BERBAGAI MANFAAT UBI KAYU UNTUK IBU HAMIL

Ubi kayu disebut juga dengan nama latin manihot utilisima. Singkong atau ubi kayu ini merupakan perdu tropika, yang merupakan suku Euphorbiaceae. Ubi kayu atau singkong mengandung kadar karbohidrat yang tinggi, serta daunnya baik untuk dimasak sebagai sayur.

manfaat ubi kayu untuk ibu hamil

Kandungan Ubi Kayu
Ubi kayu mengandung asam amino metionina. Atau protein tinggi yang di dalamnya banyak terdapat energy serta kaya akan karbohidrat. Ubi kayu atau singkong, memiliki kandungan setiap per 100 gr yaitu sebagai berikut :
a.     121 cal kalori
b.    62,50 gr air
c.     40 gr fosfor
d.    34 gr karbohidrat
e.     33 mg calcium
f.     30 mg Vitamin C
g.    1,20 gr protein
h.     0,70 mg besi
i.      0,30 gr lemak
j.      0,01 mg Vitamin B1

Manfaat Ubi Kayu
Kini setelah Anda mengetahui bagaimana ubi kayu berasal, serta kandungan apa saja yang ada di dalamnya, maka kini Anda bisa mengetahui pula beberapa manfaat ubi kayu yang sudah diketahui, sebagai berikut :

a.     Singkong baik Diet
Kandungan karbohidratnya lebih rendah dibandingkan nasi serta roti Namun cukup tinggi kandungan seratnya, sehingga tetap memberi efek kenyang pada perut.

b.    Singkong adalah sumber Vitamin
Beberapa jenis vitamin yang terkandung dalam singkong, seperti Vitamin B kompleks, serta kelompok vitamin B6. Dan yang lainnya adalah folates, piridoksin, riboflavin serta thiamin dan asam pantotenat.
Peran riboflavin di sini adalah produsen sel darah merah, untuk penderita anemia, serta mendukung pertumbuhan tubuh Anda.

c.     Singkong sumber protein tinggi
Masih lebih tinggi kandungan protein singkong dibanding ubi, kentang serta pisang. Sangat cocok bagi olahragawan yang sedang membesarkan badan dan berlatih otot.

d.    Singkong merupakan sumber mineral penting
Beberapa jenis mineral dihasilkan oleh singkong, seperti seng, tembaga, besi serta magnesium. Dan semua jenis mineral tersebut sungguh sangat dibutuhkan oleh tubuh.

e.     Singkong atau ubi kayu sumber serat yang baik
Kandungan serat yang banyak terkandung adalah Insoluble Fiber, disebut juga dengan serat tak larut dalam air. Serat tersebut membuat lancar jalannya buang air besar, serta menyerap toksi pada usus dengan baik, yang membuat pencernaan Anda sehat.

f.     Ubi kayu atau singkong adalah zat antioksidan yang baik.
Juga sebagai obat anticancer, antitumor yang alami. Bisa juga penambah napsu makan, terutama daunnya.

g.    Ubi kayu merupakan sumber nutrisi lengkap
Kandungan lengkapnya adalah lemak, calcium, fosfor, kalori, protein, zat besi, Vitamin B dan C, serta amilum. Pada daun terkandung Vitamin A, B1 dan C. Juga fosfor, protein, hidrat arang, serta zat besu dan calcium serta kalori. Pada batangnya terkandung, calcium, glikosida, enzim peroksidase, serta tannin. Pada akar atau singkongnya mengandung oksalat dan zat besi serta protein.

h.     Ubi kayu sebagai obat reumatik
Dengan cara memakai dari luar dan dalam. Pemakaian dari dalam dengan cara diminum. Campurannya adalah 5 lembar daun ubi kayu, 15 gr jahe merah, serta kapur sirih. Kemudian haluskan dan tambahkan dengan air. Setelah tercampur rata lalu oleskan pada tubuh reumatik yang nyeri.
Pemakaian dari dalam berguna untuk mengurangi derita reumatik, caranya adalah : ambillah 100 gr batang ubi kayu, sebatang sereh, serta 15 gr jahe rebus, dan 1000 cc air minum bersih. Kemudian semua bahan direbus, sampai tinggal 400 cc. Selanjutnya disaring, serta diminum dua kali dalam sehari, 200 cc rebusan resep obat reumatik.

i.      Ubi kayu sebagai obat berbagai penyakit
Contohnya adalah, obat cacingan, rabun senja, disentri, diare, sakit kepala, demam, sakit kepala, obat luka, serta sakit beri-beri. Dan yang paling utama adalah dapat menjadi peningkat stamina tubuh.

j.      Ubi kayu atau singkong sebagai obat sakit kepala serta demam
Caranya adalah dengan dikompres. Untuk obat demam, gunakan 60 gram batang pohon ubi kayu, 30 gr jali-jali yang direndam, dan 800 cc air minum bersih. Kemudian rebus sampai tinggal 400 cc. Diminum sampai dua kali dalam satu hari, 200 cc.

k.     Ubi kayu sebagai obat luka nanah
Caranya dengan menumbuk batang ubi kayu sampai lebur, lalu tempelkan di bagian tubuh yang sakit.