Manfaat Buah Ketimun Bagi Kesehatan

BUAH KETIMUN TIDAK HANYA BAIK UNTUK KANCIL
Di dalam dongeng kanak-kanak, sering diceritakan bagaiman kancil suka sekali mencuri ketimun. Hingga dibuatkan pula lagunya yang menceritakan bagaimana si kancil mencuri ketimun milik pak tani. Ternyata dalam kehidupan yang nyata, si kancil memang cukup cerdas dengan memilih ketimun sebagai makanan favoritnya, dengan banyaknya khasiat serta manfaat buah ketimun ternyata bagi kesehatan Anda.
Ketimun juga baik bagi urusan kecantikan serta perawatan diri. Jadi ternyata kalau kini kancil masih suka makan buah ketimun, Anda sudah mengetahui berbagai alasannya. Dan kenyataannya buah ketimun itu tidak hanya baik untuk kancil, tapi juga bagi kesehatan Anda.

Manfaat Buah Ketimun Bagi Kesehatan

Sejarah dan Tempat Asal Buah Ketimun
Buah ketimun adalah buah yang sering Anda jumpai dalam pelbagai menu makanan yang khas Indonesia sekali. Seperti ketimun di rujak, ketimun di gado-gado, ketimun di karedok atau nasi goreng dan lain sebagainya. Ketimun juga sering dianggap mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi sebenarnya apa dan bagaimana buah ketimun ini?
Ketimun adalah termasuk dalam jenis buah-buahan tropis yang banyak hidup di Indonesia. Ketimun ini sendiri berasal dari India Utara. Ketimun adalah termasuk keluarga semangka serta labu, yakni keluarga Cucurbitaceae dengan nama latinnya Cucumis Sativus L.

Kandungan dari Buah Ketimun
Adapun kandungan ketimun, seperti yang diketahui memiliki banyak kandungan air (H2O), hingga 95 %. Banyaknya H2O ini merupakan penawar racun dalam tubuh akibat pengaruh radikal bebas di dalam tubuh.
Selain air, ada beberapa kandungan pada ketimun lainnya yang cukup penting. Beberapa kandungan yang terdapat dalam sepotong buah ketimun adalah :

a.     Vitamin A
b.    Vitamin B2
c.     VitaminB6
d.    Vitamin C
e.     Vitamin D
f.     Pelbagai macam mineral, seperti :
1.     Calcium
2.     Potasium
3.     Magnesium
4.     AsamFolat
5.     Asam silica
g.    Diuretic
h.     Insulin
i.      Sterol
j.      Zat serat tubuh
k.     Sulfur
l.      Silicon
m.   Ariciresinol
n.     Pinoresinol
o.    Secoisolariciresinol

Catatan khusus untuk ketiga konten terakhir, yaitu Pinoresinol, Ariciresinol serta Secoisolariciresinol adalah kandungan pada buah ketimun yang dapat mencegah resiko penyakit cancer. Misalnya saja adalah cancer prostat, cancer colon, cancer ovarium, cancer payudara, dan Kanker mulut leher rahim.

Manfaat Buah Ketimun
Adapun manfaat dari buah ketimun begitu banyak sekali. Dari yang umum seperti, buah ketimun ditengarai berkhasiat menjaga kesehatan sendi serta menguatkan jaringan tubuh. Dan beberapa manfaat buah ketimun bagi kesehatan adalah sebagai berikut :
a.     Pelancar buang air kecil
Diuretic pada buah ketimun berguna sebagai penyaring dan pembuang racun yang terlarut pada air seni. Hingga membantu kerja ginjal, dan menghindari penyakit batu ginjal serta kencing batu.
b.     Pengatas dehidrasi
Dengan kandungan H2O atau air hingga 95 % menjadikan timun sebagai pengatas dehidrasi tubuh.
c.     Pelancar pencernaan
Kandungan serat yang bercampur dengan air dalam tubuh sangat membantu lancarnya proses pencernaan pada tubuh, serta membuang racun.
d.     Perangsang pertumbuhan rambut
Kandungan sulfur serta silicon pada timun mebantu pertumbuhan rambut Anda.
e.     Peringan penyakit rheumatic dan asam urat
Kandungan berbagai Vitamin seperti, A, B6, B1, D dan C serta folat dan magnesium, sangat baik untuk mengatasi penyakit rheumatic serta asam urat.
f.      Penyembuh sakit diabetes
Zat pada ketimun sangat penting bagi kerja organ pancreas, dalam memproduksi insulin yang mengobati diabetes.
g.     Penyembuh sariawan
Dari khasiat vitamin C yang terkandung, mampu sembuhkan gangguan mulut dan pernapasan seperti sariawan misalnya.
h.     Penurun kadar kolesterol
Dari kandungan sterol mampu menekan pertumbuhan kadar kolesterol jahat pada tubuh.
i.      Penekan resiko cancer
Resiko cancer seperti cancer prostat, ovarium, payudara dan cancer rahim, dapat ditekan pertumbuhan serta perkembangannya.
j.      Pengontrol tekanan darah
Magnesium dan potassium membantu control atas tekanan darah Anda.
k.     Pereda rasa demam dan nyeri
Mampu meredakan rasa demam dengan mengompres parutan buah ketimun di kepala, perut atau punggung sampai demam mereda.
l.      Pelindung otak

Ketimun mengandung zat yang disebut dengan flavanol  (fisetin). Yang manfaatnya adalah mampu meningkatkan memori otak, serta melindungi sel-sel saraf pada kepala, dari proses penurunan fungsi pada otak sehubungan dengan pertambahan usia. Fisetin juga merupakan pelindung aktif-progresif atas Alzheimer.