4 Manfaat Penting Ubi Jalar Bagi Ibu Hamil

Ubi jalar atau ketela rambat merupakan tanaman yang umbinya dimnafaatkan sebagai bahan makanan. Bahkan di beberapa daerah di luar Jawa dan beberapa negara lain, ubi jalar merupakan makanan pokok karena mengandung banyak karbohidrat. Menanam ubi jalar juga lebih mudah dibandingkan dengan beras. Ubi jalar yang memiliki beberapa varietas dan warna ini memiliki rasa yang manis namun rendah lemak. Kandungan utamanya adalah vitamin A,C, dan E serta banyak mineral lainnya seperti beta karoten, magnesium, kalium, fosfor, dan kandungan nutrisi lainnya. Jumlah vitamin A dalam 100 gram ubi jalar hampir setara dengan 100 gram wortel. Karena kandungan nutrisinya yang banyak, ubi jalar sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil.

Manfaat ubi jalar untuk ibu hamil

Memenuhi kebutuhan vitamin A
Manfaat ubi jalar untuk ibu hamil yang pertama adalah karena kandungan vitamin A-nya yang tinggi yang sangat diperlukan untuk ibu maupun janinnya. Untuk ibu hamil, vitamin A berguna untuk ibu melawan dan mencegah terjadinya infeksi di samping untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu vitamin A juga berguna untuk memperbaiki jaringan-jaringan tubuh pasca melahirkan.
Ibu hamil membutuhkan sekitar 770 mg atau 2,565 IU setiap harinya. Ketika ibu sedang dalam menyusui, kebutuhan vitamin A-nya meningkat hingga 1.300 mg atau 4,330 IU setiap hari. Mengkonsumsi secangkir kecil ubi jalar sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin A bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Setiap 100 gram ubi jalar mengandung 14.187 IU.

Mencegah anemia
Salah satu mineral yang sangat penting bagi ibu hamil adalah zat besi. Zat besi mencegah ibu hamil mengalami anemia atau kurang darah dan mencegah bayi terlahir dengan berat badan di bawah normal. Zat besi pada janin berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya dan mengurangi resiko lahir prematur. Selain itu zat besi juga baik untuk janin karena bisa membangun struktur tulang, tulang rawan dan jaringan ikat lainnya menjadi lebih kuat.
Sedangkan untuk ibu hamil, zat besi berfungsi untuk memproduksi sel darah merah lebih banyak sehingga oksigen bisa menyalurkan zat-zat makanan ke seluruh tubuh dan kepada janin. Kekurangan zat besi bisa berakibat pada pendarahan dan berat badan yang menurun. Zat besi juga bisa membantu menyembuhkan luka pasca melahirkan.
Untuk membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik, dibutuhkan asupan vitamin C yang cukup. Secangkir ubi jalar yang dipanggang bersama kulit dapat memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin C ibu hamil setiap hari. Ibu hamil membutuhkan vitamin C 80-85 mg sehari sementara secangkir ubi jalar mengandung sekitar 39 mg vitamin C.

Memenuhi kebutuhan serat
Masalah umum yang paling sering terjadi pada ibu hamil adalah sembelit atau sulit untuk buang air besar. Untuk melancarkan pencernaan, serat yang cukup adalah jawabannya. Kekurangan serat selain bisa mengakibatkan sembelit dan ambeien, juga bisa menyebabkan preeklamsia pada ibu hamil. Preeklamsia pada ibu hamil merupakan kondisi yang sering terjadi, gejalanya adalah tekanan darah yang naik, wajah dan tumit membengkak, dan ditemukannya protein dalam urin. Ibu hamil yang terkena preeklamsia biasanya bayi lahir dalam keadaan prematur dan tidak berkembang dengan baik.
Serat yang cukup juga mengurangi resiko ibu hamil terkena diabetes gestational atau diabetes yang hanya dialami oleh ibu hamil. Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat namun rendah lemak seperti ubi jalar baik untuk mencegah diabetes. Kebutuhan ibu hamil akan serat per hari adalah 28-34 gram, sementara pada secangkir ubi jalar terdapat 6,6 gram serat.

Mencegah morning sickness
Sebagian besar ibu hamil pasti mengalami morning sickness, yaitu mual-mual bahkan muntah di pagi hari. Gejala ini biasanya muncul pada trisemester pertama dan sering membuat rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Untuk mengatasi morning sickness, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B6. Vitamin B6 merupakan vitamin B kompleks yang dapat mengurangi gejala morning sickness pada ibu hamil. Selain itu Vitamin B6 juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ibu hamil tidak mudah sakit. Salah satu sumber vitamin B6 yang baik adalah ubi jalar.