Gejala Penyakit Ginjal dan Pengobatannya

Seringkah Anda mendengar penyakit ginjal? penyakit ini mungkin sering sekali Anda dengar, namun Anda kurang begitu paham dengan penyakit ini. Apa sebenarnya penyakit ginjal itu? Penyakit ginjal sebenarnya memiliki arti tidak berfungsinya organ ginjal secara optimal, sering sekali di sebut gagal ginjal. Sisa-sisa dari metabolisme yang tidak segera di keluarkan oleh tubuh akan menjadi racun, racun ini nanti yang akan menimbulkan rasa seperti muntah, mual, serta sakit kepala pada penderitanya.

Gejala Penyakit Ginjal dan Pengobatannya

Sebenarnya penggolongan gagal ginjal juga berbagai macam. Ada akut serta kronik. Biasanya penyebab kegagalan ginjal yang sudah akut ini adalah adanya penyumbatan saluran ginjal oleh batu. Jika dalam tahap ini tidak segera di obati tentu saja akan semakin parah. Bila sudah parah, gagal ginjal yang sudah akut ini akan menjadi permanen, permanen ini dalam artian tidak bisa disembuhkan lagi. Otomatis penderita harus melakukan perawatan seumur hidupnya. Tentu Anda tidak mau jika hal ini terjadi pada diri Anda. Agar Anda tidak mengalami hal tersebut, lebih baik Anda lebih jeli dalam melihat gejala penyakit ginjal dan pengobatannya.

Penyakit ginjal ini tentu akan lebih mudah di tangani jika Anda melakukan perawatan atau tanggap terhadap gejala penyakit ginjal. Beberapa gejala penyakit tersebut adalah:

• Demam, demam ini berbeda dengan demam biasa, jika demam seperti penyakit biasa mungkin di tandai dengan pilek atau batuk, namun demam ini lebih disertai dengan berbagai gejala lain,
• Terasa nyeri pada bagian punggung, paha, serta bagian tubuh samping, jika sudah muncul nyeri ini, lebih baik Anda patut mewaspadainya,
• Sering sekali buang air kecil, padahal minuman yang di konsumsi tidak berlebihan, seringnya buang air kecil ini juga di tandai dengan sering pula munculnya keinginan untuk buang air,
• Seperti rasa panas atau terbakar di saat buang air kecil,
• Saat buang air kecil muncul darah atau cairan yang berada di urin, jika sudah muncul darah ini, gejala ginjal Anda sudah dalam tahap parah.

Sebenarnya pengobatan penyakit ginjal ini bertujuan untuk meminimalisir komplikasi serta gejala yang sudah di derita. Beberapa macam pengobatan pada penyakit ginjal, antara lain:

• Memberikan obat-obatan, obat-obatan ini biasanya di gunakan untuk memperlambat jalannya penyakit tersebut,
• Terapi untuk memperlambat penyakit,
• Cuci darah, hal ini karena ginjal tidak bisa bekerja dengan optimal maka terus di bantu dengan cuci darah,
• Mengurangi makanan-makanan yang mengandung protein, fosfat ataupun garam.

Anda juga bisa melakukan pencegahan seperti memperbanyak konsumsi air putih, usahakan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya, jika Anda ingin buang air kecil, lebih baik jangan menahannya, segeralah buang air kecil, selain hal tersebut kencing setelah melakukan hubungan seksual ternyata juga sangat di perlukan dalam pencegahan penyakit ini. Namun salah satu faktor utamanya tetap saja kebersihan organ tubuh. Jika Anda bisa menjaga kebersihan organ tubuh yang Anda miliki, tentu saja tubuh Anda akan terbebas dari penyakit ini.

Namun beberapa hal yang harus Anda garis bawahi selain kebersihan ialah olahraga, sudah menjadi rahasia umum bila olahraga merupakan faktor yang paling penting di lakukan untuk mengurangi timbulnya berbagai macam penyakit yang muncul, tak terkecuali ginjal. Jika Anda memiliki waktu luang yang panjang di pagi hari, tidak ada salahnya Anda menyempatkan olahraga.