalam tubuh lho!

Aphrodisiac
Bisa dibilang juga apabila mangga disebut sebagai ‘buah cinta’. Hal ini karena kandungan vitamin E-nya yang melimpah mampu mengontrol hormon seks sekaligus meningkatkan kenjantanan pada pria.

Menjaga Kesehatan Mata
Mangga juga kaya lho akan kandungan vitamin A. 1 mangkuk irisan mangga bahkan bisa memenuhi 25% kebutuhan vitamin A harian. Dengan demikian, penglihatan jadi lebih jelas, mata tidak mudah kering dan kita terhindar dari rabun senja.

Membantu Proses Pencernaan
Mangga kaya akan serat pre-biotik, vitamin dan mineral. Selain itu, mangga juga mengandung enzim yang membantu pemecahan protein dan juga serat yang baik untuk melancarkan buang air besar.

Menguatkan Imun
Dengan kombinasi vitamin C, vitamin A dan 25 jenis karotenoids yang dikandung oleh mangga, mengkonsumsinya secara rutin akan membantu sistem imun tetap sehat dan kuat.

Menguatkan Fungsi Otak
Kaya akan asam glutamin yang merupakan protein penting untuk menutrisi otak, mengkonsumsi mangga akan sangat baik untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan memori, terutama pada anak-anak.

Mencegah Anemia
Kaya akan kandungan zat besi, mangga sangat baik untuk mencegah anemia. Bahkan selain zat besi, bagi wanita menopause dan hamil, mengkonsumsi mangga juga memberi mereka kandungan kalsium sekaligus.

Mencegah Batu Ginjal
Dalam metode pengobatan Cina, mangga dapat mengurangi resiko formasi batu ginjal oleh rasa manis asam dan energi pendinginnya.