Manfaat Buah Kesemek untuk Diet

Kesemek merupakan buah-buahan yang disebut juga buah kaki. Beberapa orang mungkin tidak familiar dengan buah ini. Buah tersebut memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. Buah ini berasal dari pohon yang ukurannya kecil hingga sedang sekitar 15 meter. Buah yang sulit dijumpai ini berbentuk gepeng bulat dan bersegi empat yang berwarna hijau kekuningan hingga merah.

Manfaat Buah Kesemek untuk Diet, buah kesemek

Sejarah buah kesemek
Buah kesemek berasal dari Cina yang kemudian menyebar ke Jepang pada zaman purba dan kemudian dikembangbiakkan di negeri Sakura tersebut. pada masa kolonial yaitu pada tahun 1800-an, buah tersebut dibawa ke Eropa Selatan dan Amerika (California). Di Tiongkok dan Jepang, buah ini memiliki harga yang cukup tinggi. Di Indonesia, Sumatra Utara pernah menjadi pengekspor kesemek ke Singapuran dan sekarang daerah yang menanam pohon buah ini ada di Jawa Barat dan Jawa Timur di daerah tinggi di pegunungan.

Kandungan buah kesemek
Buah kesemek akan berwarna jingga kekuningan hingga jingga kemerahan dengan diameter sekitar 2-8 cm. Dalam buah ini mengandung sekitar 19,6% karbohidrat, 0,7% protein, kalium dan Vitamin A. Pada buah kesemek muda, terdapat zat tanin yang bernama tanin-kaki yang menimbulkan ras sepat. Kandungan lainnya yang terdapat di buah ini adalah vitamin C, Vitamin B6, serat, tembaga, mangan, magnesium, fosfor. Terdapat juga senyawa organik diantaranya yaitu katekin, asam betulinic, gallacotechins, karatenoid.

Manfaat buah kesemek

Buah kesemek memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, diantaranya yaitu:

• Membantu mencegah kanker karena mengandung zat anti kanker (vitamin C, A, katekin, gallocatechins) dan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem organ.
• Meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C (asam askorbat) yang tinggi yang dapat memenuhi kurang lebih 80% kebutuhan harian pada tubuh.
• Membantu menurunkan resiko perkembangan tumor karena mengandung asam betulinic yang merupakan senyawa anti tumor yang dapat mengurangi ukuran tumor dan menghentikan perkembangan tumor menjadi kanker.
• Mencegah penuaan karena zat anti oksidan ( vitamin A, beta-karoten, lutein, cryptoxanthins dan likopen). Zat tersebut dapat mengurangi stres oksidasi dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini.
• Mencegah penyakit alzaimer
• Meningkatkan kesehatan mata disebabkan zat Zeaxanthin dalam vitamin B kompleks yang terbukti dapat mengurangi katarak, rabun senja dan degenari makula.
• Menurunkan tekanan darah tinggi karena kalium yang berfungsi sebagai vasodilator, penurun tekanan darah yang dapat meningkatkan aliran darah sehingga mengurangi ketegangan sistem kardiovaskular.
• Mencegah berbagai macam penyakit jantung.
• Kandungan tembaga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat meningkatkan metabolisme, energi dan pertumbuhan sel.
• Membantu penyembuhan luka.
• Menyembuhkan asma, batuk berdahak, sakit perut, diare dan disentri.

Diet dan buah kesemek
Kandungan gizi dan serat yang tinggi yang terdapat pada buah kesemek yang memiliki khasiat yang hampir sama dengan buah apel, merupakan salah satu manfaat buah kesemek untuk diet dan dianjurkan untuk dikonsumsi karena buah ini dapat membantu dalam menyerap lipid yang menyebabkan obesitas. Kandungan serat yang tinggi, mampu membuat orang yang memakannya akan merasa lebih kenyang sehingga menurunkan nafsu makan. Buah ini juga dapat membantu menyehatkan pencernaan.

Walaupun buah ini memiliki khasiat yang banyak dan bagus untuk tubuh, hal yang harus diperhatikan ketika melakukan diet dengan buah kesemek atau mengonsumsinya adalah buah ini dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Sehingga, pada penderita tekanan darah rendah, pengonsumsian buah ini sebaiknya dibatasi karena akan menurunkan darah dan dapat membahayakan tubuh.