manfaat buah jeruk nipis untuk diet

Diet Sehat Dengan Si Kecil Jeruk Nipis
Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata diet? Mengurangi porsi makan? Menyiksa diri sendiri dengan tidak makan makanan manis? Sebagian dari hal tersebut memang benar. Lebih tepatnya diet adalah akivitas untuk mengubah pola makan menjadi lebih teratur dan lebih sehat. Sedangkan untuk makanan manis memang harus dibatasi karena makanan manis mengandung banyak gula dan kalori yang jika terlalu banyak dikonsumsi Anda bukan hanya menjadi gemuk namun akan mudah terkena pengakit seperti diabetes, kolesterol, dan teman-temannya. Diet tidak perlu dengan mengkonsumsi obat pelangsing, cukup dengan bahan alami seperti jeruk nipis bisa membantu Anda mengendalikan berat badan.

manfaat buah jeruk nipis untuk diet

Khasiat jeruk nipis untuk diet
Jeruk nipis kaya akan vitamin C bahkan lebih banyak dibandingkan dengan jeruk biasa. Vitamin C mampu membantu tubuh menyerap kalsium dari sel-sel lemak dan membantu tubuh untuk membakar lemak menjadi sumber energi. Oleh karena itu vitamin C sangat baik dikonsumsi untuk membantu mengurangi tumpukan lemak di tubuh. Kandungan pada jeruk nipis berguna untuk mencegah hati memproduksi senyawa yang bisa menyebabkan kadar kolesterol naik. Jika kolesterol naik maka akan mengganggu kerja sistem metabolisme yang berakibat pada penimbunan lemak.

Manfaat buah jeruk nipis untuk diet juga dikarenakan kandungan asam sitratnya yang tinggi. Asam sitrat dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga buang air besar lebih lancar. Jika buang air besar lancar, maka perut yang buncit pun bisa dikecilkan. Tingkat keasaman asam sitrat yang tinggi pada jeruk nipis juga mengurangi penyerapan gula dalam tubuh. Tingginya kadar gula dalam darah bisa beresiko tinggi terkena penyakit diabetes. Sedangkan penyakit diabetes sendiri pada umumnya dimulai dari kondisi obesitas atau kelebihan berat badan. Oleh karena itu jeruk nipis baik untuk mencegah diabetes.

Menurunkan berat badan dengan jeruk nipis
Untuk menurunkan berat badan dengan memanfaatkan khasiat jeruk nipis bisa dikonsumsi secara sendiri atau dikombinasikan dengan bahan alami lainnya agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap. Salah satu cara memanfaatkan jeruk nipis adalah dengan mencampurnya dengan madu murni, berikut resepnya:

Bahan:
  1. 2 sendok teh air perasan air jeruk nipis atau kira-kira 1 hingga 2 buah jeruk nipis
  2. 1 sendok teh madu
  3. Air hangat matang

Cara membuat:
Semua bahan air perasan jeruk nipis dan madu dicampur dengan menggunakan air hangat dan diminum setiap hari setelah bangun tidur. Meminum air jeruk nipis sebelum waktu sarapan bisa mengurangi penyerapan lemak dan gula oleh tubuh sehingga berat badan akan berangsur turun. Dengan rutin minum air jeruk nipis baik ditambah madu atau tidak bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga sel-sel dalam tubuh bisa bekerja dengan baik dan berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Madu adalah sebagai pemanis untuk mengurangi rasa asam pada jeruk nipis. Mengapa menggunakan madu? Karena madu memiliki tingkat kemanisan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gula namun mengandung lebih sedikit kalori.

Jeruk nipis juga bisa dicampurkan dengan teh tanpa gula. Dengan mencampurkan jeruk nipis, teh bisa lebih bermanfaat bagi tubuh karena tidak ditambahkan dengan gula. Minuman jeruk nipis sebaiknya diminum sebelum makan agar tubuh tidak menyerap lemak berlebihan. Bagi Anda yang memiliki pencernaan bagus bisa mengkonsumsi jeruk nipis 2 kali sehari pada pagi dan malam hari, namun tidak disarankan bagi penderita maag.

Memanfaatkan jeruk nipis untuk diet akan jauh lebih baik bila disertai dengan mengatur pola makan yang lebih baik dan teratur. Sarapan adalah waktu makan yang paling penting sebagai sumber energi menjalankan aktivitas seharian. Sedangkan porsi makan siang dan makan malam sebaiknya lebih sedikit dari sarapan. Makanan yang bernutrisi tinggi juga dilengkapi dengan aktivitas yang aktif seperti olahraga. Cukup luangkan waktu selama 30 menit beberapa kali dalam seminggu bisa mengurangi berat badan dengan bertahap. Berat badan yang turun dengan bertahap lebih baik dibanding obat pelangsing yang menyebabkan berat badan turun drastis. Jika turun terlalu cepat sistem metabolisme akan kacau dan justru menimbun lemak lebih banyak.